Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

5 Tabungan Digital Tanpa Biaya Admin, Mana yang Terbaik?

Jenius, Digibank, Sobatku, Nyala, atau D-Save. Mana yang terbaik sebagai tabungan digital saat ini?

Belakangan ini, bank berlomba-lomba membuat tabungan digital dengan proses yang lebih mudah dan cepat. Tentunya dibarengi promo dan fitur menarik yang mungkin tidak ada di tabungan yang kita miliki saat ini. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah bebas biaya administrasi bulanan.

Coba hitung berapa biaya administrasi rekening kamu saat ini? Saya sendiri pengguna BCA dengan biaya admin 16 ribu per bulan. Artinya dalam setahun saya mengeluarkan uang hampir 200 ribu hanya untuk biaya admin.

Jadi wajar saja, kalau fitur ini sering menjadi andalan produk-produk baru tabungan digital untuk meningkatkan NoA (Number of Account) mereka alias menggaet nasabah baru.

Tapi…. Jangan terburu-buru tergoda untuk langsung buka rekening. Biasanya yang gratis itu suka ada tanda bintangnya alias syarat dan ketentuan berlaku. Untuk itu penting sekali kita memahami keseluruhan produknya dengan kompresehensif sebelum memutuskan untuk membukanya.

Di tulisan kali ini saya akan mencoba membahas dan membandingkan lima produk tabungan digital yang sudah dan sedang saya gunakan. Tentu hanya dari beberapa aspek umum yang biasanya dijadikan andalan bank sebagai promo atau yang nasabah cari. 

Mereka adalah Jenius (BTPN), Digibank (DBS), Sobatku (Sahabat Sampoerna), Nyala (OCBC NISP), dan D-Save (Danamon).

Cekidot!

Biaya Administrasi Bulanan

Awal launching hingga akhir 2020, Jenius membebaskan biaya administrasi. Ketentuan ini berubah sejak 2021. Jenius membebankan nasabahnya sebesar 10 ribu rupiah yang mereka namai biaya Feesible.

Sementara keempat lainnya saat ini masih gratis biaya admin. Khusus Nyala, gratis biaya admin akan berlaku jika dan hanya jika nasabah menjaga saldo rata-rata 1 juta rupiah. Jika di bawah saldo rata-rata, nasabah akan dikenakan biaya yang justru dua kali lipat dari Jenius yakni 20 ribu.

Digibank, Sobatku, dan D-Save sampai saat ini masih tanpa syarat.

Pemenang: Digibank, Sobatku, D-Save

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
0 1 1 0 1

Saldo minimum ditahan

Selain gratis biaya admin, yang perlu kita tanyakan saat ingin membuka tabungan digital adalah tentang saldo minimum ditahan. Saldo minimum ditahan ini adalah saldo yang nggak bisa ditarik dan otomatis sudah menjadi pendapatan (fee based income)-nya bank.

Untuk aspek ini, kelimanya memberikan fasilitas tidak ada minimum saldo ditahan alias saldo rekening bisa ditarik hingga 0 rupiah.

Pemenang: All

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
1 2 2 1 2

Transfer ke bank lain

Sering nggak ngalamin kalau mau transfer ke bank lain itu mikir dulu beberapa kali? Kalau saya sih iya. Soalnya bakal motong saldo sekitar 6.500. Kalau ada dua transaksi saja, biaya transfer bisa dialihkan untuk seporsi cuanki. Oleh karena itu aspek ini juga perlu diperhatikan. 

Kecuali Sobatku yang membebankan biaya 4 ribu rupiah per transaksi, keempat tabungan lainnya memberikan gratis biaya transfer ke bank lain dengan syarat-syarat tertentu.

Jenius, Digibank, dan Nyala sama-sama menyaratkan saldo rata-rata harian 1 juta jika ingin menikmati fasilitas gratis biaya transfer ke bank lain. Fasilitas ini diberikan dalam bentuk kuota dan bisa dinikmati pada bulan selanjutnya.

Contohnya, jika saldo rata-rata harian pada Juli 2021 minimum 1 juta, fasilitas gratis biaya transfer sebanyak kuota tertentu berlaku di Agustus 2021. Kalaupun ternyata pada Agustus saldo kamu di bawah 1 juta, fasilitas ini masih bisa kamu nikmati selama Agustus. Dan saldo harian Agustus akan diperhitungkan untuk September.

