Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Kelebihan dan Kekurangan SeaBank, Bank Digital dengan Bunga Tinggi

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, Seabank paling cocok digunakan untuk aktivitas menabung

Memiliki rekening di bank digital, nampaknya jadi lifestyle anak muda zaman sekarang. Pasalnya, fasilitas yang diberikan kebanyakan bank digital saat ini, memang jarang ditemui di bank konvensional. Semisal fitur bebas biaya admin.

Hampir semua bank digital, mengandalkan fitur 'bebas biaya admin' sebagai jualan utamanya. Belum lagi promo pembukaan rekening yang biasanya disertai kesbek atau hadiah-hadiah tertentu.

Di tulisan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang tabungan digital SeaBank yang sudah saya gunakan lebih dari satu tahun.

Cekidot!

Table of Contents

Kelebihan SeaBank

Saya membuka rekening SeaBank sekitar Agustus 2021. Dan sampai saat ini, SeaBank termasuk yang saya gunakan cukup rutin, terutama untuk transfer ke bank lain dan top-up Shopeepay.

Berikut kelebihan SeaBank yang bisa teman-teman pertimbangkan ya.

1. Gratis biaya admin tanpa syarat

Sampai saat ini SeaBank masih membebaskan biaya administrasi bulanan tanpa syarat. Dengan kata lain, nggak perlu ada saldo minimum untuk menikmati fasilitas ini.

Hal ini bisa menjadi keunggulan SeaBank karena beberapa bank digital lain akan membebaskan biaya administrasi jika dan hanya jika di rekening terdapat saldo dalam jumlah tertentu. 

Semisal tabungan Nyala by OCBC NISP yang akan membebaskan biaya administrasi jika saldo rata-rata bulan sebelumnya minimum 1 juta rupiah. Kalau enggak bakal kena denda/biaya admin sebesar 20 ribu rupiah di bulan berikutnya.

Atau ada juga yang seperti Jenius, yang membebankan biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah per bulannya.

2. Gratis biaya transfer antar bank

Umumnya, dalam sekali transaksi transfer ke bank lain kita akan dikenakan biaya sebesar 6.500 rupiah.

Nah, kalau transaksi di SeaBank biaya admin ini jadi 0 rupiah alias gratis walau terbatas kuota. Awalnya kuota transaksi transfer ke bank lain di SeaBank ini, unlimited. Tapi kini dibatasi hingga 100 transaksi/bulan.

Tapi menurut saya, jumlah tersebut masih lebih dari cukup untuk penggunaan personal. Kalau untuk kamu yang frekuensi penggunaannya lebih dari 100 transaksi, setelah kuota gratis dari Seabank habis bisa menggunakan aplikasi Flip.

3. Gratis top-up e-wallet

Selain menggratiskan biaya transfer antar bank, SeaBank juga menggratiskan biaya top-up e-wallet. Apalagi untuk top-up Shopeepay murni tidak ada potongan dari pihak Shopeepay-nya karena Shopee dan SeaBank berada dalam satu holding company.

Beberapa e-wallet lainnya yang bisa ditop-up dari SeaBank adalah GoPay, Ovo, Dana, LinkAja, dan i.Saku.

Untuk kuotanya sama dengan kuota transfer antar bank yakni hingga 100 transaksi per bulan.

4. Bunga tinggi, cair tiap hari

Sebetulnya, keunggulan yang ada di nomor empat inilah alasan paling kuat kenapa saya membuka rekening SeaBank.

Soalnya nggak banyak tabungan digital yang memberikan bunga cukup tinggi yakni 6%. Rata-rata bank digital lain hanya memberikan bunga 0.7%/tahun, sama dengan bank konvensional.

Lebih uniknya lagi, bunga di SeaBank ini cair setiap hari. Biasanya 'kan bunga itu dicairkan setiap bulan ya.

5. Tersedia deposito dengan bunga lebih tinggi

Awalnya SeaBank memberlakukan bunga tabungan lebih tinggi yakni 7%. Hanya saja, beberapa bulan lalu ada kebijakan baru kalau bunga tabungan turun ke 6%. 

