-->

Isi Ulang Pulsa XL Tidak Menambah Masa Aktif? Ini Alasannya!

Zaman sekarang memang kayaknya orang-orang sudah jarang mengisi pulsa. Sebagian dari mereka lebih memilih untuk membeli paket data. Saya pun begitu. Kalaupun isi pulsa biasanya hanya untuk memperpanjang masa aktif nomor agar tidak hangus.

Tapi kesal nggak sih sudah isi pulsa tapi ternyata masa aktif nomor tidak bertambah?

Saya memang jarang sekali mengecek masa aktif nomor sebelum isi pulsa. Namun kemarin saya mulai kelihat kejanggalan pas isi pulsa XL karena walaupun saya isi pulsa berkali-kali masa aktifnya tidak bertambah.

Ceritanya saya isi ulang pulsa XL karena ingin mencoba paket data XL. Sebelumnya saya pakai Indosat dan Smartfren. Namun karena beberapa bulan terakhir layanan 4G Indosat seringkali bermasalah, saya berniat mencoba XL.

Pilihan saya jatuh pada paket data XL 70GB yang harga promonya 144ribu (entah harga aslinya berapa). Saya pun mulai isi ulang pulsa XL secara bertahap di berbagai layanan yang menyediakan promo. Jadi nggak perlu isi ulang sekaligus.

Karena isi pulsanya beberapa kali, makanya saya mulai ngeh (sadar) mengenai masa aktif yang tidak bertambah. Ternyata oh ternyata begini alasannya.

Sebelumnya ada tiga hal yang perlu diperhatikan yakni masa aktif kartu saat pengisian pulsa, tanggal pengisian pulsa, dan denom pulsa.

Saat itu masa aktif nomor XL saya berakhir di tanggal 2 Juni 2021. Dan saya isi ulang pulsa 25ribu pada 3 Mei 2021. Menurut peraturan XL, isi ulang pulsa 25ribu akan menambah masa aktif 30 hari. Otomatis harusnya jika isi ulang 25ribu, masa aktif nomor saya harus bertambah hingga 2 Juli 2021.

Namun yang terjadi tidak demikian!

Ternyata XL hanya akan menambah masa aktif kartu jika dan hanya jika selisih antara jumah hari dari tanggal pengisian pulsa ke masa aktif kartu kurang dari tambahan waktu sesuai denom.

Saya ilustrasikan begini. Dari tanggal 3 Mei 2021 hingga 2 Juni 2021 menurut perhitungan XL adalah 31 hari (tanggal 3 Mei nya dihitung sebagai awalan). Sementara denom pulsa 25ribu menambah masa aktif 30 hari.

Karena jumlah hari dari tanggal pengisian pulsa ke masa aktif kartu lebih dari tambahan waktu denom, maka masa aktif tidak bertambah. Jadinya walaupun isi pulsa di tanggal 3 Mei masa aktif kartu akan tetap berakhir di 2 Juni 2021. 

Lalu apakah jika isi pulsa di tanggal 5 Mei masa aktif bertambah? Jawabannya iya!

Tapi sayangnya 30 hari tambahan itu dihitung dari tanggal pengisian pulsa bukan dari masa aktif kartu. Jadi kalau isi pulsa pada tanggal 5 Mei masa aktif kartu akan bertambah di 4 Juni 2021.

Perhitungan ini memang agak berbeda dengan operator lain setidaknya Indosat. Nomor Indosat saya masa aktifnya sampai saat ini hingga Desember 2022 karena setiap isi pulsa/paket data, masa aktif akan bertambah dari masa aktif terakhir.

Jadi kalau niat kamu isi ulang pulsa untuk menambah masa aktif, ya sebaiknya isi ulang pulsa XL saat mendekati masa aktif berakhir atau di masa tenggang sekalian ya.

---

Bonus (sila dihitung untuk mempertajam pemahaman) hehe

Soal 1

Kartu saya aktif hingga 30 Juni 2021. Lalu saya isi ulang pulsa 25ribu pada tanggal 8 Juni 2021. Setelah isi pulsa, kartu saya aktif hingga ..... 

Soal 2

Sekiranya saya isi ulang kembali kartu pada soal 1. Jika saya isi ulang pulsa 25ribu pada 15 Juni 2021, maka kartu saya aktif hingga ......

Selamat menjawab teman.