Bicara kuota, Jenius memberikan kuota 15 kali, Digibank dan Nyala 10 kali. Bagaimana dengan D-Save? Ia memberikan kuota 10 kali tapi tidak ada syarat minimum saldo.

Jenius lebih baik dalam hal pemberian kuota (bahkan jika saldo yang dijaga lebih besar kuota bisa naik menjadi 25 kali), sementara D-Save unggul dalam hal persyaratan saldo minimum dan kuotanya pun standar dengan tabungan lain.

Perhitungan di aspek ini dilakukan dengan mengabaikan limit nominal maksimum per transaksi dan limit nominal maksimum per hari

Pemenang: Jenius, D-Save

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
2 2 2 1 3

Top up uang elektronik

Untuk aspek ini, Jenius nggak ada lawan. Transaksi top up uang elektronik di Jenius dihitung sebagai transaksi transfer ke bank lain. Sehingga, jika kuota transfer masih tersedia, top up uang elektronik di Jenius bisa gratis.

Layanan dan terobosan menarik ini sayangnya tidak diikuti oleh tabungan digital yang muncul setelah Jenius. 

Sejak awal kemunculannya baik Digibank, Sobatku, Nyala, atau D-Save membebankan biaya admin untuk transaksi top up uang elektronik dengan biaya beragam mulai dari 500 – 2000 rupiah.

Pemenang: Jenius

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
3 2 2 1 3

Promo pembukaan rekening

Daripada aspek-aspek di atas, sebetulnya yang paling menarik minat saya untuk membuka rekening tabungan digital adalah promo pembukaannya.

Jadi saya akan bahas satu-satu ya.

Jenius

Saya membuka Jenius ketika saya meliput salah satu festival pop culture di Jakarta. Saat itu saya tertarik membeli kaos resmi festival tersebut karena desainnya yang sederhana dan unik. Sekaligus juga langka (ekslusif) karena satu desain hanya digunakan di satu kaos. Harganya pun terbilang terjangkau sebesar 150 ribu rupiah.

Ketika saya mampir ke booth Jenius, rupanya ada promo pembukaan rekening baru dengan hadiah kaos tersebut ditambah voucher salah satu gerai kopi sebesar 50 ribu. Syaratnya adalah top up saldo sebesar 10 juta dan ditahan/tidak bisa digunakan selama tiga bulan.

Digibank

Saat melihat booth Digibank di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, saya pun menghampiri petugasnya. Saat itu sedang ada promo top up 1 juta berhadiah tumbler. Dan saldo 1 juta ini tidak ditahan lama alias bisa diambil/ditarik lagi besoknya.

Tapi saya tidak tertarik, karena tumbler saya sudah banyak menumpuk di kost. Ya biasalah hasil kuis/giveaway ataupun goodiebag dari sponsor. Alhasil teman saya yang membuka rekening di booth tersebut.

Petugas lalu menjelaskan ada promo lain yakni hadiah koper tapi hanya ada di mall-mall besar. Ia menyebutkan beberapa mall dimaksud. Pergilah saya ke salah satu mall tersebut.

Dan benar, booth Digibank di mall tersebut memberlakukan promo buka rekening berhadiah koper. Sayangnya saldo yang harus ditop up sebesar 5 juta rupiah dan ditahan selama tiga bulan. Tapi ya sudahlah, toh saya juga sedang butuh koper saat itu.

Sobatku

Saat membuka Sobatku tidak ada promo kesbek atau pun hadiah barang, tapi Sobatku memberikan kupon undian setiap kelipatan 1 juta yang ditop up ke rekening baru Sobatku. Hadiah undiannya ratusan juta dengan Grand Prize 100 juta rupiah.

Ya, saya hanya menguji keberuntungan undian saja.

Nyala

Sama seperti Jenius dan Digibank, saya membuka Nyala di booth resmi yang ada di mall. Poster bertuliskan saldo uang elektronik sebesar 380 ribu rupiah cukup menggiurkan. Lumayan untuk beli makan online selama seminggu.

