Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Cara Memaksimalkan Waktu Bermain di Trans Studio Bandung

Butuh dua sampai tiga kali kunjungan jika ingin menikmati semua wahana Trans Studio Bandung. Belum lagi jika ada wahana yang sedang maintenance


“Eh ini udah kan tadi, kita udah ke sini kan tadi ya?”

Pernah nggak ketika kamu bermain di wahana seperti Trans Studio Bandung kadang muter-muter di area yang sama? Terus kadang juga bingung mau naik wahana apa duluan?

Nah, itu biasanya terjadi kalau kamu baru pertama kali ke wahana tersebut. Tapi tenang saja, hal tersebut sangat wajar kok. Namanya juga tempat asing, butuh pendekatan terlebih dahulu. Tapi gimana kalau sudah beberapa kali main ke wahana tersebut, kamu masih merasakan hal yang sama?

Jujur, kalau masih begitu sayang banget waktunya. Membuat bermain di wahana tersebut menjadi tidak maksimal. Untuk memitigasi hal tersebut, saya akan bagikan tips agar kamu bisa memaksimalkan waktu bermain. Tentunya studi kasusnya adalah wahana bermain Trans Studio Bandung ya.

Cekidot!

1. Pelajari peta wahana

Peta umum Trans Studio Bandung/TSB

Hal pertama yang perlu kamu tahu adalah peta wahana Trans Studio Bandung. Peta ini kamu butuhkan agar tidak tersesat dan mengulang-ngulang pergi ke area yang sama. Dora saja butuh peta masa kamu enggak?

Begini. Pada prinsipnya Trans Studio Bandung terbagi menjadi tiga zona: Studio Central, Lost City, dan Magic Corner. Setiap zona punya wahana bermain sendiri-sendiri. Untuk informasi detail mengenai wahana Trans Studio Bandung, kamu bisa intip infonya di sini.

Hal penting yang perlu diperhatikan dari setiap wahana adalah tentang batasan usia dan tinggi badan minimal. Karena wahana di Trans Studio Bandung ini berbeda-beda, ada yang untuk semua umur, anak-anak saja, atau orang dewasa saja.

Peta wahana yang lebih rinci berbentuk fisik, bisa didapatkan di pintu masuk atau di loket pembelian Trans Studio Bandung. So, nggak ada salahnya kamu meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk pelajari peta wahana dan mulai menyusun rundown bermain kamu sendiri.

2. Ketahui jadwal pertunjukan khusus

Jadwal dan pertunjukan sewaktu-waktu bisa berubah/TSB

Selain wahana reguler yang bisa dinikmati kapan saja, Trans Studio Bandung juga punya pertunjukan khusus yang terjadwal setiap harinya. Pertunjukan yang ditampilkan sangat menarik dan beragam mulai dari opening dance, pertunjukan sulap, pertunjukan musikal, dan parade ikon-ikon Trans Studio Bandung.

Penting untuk kamu tahu jadwal pertunjukan tersebut agar kamu bisa menikmatinya tanpa bentrok dengan aktivitas kamu di wahana reguler yang lain. Kan sayang sekali jika kamu sedang naik kereta hantu padahal di waktu yang bersamaan sedang berlangsung pertunjukan sulap. Terlewat deh pertunjukan sulap itu, apa nggak merasa rugi?

3. Beli akses VIP deh

Foto dulu depan wahana Super Heroes 4D/Raja Lubis

Dari pengalaman saya berkunjung ke Trans Studio Bandung, pada hari kerja (weekdays) memang relatif lengang. Tapi kalau berkunjung di weekend atau hari libur, sumpah bisa lebih padat pengunjungnya.

Nah, kepadatan ini mau nggak mau berimbas sama antrean di setiap wahana dong ya. Bisa-bisa karena kelamaan antre di satu wahana, kamu nggak bisa menikmati sebanyak mungkin wahana yang ada di Trans Studio Bandung.

