Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

5 Keuntungan Menggunakan GoPay

Banyak manfaat dari penggunaan GoPay Tabungan by Jago untuk transaksi sehari-hari, mulai dari diskon, kesbek, hingga gratis transfer ke rekening bank

Pada tahun 2023, aplikasi GoPay resmi terpisah dari Gojek. Jika sebelumnya GoPay dikembangkan sebagai media pembayaran resmi di aplikasi Gojek, kini Gopay memisahkan diri sebagai aplikasi dompet digital.

Dengan kata lain, pengguna bisa mengunduh aplikasi GoPay di Google Play / App Store tanpa harus mengunduh Gojek. Kehadiran GoPay menurut hemat saya sangat membantu pengguna dompet digital yang hanya membutuhkan transaksi keuangan sederhana seperti transfer dan pembayaran.

Aplikasi GoPay menjadi lebih ringan dibandingkan dengan Gojek yang masih include dengan fasilitas seperti GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, dan layanan lainnya.

Berikut beberapa keuntungan yang saya rasakan setelah menggunakan GoPay untuk transaksi keuangan sehari-hari:

1. Gratis transfer ke rekening bank hingga 100X/bulan

Sengaja saya simpan fasilitas gratis transfer dari GoPay ini di urutan pertama. Karena memang fitur ini sangat membantu jika ingin melakukan transfer ke rekening bank mana saja dengan kuota yang terhitung banyak. Dan gratis pula.

Di dompet digital lain seperti DANA, kuota gratis transfer ke rekening bank hanya 10 kali saja per bulannya. Bahkan fasilitas seperti ini pun jarang ditemukan di bank digital. Sejauh ini hanya Seabank yang memberikan kuota gratis transfer ke rekening bank (termasuk top up dompet digital) hingga 100 kali.

2. Diskon dan kesbek dari setiap transaksi

Sebagaimana salah satu tujuan pemisahan GoPay adalah untuk mempermudah transaksi keuangan, GoPay bisa digunakan untuk banyak hal. Semisal isi pulsa & paket data, pembayaran tagihan rumah tangga seperti listrik, air, internet, & gas, pembelian voucher game, pembayaran langganan aplikasi streaming, dan lain-lain.

Dari setiap transaksi tersebut, kita akan mendapat diskon langsung atau kesbek yang dikreditkan ke GoPay Coins. Yang tentunya bisa digunakan untuk potongan pembayaran selanjutnya.

Saya pernah membayar tagihan listrik sebesar Rp207.456,-, kemudian mendapat kesbek berupa 4.149 Gopay Coins. Kalau dihitung-hitung, artinya saya mendapat kesbek sekitar 2% dari transaksi pembayaran tersebut.

Contoh mutasi kesbek dari pembayaran PLN/Raja Lubis

Selain dari transaksi pembayaran, saya juga rutin melakukan transaksi QRIS dari aplikasi GoPay. Dengan mengaktifkan fitur QRIS Unlimited, setiap transaksi QRIS di rekan usaha mana saja akan mendapat kesbek.

Dari akumulasi beberapa transaksi QRIS yang pernah saya lakukan, saya bisa mengambil kesimpulan bahwasanya setiap transaksi QRIS akan diberikan kesbek sebesar 0,1%. 

Ya, secara persentase mungkin terlihat kecil, tapi daripada nggak sama sekali 'kan ya? Toh, semakin banyak melakukan transaksi QRIS semakin banyak pula GoPay Coins yang terkumpul.

Contoh mutasi kesbek dari transaksi QRIS/Raja Lubis

3. Kesempatan mendapatkan bunga 2,5%/tahun

Pemberian bunga terhadap saldo yang kita miliki, biasanya hanya diberikan kepada nasabah bank bukan pengguna dompet digital. Tapi dengan GoPay, semua itu menjadi hal yang mungkin.

GoPay bekerja sama dengan bank digital Jago membuat GoPay Tabungan. Jika ingin mendapat bunga 2,5% atas saldo GoPay yang kita miliki, cukup hubungkan saja aplikasi GoPay dengan rekening bank Jago yang sudah kita miliki sebelumnya.