Untuk mendapatkan saldo uang elektronik tersebut, dibutuhkan dana sebesar 10 juta. Tapi sistem Nyala berbeda dengan Jenius dan Digibank yang harus ada saldonya saat itu juga. Nyala membuatnya seperti program tabungan berjangka yang harus setor setiap bulan.

Jadi ketika mengikuti program ini, saya langsung mendapat dua rekening. Satu rekening tabungan berjangkanya, dan satu rekening utama sebagai sumber pendebetan untuk rekening tabungan berjangka.

Saya memilih program 6 bulan untuk target dana sebesar 10 juta tersebut. Jadinya kurang lebih, rekening utama saya akan didebet sebesar 1,6 jutaanper bulannya dan dimasukkan ke rekening berjangka. Jadi saat pembukaan, saya hanya top up 2 juta saja.

D-Save

Beda dari semuanya, saya membuka D-Save secara online melalui aplikasi. Pada prinsipnya tahapannya sama hanya beda media saja.

Saya sendiri lebih suka memilih buka rekening langsung di booth. Selain tidak membutuhkan koneksi internet yang banyak, bisa dibimbing secara langsung oleh petugas tanpa menunggu antrian. Rekening bisa terbuka saat itu juga dan kartu ATM bisa langsung aktif.

Kalau melalui online ya tentu memakan waktu lebih banyak. Saya sendiri baru bisa verifikasi video call dengan petugas Danamon sehari setelahnya. Dan ATM baru sampai pada hari ke-7 sejak pembukaan rekening.

Tapi tak apa, karena promo D-Save cukup menggiurkan. Hanya top up sebesar 1 juta mendapat kesbek 200ribu. Tidak ada saldo ditahan, tapi saat tanggal pengecekan saldo wajib ada minimum 1 juta rupiah.

Begini! Saya buka rekening dan top up 1 juta pada 7 Juli 2021. Sesuai aturan D-Save, jika top up pada tanggal segitu, saldo akan dicek pada 31 Juli 2021. Jadi selama 7 – 30 Juli saya tetap bisa melakukan transaksi apapun, yang penting saat 31 Juli saldo harus ada sebesar 1 juta rupiah.

Jadi siapa pemenang di aspek ini? Untuk mempermudah, saya buatkan cerita di atas tadi dalam bentuk tabel.

Akun Saldo Top Up (IDR) Lama hold
Kesbek Biaya Transfer? Bonus Nilai Bonus
Persentase
Jenius 10 Juta 3 bulan Ya Kaos, Voucher Kopi 206.500 2,065%
Digibank 1
1 Juta 1 hari Ya Tumbler 105.500 10,55%
Digibank 2
5 Juta 3 bulan Ya Koper 336.500 6,73%
Sobatku 1 Juta - Tidak Kupon undian - -
Nyala 10 Juta 6 bulan Tidak Saldo uang elektronik 380.000 3,8%
D-Save 1 Juta >1 bulan Tidak Kesbek 200.000 20%

1. Promo tersebut dilakukan di waktu dan tempat berbeda
2. Syarat dan ketentuan promo tidak menutup kemungkinan sudah berubah, tidak berlaku, atau ada promo lain
3. Kesbek biaya transfer adalah penggantian biaya transfer saat top up dikarenakan dana wajib fresh fund (salah satunya berasal dari transfer bank lain)
4. Nilai Bonus adalah nilai hadiah + kesbek biaya transfer (jika Ya)
5. Persentase bonus dihitung dengan rumus: (Nilai Bonus/Jumlah Top Up)x100; dengan mengabaikan lama saldo ditahan

Pemenang: D-Save

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
3 2 2 1 4

Fitur/layanan ekslusif

Di aspek ini saya akan bahas beberapa keunggulan satu tabungan digital yang tidak ada di produk lainnya. Dan manfaatnya sangat saya rasakan sekali.

Undian berhadiah Sobatku

Nggak salah saya buka Sobatku karena tertarik undian. Meski nggak menang saat pembukaan rekening, nyatanya selama lebih dari dua tahun menjadi nasabah, saya sudah menang undian sebanyak 3 X.

Ya itu karena undian Sobatku dilaksanakan setiap bulan dan ada Grand Prize per tiga bulan. Dan menurut saya belum ada di produk tabungan digital manapun yang ada kegiatan undian setiap bulan secara rutin.