Untuk mengatasi hal tersebut, Trans Studio Bandung menyediakan tiket VIP Access. Harganya memang lebih mahal sedikit dari harga tiket reguler, tapi manfaatnya kerasa banget. Terutama bagi kamu yang berkunjung saat hari libur, saya sangat rekomendasikan untuk membeli tiket VIP Access.

Keuntungannya apa? Dengan VIP Access kamu mendapat prioritas antrean karena berada di jalur khusus. VIP Access ini memang bukan sepenuhnya kartu untuk bebas antre, kamu harus tetap antre tapi setidaknya kamu bakal menghemat banyak waktu.

Pengalaman saya antre di wahana Super Heroes 4D menjadi buktinya. Wahana ini termasuk yang paling populer karena menyuguhkan pengalaman sinematik 4D. Kita bisa menonton film dan merasakan ikut terlibat di dalamnya. Jadi wajar, jika banyak yang antre di wahana ini.

Saat saya hendak memasuki wahana tersebut, sudah lebih ada 50 orang yang antre di jalur reguler, sementara di jalur VIP Access masih kosong. Saya langsung memasuki antrean VIP dan semua mata tertuju padaku. Hahah. Beneran ditatap oleh pengunjung yang sedang duduk manja mengantre dong.

Sudah siap nonton dong/Raja Lubis

Wahana ini diputar selama 15 menit, dan sekali pemutarannya kapasitas kapasitasnya 24 kursi. Sebetulnya kursi yang disediakan sekitar 40 lebih, hanya saja selama pandemi dibatasi jumlahnya menjadi 24 kursi saja. 

Pintu pun terbuka, tanda show selanjutnya akan segera dimulai. Ternyata petugas membagi kapasitas penonton menjadi: 5 dari antrean VIP dan 19 dari antrean reguler. Otomatis saya langsung masuk dong ya. Kebayang 'kan 31 orang yang tersisa di antrean reguler harus menunggu 15 menit lagi hanya untuk menikmati wahana ini.

Anggaplah setelah saya nggak ada lagi yang antre di jalur VIP. Artinya 24 orang dari antrean reguler masuk show berikutnya. Dan itu berarti, masih ada 7 orang yang harus ngantre 30 menit baru bisa menikmati wahana Super Heroes 4D. 

Kamu termasuk dalam 7 orang itu? Sayang banget ya setengah jam hanya untuk antre doang, padahal dengan waktu sebanyak itu bisa digunakan untuk menikmati setidaknya tiga wahana lain.

Itu baru soal waktu, manfaat lainnya dari VIP Access adalah kamu bisa keluar masuk Trans Studio Bandung tanpa harus bayar lagi. Kalau kamu beli tiket reguler, sekali kamu keluar, kamu nggak bisa masuk lagi.

Lha kenapa harus keluar? Tentunya saya butuh makan dong ya. Trans Studio Bandung ini selantai dengan foodcourt Trans Studio Mall. Jadi saya lebih memilih makan di foodcourt mall daripada di dalam Trans Studio Bandung. Soalnya merchant food di Trans Studio Bandung sangat terbatas.

4. Menginap di The Trans/Ibis

Kalau kamu dari luar kota, saya sarankan untuk menginap di hotel yang masih berada di Kawasan Terpadu Trans Studio. Di sini ada dua hotel yakni The Trans Luxury Hotel dan Ibis Bandung Trans Studio.

Saya memilih Ibis Bandung Trans Studio saja karena budget-nya lebih hemat dibanding The Trans Luxury Hotel yang super mewah. Waktu itu memilih nginep karena saya membawa ibu dan adik saya untuk bermain di Trans Studio Bandung. Dan biasanya ada promo bundling dari Ibis Bandung Trans Studio. 

Jadi setiap pembelian paket menginap di Ibis Bandung Trans Studio, di dalamnya sudah termasuk tiket masuk Trans Studio Bandung.

Contoh rundown versi saya

Sebagai referensi dan agar kamu bisa memaksimalkan waktu bermain, saya berikan gambaran rundown saya selama satu hari di Trans Studio Bandung. Ingat, datanglah paling awal dan pulang paling akhir. Haha. Nggak mau rugi banget ya!