SeaBank memang tetap mempertahankan bunga 7%, tapi diberlakukan untuk produk deposito. Bukan lagi untuk tabungan.

Dan, ya syarat-syaratnya juga nggak ribet kok. Bisa deposito mulai dari 1 juta rupiah dengan tenor minimal 1 bulan.  

Untuk lebih jelasnya mengenai bunga tabungan dan deposito SeaBank, bisa lihat ilustrasi di bawah ini:

Ilustrasi penghitungan bunga SeaBank/Raja Lubis

Bunga tabungan atau deposito yang berlaku saat ini melebihi tingkat bunga yang dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Kekurangan SeaBank

Tidak ada keputusan yang bisa memuaskan semua pihak. Begitu juga digital banking. Nggak ada yang bisa memuaskan semua keinginan nasabahnya.

Dari sekian kelebihan yang sudah saya utarakan, SeaBank juga punya beberapa kekurangan mendasar. Apa saja kelemahan SeaBank?

1. Tidak tersedia kartu debit

Walaupun lahir dari produk digital, menurut saya kartu debit tetap wajib ada sebagai komplemen. Karena risiko dari penggunaan aplikasi itu tetap saja ada semisal server maintenance, nggak ada jaringan internet, nggak punya kuota, kegagalan sistem dan lain sebagainya.

Sehingga dengan adanya kartu debit, nasabah masih bisa melakukan transaksi ketika terjadi gangguan di aplikasi.

Oia, saya masukkan hal ini ke dalam kekurangan karena ada bank digital lain yang menyediakan kartu debit fisik semisal Jago dan LINE Bank.

2. Susah tarik tunai

Ketiadaan kartu debit, secara nggak langsung juga menyebabkan nasabah nggak bisa tarik tunai. SeaBank pun begitu. Mereka belum berinovasi bagaimana menciptakan fasilitas tarik tunai tanpa kartu bahkan dengan jaringan ATM yang dimilikinya.

Kalau saya bandingkan dengan blu yang sama-sama tidak memiliki kartu debit, mereka sudah berinovasi menciptakan fitur tarik tunai tanpa kartu. Nasabah blu bisa melakukan tarik/setor tunai di seluruh ATM BCA.

3. Tidak ada fitur QR Payment

Nggak ada kartu debit dan nggak ada QR membuat SeaBank tidak pas jika dijadikan sebagai metode utama alat pembayaran. Agak susah kalau kita mau bayar ini itu di offline merchant

Rekomendasi

Imbas dari beberapa kekurangan mendasar yang dimiliki, membuat SeaBank minim promo transaksi. Dalam setahun, nyaris SeaBank nggak banyak berinovasi dari sisi fitur ataupun promo.

Jauh jika dibandingkan dengan blu yang sudah memiliki QRIS disertai dengan promo-promo merchant. Walau untuk mendapatkan promo tersebut ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Jadi, SeaBank cocok buat apa?

Dengan keunggulan utamanya yakni bunga yang cukup tinggi, menurut hemat saya SeaBank cocok digunakan untuk menabung

So, kalau kamu tertarik mendapat bunga tinggi dari SeaBank, atau masih nggak berani main saham, nggak usah ragu lagi simpan dulu saja uangnya di SeaBank. 

Dan download aplikasi SeaBank menggunakan kode referal Y9HRAR. Selamat menikmati bunga yang cair tiap hari.

Kamu punya pengalaman lain tentang SeaBank? Berbagi di komentar yuk! 

Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi. Tidak sedang bekerjasama dengan SeaBank ataupun disponsori kompetitor.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