Komunitas Jenius

Konon katanya target Jenius adalah anak-anak muda. Dan Jenius nggak menyia-nyiakan potensi nasabahnya ini. Jenius membuat komunitas sesama penggunanya yang tersebar di berbagai kota. Pengelolaan komunitas ini pun cukup baik.

Komunitas ini sering mengadakan acara yang isinya silaturahmi, sharing session, bagi-bagi hadiah, dan tentu makan-makan. Saya sendiri pernah mengikuti acaranya sebanyak dua kali.

12 mata uang dalam satu tabungan ala Nyala

Biasanya satu rekening hanya untuk satu mata uang. Di Nyala bisa 12 mata uang sekaligus. Mungkin aspek ini hanya akan jadi kelebihan di atas brosur jika saya belum merasakannya. 

Dan ini ceritanya...

Saya langganan salah satu aplikasi streaming yang mengharuskan bayar dengan dollar. Saya sudah coba dengan beberapa kartu yang saya punya, tapi transaksi selalu ditolak. Pun ketika saya menggunakan Nyala versi rupiah, transaksi ditolak juga. Tapi ketika saya switch Nyala ke dolar, transaksi berhasil.

Pemenang bonus: Jenius, Sobatku, Nyala

Skor Akhir

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
4 2 3 2 4

Dari jabaran di atas D-Save dan Jenius meraih skor tertinggi. Tapi apakah artinya mereka yang terbaik?

Dari kelimanya tidak ada yang unggul dalam semua aspek. Jadi terserah kamu mau membuka rekening yang mana. Satu hal yang penting adalah kamu paham apa kebutuhan dan tujuan kamu membuka rekening baru. Apakah untuk menabung, transaksi rutin, atau sekadar berburu promo seperti saya?

Demikianlah. Jika ada info tambahan atau pengalaman lain menggunakan produk tabungan digital di atas, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya.

Atau mungkin kamu juga pengalaman dengan tabungan digital lain, tinggalkan ceritamu juga di kolom komentar.


Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

66 comments

  1. Aku pakai digibank dulu... 5 tahun lalu kayaknya. Waktu itu top up gopay gratis. Dan waktu itu sempat menikmati dapat tambahan saldo (cashbac) tiap isi saldo gopay. Ada ngkali 1 juta selama periode promo2 itu. 😃😃😃 Lumayan. Sekarang kartu digibank masih ada. Jenis punya juga. Tp ngga pernah dapat apa2. Karena lupa Password mulu.
    1. Wah bisa sampai jutaan gitu. Saya buka digibank tiga tahun lalu, dan sudah ada biaya saat top up gopay.
  2. Dari kelimanya baru install jenius tapi belum coba apapun :p sejujurnya sih cari yang kalau transfer ga pake 6500 lumayan soalnya sekali transfer ilang 6500 10 kali transfer udah 65000 kalau buat isi gopay mayan banget hahaha
    1. Silakan dipilih, banyak sekarang tabungan digital yang membebaskan biaya transfer dengan syarat-syarat tertentu.
  3. wih Raja rajin banget nih..sengaja bikin 5 tabungan di atas. tapi kalo memang benefitnya jelas dan bermanfaat buat kita ga ada salahnya ya. Selama ini saya masih customer setia si bank bca walopun baru ngeh potongan nya lumayan juga ya hehe (ada harga ada kualitas). Tuk Jenius sempet tergoda juga, dulu sempet ada penawaran pas liputan offline tapi ga tau kenapa waktu itu saya belum tertarik tuk daftar.
    1. Hehhe, soalnya tergoda promonya yang menarik. Rata-rata setelah itu saldonya dikosongkan. Tapi ada juga yang terus dipakai.

      Kalau BCA saya juga masih pakai sebagai rekening utama, karena transaksi yang menggunakan bank ini masih banyak.
  4. Wah untung saya nemu artikel ini ya, karena belum pernah pakai tabungan digital sama sekali nih. Kalau tanpa biaya sini situ, lalu darimana perusahaan tabungan ini dapat untung ya?
    1. Core bisnis perbankan tidak satu dari tabungan saja.
  5. Pas banget neh sebab belakangan saya sering baca temen-teman yang buka tabungan digital, sehingga saya memilih mana yang emang benar-benar menguntungkan.
  6. mas, yang jenius top up 10 juta itu masih berlaku nggak sih? kayaknya kalau saya baca dari tulisan orang-orang nggak ada ketentuan itu ya kalau mau bikin akun jenius
    1. Disclaimer mengenai promo sudah saya tuliskan di postingan ya.
  7. wah, ternyata ada hidden treasurenya begini yaa..
    Aku pikir gak perlu S&K pokonya aturan yang diberikan semuanya berlaku.