No Time Wahana/Activity Keterangan
1 10.00 - 10.15
Opening Dance
Duduk di pinggiran area show sambil pelajari peta wahana
2 10.15 - 10.30
Jelajah Basah-basahan di awal, biar baju kering di badan
3 10.30 - 10.45
Dunia Lain The Ride
Relaks, sambil melihat hantu-hantu. Iih seyeem!
4 10.45 - 11.00
Dragon Riders / Pemburu Badai / Giant Swing/ Vertigo
Mulai panaskan badan di wahana penuh adrenalin
5 11,00 - 11.15
Sky Pirates
Santai sejenak sambil melihat area TSB dari ketinggian
6 11.15 - 11.30
Dragon Riders / Pemburu Badai / Giant Swing/ Vertigo Panaskan lagi
7 11.30 - 11.45
Dragon Riders / Pemburu Badai / Giant Swing/ Vertigo Makin panas
8 11.45 - 12.00
Foto-foto dulu saja yuk

9 12.00 - 12.45
Makan siang
Banyak pilihan di foodcourt Trans Studio Mall
10 12.45 - 13.00
Salat Zuhur di Mushola TSB
Bagi yang tidak salat, bisa foto-foto di sekitar area Trans City Theather
11 13.00 - 13.45
Cadabra Pertunjukan sulap di Trans City Theather
12 13.45 - 14.00
Si Bolang Adventure
Santai sambil menikmati keseruan ragam Indonesia
13 14.00 - 15.00
Repertoire of Love
Pertunjukan tarian aerial dipadu dengan konsep musikal yang megah
14 15.00 - 15.30
Super Heroes 3D
Udah, beli VIP Access saja
15 15.30 - 15.45
Ocean World Science Center
Tambah pengetahuan dengan dunia laut
16 15.45 - 16.00
Salat Ashar
Bagi yang tidak salat, bisa berkunjung ke wahan lain
17 16.00 - 16.30
The Magical of Parade Zoo
Duduk manis sambil selonjorin kaki
18 16.30 - 17.00
Manfaatkan waktu berkunjung ke wahana lain
19 17.00 Pulang deh

Rundown bisa disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan juga jadwal pertunjukan yang berbeda antara weekday, Jumat, dan weekend (hari libur).

Walau sudah disusun perencanaan dengan baik, tetap saja tidak bisa mencoba seluruh wahana dalam sekali kunjungan. Butuh dua sampai tiga kali kunjungan jika ingin menikmati semua wahana Trans Studio Bandung. Belum lagi jika ada wahana yang sedang maintenance.

Sudah lima kali saya berkunjung ke Trans Studio Bandung, saya belum beruntung menikmati wahana Outdoor Racing Coaster-nya karena sedang maintenance terus. Padahal itu salah wahana favorit saya yang betul-betul ingin saya coba sensasinya. Kebayang teriak-teriak lepas, terus dilihatin pengunjung Trans Studio Mall dari segala penjuru. Seru!

Penampakan Outdoor Racing Coaster dari halaman Trans Studio Mall/Raja Lubis

Sekian dulu sharing saya tentang bagaimana cara memaksimalkan waktu bermain di Trans Studio Bandung. Kalau kamu punya pengalaman menarik bermain di sini, jangan sungkan untuk berbagi di komentar ya.

Semoga bermanfaat! 

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

28 comments

  1. Hahhaaa, komplet banget euy main2 di TSBnya. Tapi aku setuju ma dirimu, termasuk yang datang awal pas opening dance ampe mo tutup sambil nonton parade. Lagian ga berasa banget kalo udah di dalem apalagi kalo menjajal wahana2 yang ada.
    Huhuuu, kasian banget sih udah 5x dateng ga naik racing yamaha Coaster, bhuahhaha Anda kurang beruntung, yess! Seruu pokonyaa, next wajib coba lagi. Pokonya asik seseruan apalagi banyak promo tiket buy one get one .
    1. Iya dong, harus maksimal. Kuy ah teh nge-TSB lagi
  2. Senang banget informasi super komplit untuk ke TSB. Pastinya informasi ini sangat dibutuhkan bagi saya yang buta apa itu TSB dan gimana nontonnya. Terima kasih yach, pokoknya asyik dah nanti jika saya bisa mampir ke TSB.
    1. Sama-sama Bu Ina. Semoga suatu saat bisa mampir dan bermain di TSB.
  3. Saya jadi ingat tahun 2015 pas ke Trans studio Bandung. Benar-benar menguras energi ya mas, kalau tidak menguasai lokasi di sana. Namun puas juga bisa bermain beberapa wahana yang sudah diincar, hahaha. kalau yg berbahaya saya ga berani
    1. Wahana extreme, bikin spot jantung ya?

