Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Pengalaman Menggunakan Aladin, Bank Digital dengan Konsep Syariah

Dengan fitur yang lengkap seperti QRIS dan Kartu Debit, Aladin bisa dimanfaatkan untuk transaksi sehari-hari

Sewaktu saya membuat tulisan perbandingan 10 bank digital dalam dua bagian, ada yang nanya apakah ada dari daftar yang saya bandingkan tersebut yang berkonsep syariah.

Sejujurnya, 10 bank digital yang saya bandingkan seluruhnya berkonsep konvensional. Walau dalam perkembangannya, tidak menutup kemungkinan mereka akan meluncurkan versi syariahnya juga. 

But, ada satu bank digital yang sedang saya gunakan saat ini yang berkonsep syariah, yakni Aladin. Ya dari namanya saja berbau Timur Tengah ya.

Dan ini pengalaman saya menggunakan bank digital Aladin selama beberapa bulan.

Cekidot!

Table of Contents

Fitur Aladin

Setelah saya cek, ternyata saya sudah membuka rekening Aladin dari setahun yang lalu yakni April 2022. Tapi saya baru menggunakannya beberapa bulan ke belakang saja. Kenapa? Kepoin sampai akhir artikel untuk menemukan jawabannya.

Berikut beberapa fitur standar Aladin yang bisa teman-teman pertimbangkan ya.

1. Gratis biaya admin tanpa syarat

Hampir sama dengan kebanyakan bank digital lain, Aladin masih membebaskan biaya administrasi bulanan tanpa syarat. Dengan kata lain, nggak perlu ada saldo minimum untuk menikmati fasilitas ini.

Hal ini bisa menjadi keunggulan Aladin karena beberapa bank digital lain akan membebaskan biaya administrasi jika dan hanya jika di rekening terdapat saldo dalam jumlah tertentu. 

Semisal tabungan Nyala by OCBC NISP yang akan membebaskan biaya administrasi jika saldo rata-rata bulan sebelumnya minimum 1 juta rupiah. Kalau enggak bakal kena denda/biaya admin sebesar 20 ribu rupiah di bulan berikutnya.

Atau ada juga yang seperti Jenius, yang membebankan biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah per bulannya.

2. Terdapat saldo minimum yang disimpan

Walaupun Aladin tidak memberikan syarat sebagai bebas biaya administrasi, tapi Aladin mengenakan saldo minimum kepada nasabahnya.

Tapi nggak usah khawatir, karena saldo minimum yang disimpan oleh Aladin hanya 1.000 rupiah saja. 

Saldo minimum ini sebetulnya untuk memenuhi ketentuan akad (perjanjian) mudharabah yang digunakan Aladin sebagai konsekuensi konsep syariah yang digunakan Aladin.

Dalam akad tersebut mengatur kewajiban nasabah untuk memiliki saldo dalam setiap rekeningnya. Makanya, dibuat saldo minimum sebesar seribu rupiah untuk memenuhi akad ini.

Sebagaimana ketentuan saldo minimum dalam perbankan, saldo minimum di rekening Aladin tidak dapat digunakan untuk transaksi dan tidak dimunculkan dalam jumlah saldo.

Tapi yang menarik, jika di perbankan konvensional saldo minimum yang disimpan ini menjadi pendapatan bank (fee based income), di Aladin saldo ini tetap menjadi milik nasabah.

Dan bisa ditarik atau dicairkan ketika nasabah menutup rekening Aladin.

Untuk mengendapkannya, Aladin akan memotong saldo minimum dari nilai top-up pertama kali saja. Jadi silakan lebihkan seribu rupiah, ketika kamu mengisi saldo rekening Aladin untuk pertama kalinya.

3. Bisa infaq, zakat, dan wakaf dengan mudah

Konsep syariah yang diusung Aladin nggak tanggung-tanggung. Aladin melengkapi fiturnya dengan pembayaran infaq, zakat, dan wakaf yang bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional dan Dompet Dhuafa.

Jadi apabila kita mau berinfaq atau membayar zakat, langsung bisa dilakukan melalui aplikasi Aladin.

Selain itu, Aladin juga mempermudah penghitungan zakat dengan menyediakan fitur kalkulator zakat.

4. Sudah mendukung fitur QRIS

Zaman sekarang, pembayaran dengan QRIS sedang marak-maraknya. Seiring juga dengan tingkat risiko yang menyertainya seperti pemalsuan QRIS masjid yang viral baru-baru ini.

Terlepas dari itu, QRIS punya banyak kelebihan salah satunya untuk kemudahan pembayaran. QRIS Aladin bisa digunakan sebagai metode pembayaran di QRIS manapun. Karena memang sifat QRIS itu sendiri satu untuk semua.

Dan sejauh saya menggunakan QRIS Aladin, belum pernah terjadi transaksi yang waiting atau gagal diproses. 

5. Login lebih aman dengan fingerprint

Aplikasi Aladin juga sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint untuk login. Dengan teknologi ini, membuat akses ke aplikasi lebih aman, mudah, dan cepat.