22 comments

  1. Saya baru kali ini dengar nama Sea Bank. Dari segi digital, keunggulannya sama seperti bank digital yang lain. Hanya kekurangannya itu yang membuat kita berpikir lagi jika sulit bertransaksi dan tidak bisa ambil cash. Perlu ada pengembangan teknologi.
    1. Untuk menabung dan transfer2 masih OK lah. Nah, kalau butuh dana cepat memang sulit karena belum bisa tarik tunai.
  2. Memang jadinya lebih fokus menabung ya karena agak susah buat narik dananya karena ga ada ATM dan ga bisa QRIS, agak kurang kalau dipakai buat kegiatan tarik tunai dll
    1. Yupz, fokus buat nabung dan dana nganggur cocok lah di SeaBank
  3. justru aku kalau buat rekening itu harus bisa debit, kalau ga bisa gini kayanya kalau aku pribadi ga dulu. karena sekarang banyak banget ya mas dompet digital juga udah cukup.
    1. Agak beda sih dompet digital dengan tabungan digital. Kalau menurut saya dompet digital memang nggak cocok untuk simpan dana, karena limit maksimalnya juga terbatas.
  4. Aku sering ditawarin pakai bank ini suatu marketplace, tapi entah kenapa belum berminat karena susah tarik tunainya. Agak ngeri-ngeri sedap kalau mau taruh uang banyak. Tapi lumayan juga ya fitur transfer gratisnya.
    1. Ya, kan bisa ditransfer ke bank lain dulu sih. Jadi memang kalau sebagai bank utama, mungkin SeaBank ini belum pas. Masih sebatas komplemen transaksi.
  5. Wah gak jadi mau pindah ke SeaBank
    Selama ini kesel banget dengan bank saya yang biaya adminnya lumayan tinggi, Ternyata SeaBank gak ada debit card sehingga gak bisa tarik tunai
    Saya hidup di kampung, semua serba cash, hiks
    1. Ya, kalau yang fasilitasnya lengkap, memang biasanya akan selalu ada biaya adminnya. Jadi memang nggak cukup sih kalau hanya punya 1 rekening saja.
  6. SeaBank ini ada kekurangan dan kelebihannya ya. Tapi menurutku saling menutupi sih, walau gak ada kartu debit dan gak bisa qr scan juga tapi secara kita makin mudah bertransaksi online dan gak ada biaya cash lgi, apalagi zaman skrg serba online jadi ya its okey. Hehe aku pribadi pun selama ini, sangat jarang menggunakan kartu debit, bahkan sekali dalam beberapa bulan saja.Huhu, tertarik nih pake SeaBank
    1. That's Point! Saya pun jarang sih menggunakan kartu debit sebetulnya. Biasa debit dibutuhkan kalau mau tarik tunai kepepet saja.
  7. Bisa gratis biaya admin dan biaya transfer ini disuka ya.
    Soalnya kita akan menggunakan selalu, dan saat ceki-ceki buku tabungan biaya adminnya gak gede jadi bahagia
    1. Nah, ini yang disuka.
  8. Memang jadinya lebih banyak dimanfaatkan untuk menabung ya karena bunganya cukup menggoda. Sudah begitu nggak ada kartu debit dan susah tarik tunai bikin nggak gemes buat diambilin terus deh tabungannya.
    1. Haha iya, baru kepikiran. Jangan-jangan belum ada kartu debitnya, memang sengaja biar nabungnya rajin. Nice insight!
  9. Seabank banyak gratisannya ya. Udah gitu ada banyak promo jg kalo transaksi pake Seabank di e'commerce. Mantap nih, bisa jadi referensi kalo mau bikin rekening baru.
    1. Spill dong promo di ecommerce-nya? So far saya belum pernah menggunakan promo Seabank di ecommerce.
  10. keberadaan bank digital ini lama-lama bisa menggeser bank konvensional yang ada ya, mas. soalnya banyak banget keuntungan yang didapat dari bank digital ini
    1. Bisa jadi, bisa juga tidak. Karena banyak juga fasilitas yang tidak diberikan di digital banking tapi ada di konvensional, semisal customer service fisik di kantor cabang. Kalau digital rata-rata harus call center telp terus.
  11. Sebagai pengguna Shopee, tergoda banget buat daftar di seabank ini. Soalnya bolak balik muncul kalau lagi transaksi di Shopee, jadi makin penasaran. Akhirnya ketemu juga sama artikel yang bahas plus minusnya. Thank you for sharing, Mas
    1. Kalau pengguna aktif Shopee, pakai SeaBank banyak kemudahannya sih.

      Sama-sama ya. Semoga bermanfaat.
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.