Jika belum memiliki rekening bank Jago, bisa langsung mengikuti instruksi pembukaan GoPay Tabungan di aplikasi GoPay. Syaratnya cukup siapkan e-ktp, selfie bersama e-ktp, dan pengisian data pribadi. Mudah kok.

Tampilan utama GoPay Tabungan by Jago dan total bunga/Raja Lubis

GoPay Tabungan juga gratis biaya administrasi bulanan dan tidak ada saldo minimum ditahan

4. Bisa tarik tunai juga lho di ATM

Kebanyakan orang ragu menyimpan uangnya di dompet digital karena masih khawatir apakah uangnya bisa ditarik tunai atau tidak, sebagaimana uang di rekening bank.

Sebetulnya, kalau tidak bisa ditarik tunai di ATM pun, selama dompet digital tersebut memiliki fitur transfer ke rekening bank, kita bisa memindahkan saldo tersebut ke rekening bank yang kita miliki. Kemudian kita melakukan transaksi tarik tunai di ATM bank tersebut.

Tapi untuk efisiensi waktu transaksi, GoPay meluncurkan fitur Tarik Tunai di ATM. Semuanya bisa dilakukan di aplikasi GoPay dan tinggal mengikuti instruksi selanjutnya yang diberikan.

Hanya saja, tarik tunai ini baru bisa dilakukan di jaringan ATM BCA dan dikenakan biaya sebesar Rp5.000,-/transaksi.

5. Program "Undang Teman" dapat bonus

Untuk ekspansi pengguna yang lebih luas, program referral ini menjadi salah satu program andalan para pengembang start-up/aplikasi. Nggak hanya dompet digital, aplikasi lain pun banyak yang menggunakan program ini. Semisal bank digital, e-commerce, aplikasi pemesanan kopi, aplikasi belanja, dan lain sebagainya. 

Hanya saja tingkat keuntungan yang diberikan berbeda-beda. Bahkan kadang ada yang menurut saya tidak menguntungkan. Seperti bank digital blu by BCA Digital yang hanya memberi hadiah 25 poin bagi si pemberi referral. Keuntungan poin ini hanya sebagai tambahan untuk syarat penukaran undian saja.

Contoh yang menguntungkan adalah promo referral dari bank Saqu. Setiap pemberi referral akan mendapat 15.000 rupiah, sementara penerima referral diberikan saldo sebesar 25.000 rupiah.

Gimana dengan GoPay? Saya kira termasuk menguntungkan juga. Karena setiap pemberi referral akan mendapat 15.000 Gopay Coins, sementara penerima referral akan mendapat 10.000 Gopay Coins.

Penting untuk diperhatikan, program referral ini bersifat seasonal alias terbatas waktu. Jadi pastikan tetap update informasi terkini di web/media sosial resmi GoPay

Yuk, tunggu apa lagi segera download GoPay untuk dapetin manfaat-manfaatnya. 

Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi. Tidak sedang bekerjasama dengan GoPay ataupun disponsori kompetitor.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

33 comments

  1. Untuk uang digital, aku juga pakai aplikasi gopay yg terpisah mas. Walopun sebenernya rek ku di HSBC, dan PERMATA juga bisa transfer free kemana pun, tapi sengaja memang pakai juga uang digital kayak gopay untuk back up . Apalagi gopay memang aku pake utk belanja di tokped kan. Bisa dibilang kalo utk urusan belanja bulanan pakai gopay, kalo sedang traveling pakai HSBC Krn cabangnya banyak di Negara2 lain, sementara permata utk kebutuhan financial yg butuh TRF besar.