    Aku pernah mau buka Jenius. Tapi asa ribeett gitu.
    Akhirnya aku batalin. Padahal waktu itu mau kupakai buat pesen Album NCT. Hahhaa..
    Jadilah cari seller yang gak pake syarat kudu transfer via Jenius or something like that.

    Aku prefer transfer pakai dompet digital yang uda aku punya aja semacam OVO dan Gopay.
    1. Hahah, No Free Lunch
  8. Wow..lengkap banget nih. Keberulan saya juga daftar Jenius tp ga pernah dipake. Sampe sekarang betah di 1 bank aja itupun daftarnya offline. Thanks buat infonya, ka.
    1. Sama-sama.
  9. Saya punya mobile banking Danamon, tapi belum coba D-Save. Saya juga punya aplikasi mobile banking jenius tapi masih belum diapa-apain. Jadi penasaran pengen "ubek-ubek" aplikasinya nih
  10. Aku pake jenius dah 4 tahun. Milih ini karena ada kartu fisiknya dan bisa dipake buat di luar negeri. Di singapura ga perlu beli karcis lagi bisa lgsg tap pake jenius.
    1. Kecuali Sobatku, keempat lainnya juga diberikan kartu fisik.

      Mantap nih Jenius. Terima kasih sharing-nya.
  11. Wah ternyata banyak juga ya tabungan digital tanpa biaya admin
    Klo aku emang belum pernah punya tabungan digital mas
    Palingan klo buat transaksi online pakainya mbanking klo g ya e money
    Tapi ada baiknya perlu juga ya mas tabungan digital ini
    1. Disesuaikan dengan kebutuhan saja
  12. Wah suka banget dengan perbandingan tabungan digital dengan beberapa bank. Jadi kesimpulannya preferensi buka tabungan yang paling bagus yang mana? Ha..ha...tergantung dari preferensi orang yach ? Hadiah atau cashback?
  13. Waahh, udah Rajanya nih membanding2kan tabungan digital satu sama lain, aku ga banyak, cuma sobatku dan jenius aja, pengalamannya di sobatku, ga berasa banget tabungan lupa hasil dari ngeblog tak taro sana 20%, ya ampoon kek nemu harta karun pas tahu saldonya udah lumayan banget.
    1. Sobatku memang bunganya paling tinggi di antara semuanya.
  14. Wah semakin banyak ya bank yang kasih fasilitas Tabungan online


    Sinarmas Bank juga ada tabungan online selain Sobatku, kalo gak salah SimobiPlus

    Akhirnya kembali ke kejelian dan kebutuhan ya?
    Saya malah sedang berancang ancang nabung di Ovo atau Gopay aja karena duitnya gak banyak :D
    1. SimobiPlus dari SinarMas sudah sempat saya coba juga. Tapi gagal katanya saya sudah punya sebelumnya. Padahal nggak tahu kapan juga saya daftarnya.
  15. Bener. Saya rasa sebetulnya tabungan digital ini hanyal akal bank untuk membuat konsumen tertarik dengan brand bank tersebut. Kalau sudah jadi nasabah setia, bank akan berusaha menarik perhatian nasabah ini untuk menggunakan produk bank lainnya, misalnya deposito berjangka, kartu kredit, dan macam-macam lainnya.
    1. Ah iya. Saya sendiri buka D-Save wajib bundling dengan Credit Card. Tapi langsung ditutup saat itu juga hehe.

