-->

5 Tabungan Digital Tanpa Biaya Admin, Mana yang Terbaik?

Belakangan ini, bank berlomba-lomba membuat tabungan digital dengan proses yang lebih mudah dan cepat. Tentunya dibarengi promo dan fitur menarik yang mungkin tidak ada di tabungan yang kita miliki saat ini. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah bebas biaya administrasi bulanan.

Coba hitung berapa biaya administrasi rekening kamu saat ini? Saya sendiri pengguna BCA dengan biaya admin 16 ribu per bulan. Artinya dalam setahun saya mengeluarkan uang hampir 200 ribu hanya untuk biaya admin.

Jadi wajar saja, kalau fitur ini sering menjadi andalan produk-produk baru tabungan digital untuk meningkatkan NoA (Number of Account) mereka alias menggaet nasabah baru.

Tapi…. Jangan terburu-buru tergoda untuk langsung buka rekening. Biasanya yang gratis itu suka ada tanda bintangnya alias syarat dan ketentuan berlaku. Untuk itu penting sekali kita memahami keseluruhan produknya dengan kompresehensif sebelum memutuskan untuk membukanya.

Di tulisan kali ini saya akan mencoba membahas dan membandingkan lima produk tabungan digital yang sudah dan sedang saya gunakan. Tentu hanya dari beberapa aspek umum yang biasanya dijadikan andalan bank sebagai promo atau yang nasabah cari. 

Mereka adalah Jenius (BTPN), Digibank (DBS), Sobatku (Sahabat Sampoerna), Nyala (OCBC NISP), dan D-Save (Danamon).

Cekidot!

Biaya Administrasi Bulanan

Awal launching hingga akhir 2020, Jenius membebaskan biaya administrasi. Ketentuan ini berubah sejak 2021. Jenius membebankan nasabahnya sebesar 10 ribu rupiah yang mereka namai biaya Feesible.

Sementara keempat lainnya saat ini masih gratis biaya admin. Khusus Nyala, gratis biaya admin akan berlaku jika dan hanya jika nasabah menjaga saldo rata-rata 1 juta rupiah. Jika di bawah saldo rata-rata, nasabah akan dikenakan biaya yang justru dua kali lipat dari Jenius yakni 20 ribu.

Digibank, Sobatku, dan D-Save sampai saat ini masih tanpa syarat.

Pemenang: Digibank, Sobatku, D-Save

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
0 1 1 0 1

Saldo minimum ditahan

Selain gratis biaya admin, yang perlu kita tanyakan saat ingin membuka tabungan digital adalah tentang saldo minimum ditahan. Saldo minimum ditahan ini adalah saldo yang nggak bisa ditarik dan otomatis sudah menjadi pendapatan (fee based income)-nya bank.

Untuk aspek ini, kelimanya memberikan fasilitas tidak ada minimum saldo ditahan alias saldo rekening bisa ditarik hingga 0 rupiah.

Pemenang: All

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
1 2 2 1 2

Transfer ke bank lain

Sering nggak ngalamin kalau mau transfer ke bank lain itu mikir dulu beberapa kali? Kalau saya sih iya. Soalnya bakal motong saldo sekitar 6.500. Kalau ada dua transaksi saja, biaya transfer bisa dialihkan untuk seporsi cuanki. Oleh karena itu aspek ini juga perlu diperhatikan. 

Kecuali Sobatku yang membebankan biaya 4 ribu rupiah per transaksi, keempat tabungan lainnya memberikan gratis biaya transfer ke bank lain dengan syarat-syarat tertentu.

Jenius, Digibank, dan Nyala sama-sama menyaratkan saldo rata-rata harian 1 juta jika ingin menikmati fasilitas gratis biaya transfer ke bank lain. Fasilitas ini diberikan dalam bentuk kuota dan bisa dinikmati pada bulan selanjutnya.

Contohnya, jika saldo rata-rata harian pada Juli 2021 minimum 1 juta, fasilitas gratis biaya transfer sebanyak kuota tertentu berlaku di Agustus 2021. Kalaupun ternyata pada Agustus saldo kamu di bawah 1 juta, fasilitas ini masih bisa kamu nikmati selama Agustus. Dan saldo harian Agustus akan diperhitungkan untuk September.

Bicara kuota, Jenius memberikan kuota 15 kali, Digibank dan Nyala 10 kali. Bagaimana dengan D-Save? Ia memberikan kuota 10 kali tapi tidak ada syarat minimum saldo.

Jenius lebih baik dalam hal pemberian kuota (bahkan jika saldo yang dijaga lebih besar kuota bisa naik menjadi 25 kali), sementara D-Save unggul dalam hal persyaratan saldo minimum dan kuotanya pun standar dengan tabungan lain.