    So far senengnya pakai gopay memang Krn cashback. Dan mudah juga digunakan. 👍
    1. Nah, kelebihan lain GoPay juga terkoneksi dengan Tokopedia. Jadi pelanggan yang sering transaksi di 'toko hijau' sangat termudahkan. Aku pun termasuk.
  2. Saya menggunakan gopay selain transaksi pembelian juga buat transportasi ya, maklum kalau bayar cash itu ribet masak dari beberapa pengalaman aku dan teman. Kadang nggak ada kembaliannya ha ha ha
    1. Ya memang agak ribet kalau bayar tunai. Gopay ngebantu pembayaran lebih mudah dan cepat.
  3. Di kotaku gak ada Gojek, tapi sudah banyak merchant dan toko yang menerima pembayaran Gopay. Makanya selalu terisi saldo Gopayku. Cashback itu bisa buat CO barang incaran di e-commerce. Hehehe..
    1. Yupz, karena sekarang Gopay bukan hanya untuk Gojek saja. Jadi lebih luas penggunaannya.
  4. Aku udah pakai Gopay sejak pertama kali ada, memang membantu banget untuk urusan transaksi. Soalnya suka dapet cashback yang lumayan banget! Bisa dipakai untuk diskon bayar listrik.
    1. Nah ini. Kesbeknya lumayan buat diskon2 pembayaran lain.
  5. Baru tahu ada QRIS unlimited. Mantap ni ulasannya.
    1. Terima kasih.
  6. Serius, baru tahu aku tuh kalo GoPay sudah berdiri sendiri. Astaga kudet banget yaa :( oke baique auto download aplikasinya biar bisa jadi alat bayar-bayar yg terpisah dari rekening tabungan. Makasih Kak ulasannnya :)
    1. Sama-sama.
  7. Aku sering pakai Gopay juga buat bayar2, jadi bisa dapet diskon atau cashback. Senengnya, ga pake ribet. Jadi langsung masuk cashbacknya
    1. Alhamdulillah.
  8. baru tahu loh kalo saldo gopay bisa tarik tunai di atm bca, walaupun ada biaya admin yah kalo lagi kepepet bisa jadi penyelamat dan semoga kedepannya makin banyak bekerja sama dengan baik lain juga
    1. Aamiin. Fitur ini memang mempermudah untuk tarik saldo di GoPay
  9. Wah, sekarang gopay bisa tarik tunai di atm? Makin memudahkan sebagai alat transaksi ya
    1. Ya, bisa!
  10. Lho Gopay bisa tarik tunai langsung di ATM? Kupikir ya transfer ke rekening bank seperti biasa barulah tarik tunai. Aku pakai Gopay tapi masih di apps Gojek karena mostly untuk pesan ojek. Apa harus unduh apps Gopay tersendiri?
    1. Keduanya bisa, mau tarik tunai di ATM atau transfer ke rekening bank dulu. Soal unduh mengunduh disesuaikan dengan kebutuhan saja.
  11. Noted Kak. Saya beneran baru tahu kalau dari Gopay bisa transfer dan bisa tarik tunai juga, selama ini hanya tahu kalau dapat cashback atau voucher-voucher menggiurkan..
    1. Alhamdulillah, jadi tahu. Silakan dicoba fiturnya.
  12. Waah wah wah.. baru tahu aku.. padahal aku banyak menggunakan gopay untuk transaksi..
    Karena aku pengguna kendaraannya juga jadi kayaknya belum perlu pake apps baru.. atai kedepannya akan di hilangkan dr gojek ?
    1. Soal ke depannya, saya tidak tahu.
  13. Ada banyak sekali keuntungan saat menggunakan Gopay yang aku belum tau yaa..skarang aku uda apa-apa Gopay deh.. karena tersambung ke seluruh apps juga kaan.. jadi transaksi apapun, lebih mudah.
    1. Yoha, GoPay masih bisa mengcover kebutuhan transaksi sehari-hari.
  14. Gratis transfer ke bank lain, hingga 100 kali. Fitur yang jadi andalan. Apalagi cashback QRIS Unlimited, lumayan juga dikumpulkan dari setiap transaksi.
    1. Yupz!
  15. Saya pakai GoPay nyari setiap hari
    Banyak yang harus dibayar ini itu
    Pun kalau belanja tinggal scan sana sini
    Aman banget
    1. Mantap!
  16. Bersyukur banget nih, kebetulan saya juga pengguna Gopay sekaligus Bank Jago. So far, terbukti lebib efisien dan menguntungkan, hehe.
    1. Iya mbak memberikan keuntungan dan efisien sekali ya. Saya baru tahu ada tabungan dari fitur gopay gini.
    2. Mantap!
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.