      Dan kalau saya sih, kalau dirasa sudah nggak menguntungkan langsung tarik saldo hingga 0, pindah ke yang baru.
  16. Dari semuanya, aku paling familiar dengan Jenius. Sebenernya masing2 punya plus minusyah mas. Tapi apapun jenis tabungan digital nya, yang terpenting adalah konsisten hehe. Makasih udah berbagi info ini yah mas ;).
    1. Sama-sama Mas Adhe.
  17. Tabungan digital dari ke 5 ini ternyata punya kelebihan dan kekurangan masing2nya ya dan disesuaikan dengan kebutuhan kita tentunya.
  18. Wah lengkap banget nih penjelasannya, jadi baru tau aku ada tabungan digital, selama ini aku pake ewallet yg simple banget buat transaksi, nanti boleh deh aku coba salah satu tabungan digital diatas yg sudah dijelaskan
  19. Dari yang disebutkan di atas, aku belum nyoba satu pun. Sekarang masih betah pakai OVO. Hehe

    Tapi sebenernya suka mikir, kenapa di Indo sangat banyak produk bank/aplikasi keuangan. Yang tiap-tiap marketplace atau perusahaan tertentu bekerjasama dengan aplikasi pembayaran tertentu. Jadinya ribet, kalau misal mau beli di A harus pakai aplikasi A, beli di B harus top up di B. Kenapa nggak kayak Korea yang cukup 1 akun bisa untuk bayar semua. Kayak bus, kereta, belanja, jadi gak ribet dan gak kebanyakan biaya admin juga. Huhu

    Haha... Jadi curhat di komentar.
    1. Aha, seru juga sih satu kartu untuk segala keperluan
  20. Keunggulan tabungan digital ini emang di biaya administrasi nya yg murah terutama kalo buat transfer-transfer ke rekening antar bank murah bgt biaya adminnya...aku juga punya tabungan digital khusus utk pembayaran uang sekolah anak..jd biaya adminnya murah.

    Thanks yah mas sharingnya
    1. Sama-sama
  21. Wow sungguh ku baru plus minus tabungan digital hehe jadi tercerahkan plus minus setiap tabungan digital itu apa meski aku pribadi untuk saat ini belum tertarik memilikinya XD
  22. banyak temenku yang pake jenius, katanya emang beban biaya admin lebih murah dan transaksi lebih mudah, aku sendiri sih belum nyoba
  23. Di era digital seperti ini, memiliki tabungan digital adalah sebuah kebutuhan ya kak
    apalagi klo bebas biaya admin, makin membantu pastinya
  24. Mantep nih perbandingannya, bermanfaat banget, Kak. Aku pakai Jenius tapi lagi memikirkan untuk pindah ke Blu punya BCA hehee Udah coba belum, Kak?
    1. Masih menjadi wishlist. Fitur yang ditawarkan sama dengan yang lain, tapi nggak ada promo pembukaan yang menarik dari Blu.
  25. Cakep ada perbandingan seperti ini mas. Aku sendiri sampai sekarang masih bertahan di Jenius. Apalagi kalau soal transfer, soalnya ga perlu daftarin no rekening dulu hehe
  26. Aku baca artikel ini kusyuk banget loh. Seru aja baca pengalaman kamu hehe. Aku belum pengin punya tabungan online kayak gini. Masih setia sama BCA biasa hehe. Kalaupun tertarik sama tabungan emas kali yak hehe
    1. Ah, terima kasih teh. Menarik juga nih tabungan emas
  27. Aku belum coba kelimanya, tetapi tertarik untuk coba Jenius karena beberapa teman menggunakan itu juga dan katanya oke. Tapi setelah melihat artikel ini kudu mempertimbangkan pilih mana yang sesuai dari banyaknya pilihan tadi.
  28. Tapi kelemahan bank digital ini justru karena kemudahannya itu. Soalnya nabung gampang, nariknya juga gampang, jadi ga kerasa uang tuh plus plos. Ini mah sebenernya saya aja sih yg manajemen finansialnya jelek ya.