Perhitungan di aspek ini dilakukan dengan mengabaikan limit nominal maksimum per transaksi dan limit nominal maksimum per hari

Pemenang: Jenius, D-Save

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
2 2 2 1 3

Top up uang elektronik

Untuk aspek ini, Jenius nggak ada lawan. Transaksi top up uang elektronik di Jenius dihitung sebagai transaksi transfer ke bank lain. Sehingga, jika kuota transfer masih tersedia, top up uang elektronik di Jenius bisa gratis.

Layanan dan terobosan menarik ini sayangnya tidak diikuti oleh tabungan digital yang muncul setelah Jenius. 

Sejak awal kemunculannya baik Digibank, Sobatku, Nyala, atau D-Save membebankan biaya admin untuk transaksi top up uang elektronik dengan biaya beragam mulai dari 500 – 2000 rupiah.

Pemenang: Jenius

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
3 2 2 1 3

Promo pembukaan rekening

Daripada aspek-aspek di atas, sebetulnya yang paling menarik minat saya untuk membuka rekening tabungan digital adalah promo pembukaannya.

Jadi saya akan bahas satu-satu ya.

Jenius

Saya membuka Jenius ketika saya meliput salah satu festival pop culture di Jakarta. Saat itu saya tertarik membeli kaos resmi festival tersebut karena desainnya yang sederhana dan unik. Sekaligus juga langka (ekslusif) karena satu desain hanya digunakan di satu kaos. Harganya pun terbilang terjangkau sebesar 150 ribu rupiah.

Ketika saya mampir ke booth Jenius, rupanya ada promo pembukaan rekening baru dengan hadiah kaos tersebut ditambah voucher salah satu gerai kopi sebesar 50 ribu. Syaratnya adalah top up saldo sebesar 10 juta dan ditahan/tidak bisa digunakan selama tiga bulan.

Digibank

Saat melihat booth Digibank di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, saya pun menghampiri petugasnya. Saat itu sedang ada promo top up 1 juta berhadiah tumbler. Dan saldo 1 juta ini tidak ditahan lama alias bisa diambil/ditarik lagi besoknya.

Tapi saya tidak tertarik, karena tumbler saya sudah banyak menumpuk di kost. Ya biasalah hasil kuis/giveaway ataupun goodiebag dari sponsor. Alhasil teman saya yang membuka rekening di booth tersebut.

Petugas lalu menjelaskan ada promo lain yakni hadiah koper tapi hanya ada di mall-mall besar. Ia menyebutkan beberapa mall dimaksud. Pergilah saya ke salah satu mall tersebut.

Dan benar, booth Digibank di mall tersebut memberlakukan promo buka rekening berhadiah koper. Sayangnya saldo yang harus ditop up sebesar 5 juta rupiah dan ditahan selama tiga bulan. Tapi ya sudahlah, toh saya juga sedang butuh koper saat itu.

Sobatku

Saat membuka Sobatku tidak ada promo kesbek atau pun hadiah barang, tapi Sobatku memberikan kupon undian setiap kelipatan 1 juta yang ditop up ke rekening baru Sobatku. Hadiah undiannya ratusan juta dengan Grand Prize 100 juta rupiah.

Ya, saya hanya menguji keberuntungan undian saja.

Nyala

Sama seperti Jenius dan Digibank, saya membuka Nyala di booth resmi yang ada di mall. Poster bertuliskan saldo uang elektronik sebesar 380 ribu rupiah cukup menggiurkan. Lumayan untuk beli makan online selama seminggu.

Untuk mendapatkan saldo uang elektronik tersebut, dibutuhkan dana sebesar 10 juta. Tapi sistem Nyala berbeda dengan Jenius dan Digibank yang harus ada saldonya saat itu juga. Nyala membuatnya seperti program tabungan berjangka yang harus setor setiap bulan.

Jadi ketika mengikuti program ini, saya langsung mendapat dua rekening. Satu rekening tabungan berjangkanya, dan satu rekening utama sebagai sumber pendebetan untuk rekening tabungan berjangka.

Saya memilih program 6 bulan untuk target dana sebesar 10 juta tersebut. Jadinya kurang lebih, rekening utama saya akan didebet sebesar 1,6 jutaanper bulannya dan dimasukkan ke rekening berjangka. Jadi saat pembukaan, saya hanya top up 2 juta saja.

D-Save

Beda dari semuanya, saya membuka D-Save secara online melalui aplikasi. Pada prinsipnya tahapannya sama hanya beda media saja.

Saya sendiri lebih suka memilih buka rekening langsung di booth. Selain tidak membutuhkan koneksi internet yang banyak, bisa dibimbing secara langsung oleh petugas tanpa menunggu antrian. Rekening bisa terbuka saat itu juga dan kartu ATM bisa langsung aktif.

Kalau melalui online ya tentu memakan waktu lebih banyak. Saya sendiri baru bisa verifikasi video call dengan petugas Danamon sehari setelahnya. Dan ATM baru sampai pada hari ke-7 sejak pembukaan rekening.