      Hayu ke TSB lagi, banyak yang baru di 2022.
  4. Wah bermanfaat sekali tipsnya, saya termasuk orang yang suka bingung kalau datang ke tempat yang seperti ini. Tips ini membuat saya kembali menata strategi agar semuanya dapat dinikmati dengan maksimal.
    1. Terima kasih. Alhamdulillah jika bermanfaat.
  5. wah baru tau bisa menginap sekaligus dapat free pass nya juga

    share ah ke WA grup keluarga, karena mereka pingin banget ke TSB

    nunggu paska pandemi katanya
    1. Pantengin saja medsos-nya TSB dan Ibis Bu, untuk promo-promo yang sedang running.
  6. noted! wah jadi punya gambaran nih kalau kesana. KAdang memang suka bingung ya kalau ke tempat main yang gede gitu, padahal lengkap banget, tapi kalau udah disana tanpa perencanaan, jadi bingung mau main apa dulu wkwk
    1. Yupz, pentingnya perencanaan demi memaksimalkan waktu. Biar nggak bingung banget kalau sudah di lokasi.
  7. Ini artikel peta banget sih.
    Bermanfaat buat daku dan yang lainnya dimana belum pernah ke sana, jadinya bisa memodifikasi mau kemana dan bagaimana saat di trans studio hehe
    1. Alhamdulillah, senang jika bisa bermanfaat.
  8. wih lengkap banget euy, sampe sengaja bikin rundown segala. tapi bermanfaat lho, bisa dicontek nih hehe. dan btw saya juga penasaran sama permainan outdoor racer itu, kayaknya tiap kesana saya belum pernah kebagian naik itu, walopun ke TSBnya juga baru 2 x sih hihi.
    1. Selamat mencontek! Hehe

      Semoga kalau ke sana lagi outdoor race-nya tidak sedang maintenance.
  9. Miapa ini lengkap banget, semacam hacks kalo mau berkunjung ke Trans Studio Bandung secara efsien dan efektif hehe. Mungkin someday aku berkesempatan ke TSB :)
    1. Miatas mibawah midepan mibelakang, xixi.

      Semoga kesampaian bermain di TSB ya, dan boleh banget pakai rundown yang ada di sini.
  10. Makasih mas, saya bookmark ya artikelnya. Soalnya pengin juga kapan-kapan ngajak anak ke sini. hehe

    Menarik banget tips-tipsnya, terutama soal VIP akses tadi, jadi lebih efisien dan puas ya mainnya. Dan nggak bete harus antri banyak juga.
    1. Sama-sama.

      Yoha, bawa anak lebih enak memang pakai VIP Access. Biar nggak ngantre lama banget.
  11. wahhh keliatannya seru banget kak :D soon mau coba praktekin rundown dari kakak.. terimakasih sudah sharing ya kak
    1. Sama-sama.

      Selamat praktik!
  12. Seru banget bermain di wahana tsb ini, selain sebagai refreshing, beberapa tempat juga menambah wawasan
    1. Yupz!
  13. Belum pernah saya main ke Transstudio Bandung jadi kepo nih gimana ya main di sana pasti seru
    1. Semoga suatu saat nanti bisa main ke TSB.
  14. Sudah lama enggak main ke Trans Studio. Terakhir saya di Trans Studio Makassar bareng anak anak bimbingan belajar waktu itu.
    1. Ya. Terima kasih infonya.
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.