    Kalau nabung saya biasanya justru lewat Tokopedia Emas sama Bibit, biar kalau mau narik duit harus mikir2 dulu. Kemarin nyoba juga ikutan kripto biar kayak orang2, tuturut munding padahal mah.
    1. Hehe, kalau tabungan digital seperti ini rata-rata untuk transaksional. Kalau Tokped Emas atau Bibit untuk investasi. Jadi tergantung tujuan dan kebutuhannya.
  29. Jadi tertarik kepingin mencoba Nyala, nih. Apalagi 380.000nya itu, lho.. hehehe..
  30. Sempet di tawarin dengan jenius beberapa kali, cuma waktu itu masih pikir pikir. Waktu di awal mmg ditawarin gratis admin. La, kalau sekarang dikenakan biaya 10 ribu, berarti sama dong dengan biaya admin bank umumnya.
    1. Haha iya, jadi sama. Tapi 10ribu masih termasuk umum sih. Tapinya lagi kalau ada yang gratis ngapain yang bayar, hehe.
  31. Analisa yang menarik dan banyak banget tabungan digitalnya hehe. Saya belum pernah mencoba satupun dari lima bank yang disebut di atas. Mungkin bisa jadi pertimbangan saya.
    1. Terima kasih. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan.
  32. Wah. Perbandingan seperti ini menarik juga sih ya. Jujur, saya termasuk yang belum coba kelimanya, tetapi merasa tertarik untuk coba Jenius sih. Salah satunya karena dorongan dan pengalaman teman dan orang di sekitar.

    Setelah melihat artikel inI, saya jadi punya sudut pandang baru. Wkwk. Harus dipertimbangkan lagi mana yang lebih baik.

    Terima kasih atas sharingnya ya, Mas. Berguna banget.
    1. Sama-sama. ALhamdulillah jika bermanfaat
  33. Hahaha bener kak. Apa apa yang gratis itu jangan dulu dulu cepet tergoda ya. Tapi bener bener diperiksa dulu. Soalnya biasanya yang gratis atau murah beda yang lain itu suka ada tanda bintangnya alias suka ada syarat dan ketentuannya
  34. Diawal saya menggunakan jenius itu memang tidak ada biaya admin, namun sekarang ada loh, sekitar 10K/bulan
    1. wah really? saya baru mau coba jenius tadinya lho
    2. Iya kang Rifqi dan mbak Eka. Sudah saya tuliskan juga di postingan kalau Jenius mulai tahun 2021 ada biaya admin (Feesible) sebesar 10 ribu/bulan.
  35. Dari semuanya saya hanya tau Jenius dan juga sudah punya rekening Jenius. Cukup senang skor Jenius disini tinggi, berarti saya tak salah bikin rekening.

    Waktu itu tertarik bikin karena katanya Jenius ada kartu debit virtual sehingga bisa melakukan transaksi online tanpa kartu kredit. Kebetulan saya pengen beli tiket konser di luar negeri dan saya tak punya kartu kredit (karena memang anti kartu kredit). Dan kartu debit Jenius ini membantu banget.

    Kak, enggak mau tambahin blu dari BCA? Penasaran skornya berapa nanti.
    1. Sudah nih saya sudah buka blu. Dan beberapa tabungan digital lainnya juga sudah saya buka. Semoga ada dorongan untuk menuliskannya. Hehe
  36. Sbg nasabah di bank biasa, tulisannya informatif sekali mas. Penyampaiannya dijabarin satu per satu, utk aku yg awam jd paham dan ber-oh-ria pas baca. Fitur bebas biaya admin itu ssuai dgn kebutuhanku bwt buka tabungan.
    1. Terima kasih. Senang jika tulisan ini bisa bermanfaat.
  37. Aku belum pernah nyobain kelimanya sih, Mas. Sempat sering dengar tentang jenius, tapi belum sempat cari tahu banyak juga. Sebenarnya akhir-akhir ini udah kepikiran pengen punya tabungan digital ini, jadi pas banget baca artikel ini bisa jadi referensi juga.
    1. Bisa juga dibaca part 2, agar lebih mantap lagi ketika memutuskan tabungan digital yang mana yang akan dibuka.
  38. Setelah baca dari awal sampai akhir malah tertarik sama nyala soalnya ada pembayaran dengan mata uang lain, misalnya dolar, kira-kira, nyala bisa dipakai untuk transaksi pembelian Template blog di marketplace luar negeri, nggak ya ka? Misal themeforest / envato yg biasanya pembayaran pakai PayPal. Kalau nyala bisa, the Best banget sih ini. 😁
    1. Untuk pembelian thema, saya belum pernah sih. Tapi transaksi lain seperti langganan streaming yang mengharuskan pakai mata uang selain rupiah, bisa banget pakai Nyala-nya OCBC NISP.
  39. Jadi pengen buka rekening di sini nih. Tabungan bisa lebih awet saldonya. Gak kepotong biaya admin
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.