Tapi tak apa, karena promo D-Save cukup menggiurkan. Hanya top up sebesar 1 juta mendapat kesbek 200ribu. Tidak ada saldo ditahan, tapi saat tanggal pengecekan saldo wajib ada minimum 1 juta rupiah.

Begini! Saya buka rekening dan top up 1 juta pada 7 Juli 2021. Sesuai aturan D-Save, jika top up pada tanggal segitu, saldo akan dicek pada 31 Juli 2021. Jadi selama 7 – 30 Juli saya tetap bisa melakukan transaksi apapun, yang penting saat 31 Juli saldo harus ada sebesar 1 juta rupiah.

Jadi siapa pemenang di aspek ini? Untuk mempermudah, saya buatkan cerita di atas tadi dalam bentuk tabel.

Akun Saldo Top Up (IDR) Lama hold
Kesbek Biaya Transfer? Bonus Nilai Bonus
Persentase
Jenius 10 Juta 3 bulan Ya Kaos, Voucher Kopi 206.500 2,065%
Digibank 1
1 Juta 1 hari Ya Tumbler 105.500 10,55%
Digibank 2
5 Juta 3 bulan Ya Koper 336.500 6,73%
Sobatku 1 Juta - Tidak Kupon undian - -
Nyala 10 Juta 6 bulan Tidak Saldo uang elektronik 380.000 3,8%
D-Save 1 Juta >1 bulan Tidak Kesbek 200.000 20%

1. Promo tersebut dilakukan di waktu dan tempat berbeda
2. Syarat dan ketentuan promo tidak menutup kemungkinan sudah berubah, tidak berlaku, atau ada promo lain
3. Kesbek biaya transfer adalah penggantian biaya transfer saat top up dikarenakan dana wajib fresh fund (salah satunya berasal dari transfer bank lain)
4. Nilai Bonus adalah nilai hadiah + kesbek biaya transfer (jika Ya)
5. Persentase bonus dihitung dengan rumus: (Nilai Bonus/Jumlah Top Up)x100; dengan mengabaikan lama saldo ditahan

Pemenang: D-Save

Skor Sementara:

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
3 2 2 1 4

Fitur/layanan ekslusif

Di aspek ini saya akan bahas beberapa keunggulan satu tabungan digital yang tidak ada di produk lainnya. Dan manfaatnya sangat saya rasakan sekali.

Undian berhadiah Sobatku

Nggak salah saya buka Sobatku karena tertarik undian. Meski nggak menang saat pembukaan rekening, nyatanya selama lebih dari dua tahun menjadi nasabah, saya sudah menang undian sebanyak 3 X.

Ya itu karena undian Sobatku dilaksanakan setiap bulan dan ada Grand Prize per tiga bulan. Dan menurut saya belum ada di produk tabungan digital manapun yang ada kegiatan undian setiap bulan secara rutin.

Komunitas Jenius

Konon katanya target Jenius adalah anak-anak muda. Dan Jenius nggak menyia-nyiakan potensi nasabahnya ini. Jenius membuat komunitas sesama penggunanya yang tersebar di berbagai kota. Pengelolaan komunitas ini pun cukup baik.

Komunitas ini sering mengadakan acara yang isinya silaturahmi, sharing session, bagi-bagi hadiah, dan tentu makan-makan. Saya sendiri pernah mengikuti acaranya sebanyak dua kali.

12 mata uang dalam satu tabungan ala Nyala

Biasanya satu rekening hanya untuk satu mata uang. Di Nyala bisa 12 mata uang sekaligus. Mungkin aspek ini hanya akan jadi kelebihan di atas brosur jika saya belum merasakannya. 

Dan ini ceritanya...

Saya langganan salah satu aplikasi streaming yang mengharuskan bayar dengan dollar. Saya sudah coba dengan beberapa kartu yang saya punya, tapi transaksi selalu ditolak. Pun ketika saya menggunakan Nyala versi rupiah, transaksi ditolak juga. Tapi ketika saya switch Nyala ke dolar, transaksi berhasil.

Pemenang bonus: Jenius, Sobatku, Nyala

Skor Akhir

Jenius Digibank Sobatku Nyala D-Save
4 2 3 2 4

Dari jabaran di atas D-Save dan Jenius meraih skor tertinggi. Tapi apakah artinya mereka yang terbaik?

Dari kelimanya tidak ada yang unggul dalam semua aspek. Jadi terserah kamu mau membuka rekening yang mana. Satu hal yang penting adalah kamu paham apa kebutuhan dan tujuan kamu membuka rekening baru. Apakah untuk menabung, transaksi rutin, atau sekadar berburu promo seperti saya?

Demikianlah. Jika ada info tambahan atau pengalaman lain menggunakan produk tabungan digital di atas, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya.

Atau mungkin kamu juga pengalaman dengan tabungan digital lain, tinggalkan ceritamu juga di kolom komentar.