6. Dilengkapi juga dengan kartu debit

Walau hadir agak belakangan, tapi Aladin nggak mau ketinggalan untuk urusan fitur. Aladin juga melengkapi fasilitasnya dengan kartu debit yang bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM ataupun transaksi pembayaran.

Aladin mudah digunakan karena bekerjasama dengan Alfa Grup yang jaringanny tersebar di mana-mana/Aladin

Kuota gratis dari Aladin

Salah satu yang menjadi nilai jual dari sebuah bank digital adalah kuota gratis. Baik itu gratis transfer antar bank, gratis tarik tunai di ATM, gratis top-up e-wallet, dan gratis lainnya.

Aladin juga memberikan fasilitas kuota gratis tersebut hanya saja benefitnya disesuaikan dengan saldo rata-rata harian setiap bulannya.

Aturan seperti ini wajar saja dalam dunia digital banking

Semisal blu by BCA Digital yang juga memberlakukan ketentuan saldo rata-rata harian 1 juta rupiah per bulannya jika ingin menikmati fasilitas gratis (bluRewards) yang mereka berikan. 

Sementara Aladin membagi benefit kuota gratis dalam tiga tiering. Yakni Baru Kenalan (untuk saldo di bawah 500.000), Temenan (500.000-4.999.999), dan Sahabatan (5.000.000 ke atas.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dalam tabel berikut:

Jenis Kuota Kenalan Temenan Sahabatan
Transfer online antar Bank (BI FAST dan/atau RTOL) 0 10 25
Tarik tunai melalui ATM 0 5 5
Tarik Tunai melalui Alfa Grup 5 5 5
Setor tunai melalui Alfa Grup 5 5 5

Dari tabel di atas, jika kita memiliki saldo rata-rata harian sebesar 1 juta rupiah di bulan April 2023, maka kita bisa mendapatkan benefit Temenan di bulan Mei 2023.

Kita bisa mendapatkan gratis tarik tunai sebanyak 5 X di ATM yang berlogo ATM Bersama/Link. Juga mendapatkan gratis 10 X transfer antar bank melalui aplikasi Aladin. 

Sayangnya Aladin belum mengakomodir benefit gratis top up e-wallet

Sedang banjir promo

Alasan terbesar akhirnya saya menggunakan Aladin yang sudah saya diamkan sejak lama adalah karena Aladin sedang banjir promo.

Promo yang saya ikuti pertama kali adalah promo menabung 'Mudik Lebaran' yang periodenya berakhir akhir April 2023 kemarin. Promo ini berhadiah voucher Alfamart yang nominalnya disesuaikan dengan nilai tabungan kita.

Paling besar kita akan mendapatkan voucher Alfamart sebesar 500.000 rupiah jika top up tabungan minimal 5 juta rupiah.

Dan sekarang saya sedang menunggu voucher-nya landing karena menurut syarat & ketentuan akan dikirim ke email terdaftar dalam 7 hari kerja.

Selain promo tabungan, Aladin juga banjir promo QRIS. 

Kemarin saya memanfaatkan promo QRIS bagi pengguna yang pertama kali menggunakan QRIS Aladin. Promonya sangat menarik yakni kesbek 70% maksimal 30.000 jika melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS Aladin.

Saya pun jajan di salah satu merchant food & beverage dengan nominal 45.000 pada tanggal 21 April 2023. Dan pada tanggal 26-nya, kesbek sebesar 30.000 sudah mendarat mulus di rekening.

Mutasi kesbek Aladin/e-statement pribadi

Nggak hanya promo QRIS bagi penggunaan pertama, promo QRIS untuk hal lain juga masih banyak. Terutama untuk belanja di Alfamart. 

Banyak kesbek-kesbek yang ditawarkan Aladin bagi nasabahnya yang sering berbelanja di Alfamart. Baik menggunakan kartu debit ataupun QRIS. 

Salah satu promo Aladin yang sedang berjalan/Aladin

Rekomendasi

Secara fitur dasar, Aladin ini termasuk lengkap. Bisa digunakan untuk menabung ataupun juga transaksi sehari-hari. 

Bagi kamu yang senang berbelanja di Alfamart, memiliki rekening di bank digital Aladin menurut saya adalah keharusan. Banyak diskon dan kesbek yang bisa dimanfaatkan. 

Selain itu, buat kamu yang pengin ngerasain manfaat dari bank digital tapi tetap aman dan nyaman karena dikelola dengan prinsip syariah, Aladin bisa jadi pilihan.

Yuk download aplikasi Aladin dan buka rekeningnya dengan menggunakan kode referal 15NQEV. Selamat berbelanja!

Kamu punya pengalaman lain tentang Aladin? Berbagi di komentar yuk! 

Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi. Tidak sedang bekerjasama dengan Aladin ataupun disponsori kompetitor.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

34 comments

  1. Saya kira bank aladin ini hanya bank konvensional saja, ternyata juga ada layanan syariah seperti infaq, zakat dan lain sebagainya
    1. Memang sejak awal berkonsep syariah. Jadi fitur pembayaran infaq, zakat, itu sebagai layanan tambahan sih biar nasabahnya nggak ke mana-mana.
  2. Aku baru satu doang pakai bank digitalnya. Kalau mau nyari yang syariah, kayanya Aladin boleh juga ya. Gak kalah sama bank lain dan tentunya banyak promo yang bisa dinikmati
    1. Pakai bank digital apa nih?

      So far bank digital yang berkonsep syariah emang baru beberapa biji doang kok.
  3. Jujur saya sering lihat spanduk Bank Aladin ini di Alfamart deket rumah waktu tinggal di Jakarta dulu, ternyata ada bank syariahnya juga yah.
    1. Memang bank syariah kak.
  4. Seneng sekarang banyak yang pilih bank konspe syariah, jadi nggak cuma konvensional aja. Dan baru tahu juga kalo ternyata Aladin punya yang syariah. Belum pernah nyoba bikin akun bank digital sih, mungkin suatu saat kalo mau nyoba, bisa jadi referensi sih..
    1. Setahu saya, Aladin memang berkonsep syariah. Tidak ada konvensionalnya.
  5. Saya sudah lama tertarik sama Bank Aladin ini mas, tapi terakhir saya download apps-nya masih berupa MVP. Ternyata skrg sdh bisa digunakan ya. Makasih infonya mas, cuss langsung download dan daftar jadi nasabah.
    1. Sama2. Silakan mendaftar.
  6. Wow saingannya Jago Syariah nih wkwk... Boleh jadi referensi nih.
    1. Boleh.
  7. Asik nama-namanya,Baru Kenalan, Temenan, Sahabatan. Nama-namanya membuat semakin dekat dengan anak-anak muda nih. Aladin Syariah bisa menjadi cara baru menabung nih
    1. Yoha. Saya juga suka penamaannya. Unik dan asyik. Selamat mencoba.
  8. Bener ya. Kalau bank konvensional itu minimal saldo sisa seratusan ribu, atau Lima puluh ribu, tapi milik bank, ga bisa kita ambil. Lah ini di Aladin mantap, seribu rupiah aja...
    1. Betul. Dan masih milik nasabah juga saldo yang seribu itu.
  9. Saya sering melihat plang bank ini di minimarket tersebut. Cuma masih belum cari tahu lebih lanjut.
    Alhamdulillah-nya dari artikelnya Bang Raja ini udah menjawab apa yang ada dibenak saya hehe
    1. Alhamdulillah. Senang jika bermanfaat.
  10. Saya baru tau ada bank Aladin. Promonya sih menarik ya karena banyak. Memang asik juga punya tabungan di bank digital. Karena kelihatannya selain menabung juga praktis untuk bayar ini itu.
    1. Biasa kalau awal-awal promonya suka jor-joran, tapi setelah itu biasanya menghilang. Yang udah-udah begitu.
  11. Pengen banget punya tabungan di bank digital yang syari, ternyata ini jawabannya, ya, Bang. Apalagi saya juga termasuk sering belanja di Alfa.
    1. Nah, pas cocok!
  12. kayaknya menarik pakai bank satu ini. saya sendiri bank digital baru pakai satu aja.. fiturnya juga udah lumayan untuk transaksi sehari2, bisa top up ke e wallet juga
    1. Rata-rata bank digital sekarang fiturnya sudah memenuhi kebutuhan transaksi dasar nasabah.
  13. Fiturnya lengkapnya ya kak, apalagi memiliki fasilitas untuk bayar zakat dan infaq ditambah aksesnya pun mudah..
    1. Ya!
  14. Wah baru tahu lho ada bank digital syariah, jadi tertarik untuk buka rekening di sini. Bank Aladin ini satu grup dengan Alfamart ya? Aku sih sering banget belanja di Alfamart, kalau pakai bank ini siapa tahu jadi makin banyak dapat promo.
    1. Kalau satu grupnya saya kurang tahu. Tapi memang Aladin dan Alfamart so far banyak bekerja sama.
  15. Menarik juga ya si Aladin ini. Apalagi Aladin termasuk kategori bank syariah pula. Bisalah buka rekening buat dipake jajan.. #ehhgimana..
    1. Ya bebas. #nggakgimanagimana
  16. Informasi banget buat aku yang cuma tau aplikasi kuning buat transfer ke bank lain secara gratis. Kini ada pilihan apps Aladin yang bisa bantu transaksi keuangan tanpa kena charge biaya dan tetap syariah akadnya. Hati tenang menggunakan apps Aladin.
    1. Yupz!
  17. Suka liat logo Aladin di beberapa minimarket. Ternyata kelebihannya banyak juga ya bank digital ini. Selain sudah Syariah, sudah ada qris-nya juga.. Aku sebenernya sudah ada rekening di bank digital lain berkonsep Syariah juga tapi pas baca ini tertarik juga sama Aladin :)
    1. Silakan dicoba, dan bandingkan pengalamannya.
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.