Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

#LengkapiCintadanKebaikan Ramadan dengan Asuransi Astra Life Syariah

Astra Life Syariah miliki produk perlindungan jiwa yang menyeluruh mulai dari risiko sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia
"Jiwa ibarat pedang yang kita genggam untuk membawa kita melaju berkeliling dunia, Sedangkan asuransi ibarat perisai yang melindunginya."

– Anonim

Alhamdulillah kita semua masih bisa merasakan nikmatnya Ramadan di tahun 2023. Doa yang selalu kita panjatkan setiap Ramadan agar kita senantiasa disampaikan pada Ramadan berikutnya.

Dan seperti Ramadan sebelumnya, ada banyak persiapan yang selalu kita lakukan. Mulai dari persiapan makan sahur dan berbuka, persiapan untuk mudik ke kampung halaman, persiapan ibadah tarawih, hingga persiapan duit THR untuk sanak keluarga.

Semua yang kita lakukan tersebut adalah bentuk cinta dan kebaikan terhadap diri dan keluarga. Sekaligus juga sebagai bentuk syukur atas segala nikmat yang sudah Tuhan berikan.

Untuk #LengkapiCintadanKebaikan Ramadan, tak ada salahnya kita mulai juga persiapkan perlindungan untuk diri dan jiwa. 

Dan kamu yang sudah terpikir untuk memberikan perlindungan bagi jiwa tapi belum cukup informasi, kamu sudah berada di halaman yang tepat.

Yuk, mari kita sama-sama belajar dan membahas hal tersebut!

Table of Contents

Asuransi dan manajemen risiko

Pertanyaan pertama yang saya lontarkan adalah ‘kenapa asuransi hadir dan penting?'.

Untuk menjawabnya mari kita bahas dulu sekilas tentang manajemen risiko karena asuransi sangat erat kaitannya dengan risiko.

Satu hal penting yang perlu diingat tentang risiko bahwasanya risiko melekat pada setiap individu. Setiap orang harus memiliki risk awareness yang tinggi bahwasanya dalam hidup dan segala aktivitas akan selalu ada risiko yang menyertainya.

Misalnya, ketika kita berkendara di jalanan, terdapat risiko macet, perubahan lalu lintas, hingga kecelakaan. Nah risiko-risiko tersebut harus dikelola agar mengurangi kerugian atas risiko tersebut.

Sederhananya, ketika kita menggunakan helm saat berkendara, hal tersebut merupakan salah satu bentuk pengelolaan risiko. Apabila terjadi kecelakaan misal senggolan dengan motor lain, tentu kerugian yang diakibatkan ketika kita menggunakan helm dengan tidak menggunakan helm, bobotnya akan berbeda.

Segala bentuk usaha untuk meminimalisir kerugian yang lebih besar bisa kita sebut sebagai mitigasi risiko.

Lalu apa hubungannya mitigasi risiko dengan asuransi?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak di mana pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya.[1]

Asuransi ini muncul sejalan dengan konsep mitigasi risiko bahwa sebuah risiko bisa ditransfer (transfer risk).

Umpamanya dari kasus senggolan motor di atas, kita mengalami cedera dan mengharuskan perawatan di rumah sakit, maka risiko pembayaran biaya rumah sakit yang timbul bisa ditanggung oleh pihak penyedia asuransi karena risiko tersebut sudah kita alihkan.

Kesimpulannya, sebelum kita betul-betul memutuskan memiliki asuransi, persoalan risk awareness ini harus tertanam dalam diri. Bahwa segala sesuatu akan selalu disertai risiko. Dan tentang bagaimana keputusan dan cara pandang kita mengelola risiko tersebut.

Kenali fungsi asuransi perlindungan jiwa dan manfaatnya

Setelah kita memahami bahwa risiko itu melekat pada setiap individu, pertanyaan kedua yang harus kita jawab adalah soal apa yang harus kita proteksi atau berikan perlindungan.

Terkadang kita sangat menyayangi barang yang kita miliki. Kita memiliki smartphone baru, seketika beli casing untuk melindungi smartphone dari kerusakan parah apabila tak sengaja terjatuh. Atau kita rajin service dan cek secara berkala kendaraan yang kita miliki.

Apa yang kita lakukan terhadap barang tersebut adalah sebuah bentuk proteksi. Tapi terkadang kita lupa bahwa diri dan jiwa kita pun membutuhkan proteksi.

Ada banyak risiko yang melekat pada jiwa mulai dari risiko jatuh sakit, risiko kecelakaan, hingga risiko kehilangan pencari nafkah utama di keluarga.

Oleh karena itu penting sekali kita melakukan proteksi jiwa untuk mengurangi risiko finansial yang ditimbulkan oleh risiko tersebut.

Manfaat asuransi jiwa

Manfaat asuransi jiwa tidak hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri tapi juga oleh keluarga. Salah satunya adalah asuransi jiwa bisa menjamin masa depan keuangan keluarga.

Jika kita sebagai pencari nafkah utama tidak bisa bekerja lagi, manfaat asuransi jiwa bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seenggaknya, keluarga kita bisa memiliki waktu untuk membangun kembali kondisi keuangan seperti sebelumnya.

Sebagai bentuk #LoveLife untuk diri dan orang terkasih, asuransi jiwa bisa dipertimbangkan untuk dimiliki.

Cara memilih produk asuransi yang tepat

Sampai bagian ini, kita telah cukup sadar akan manfaat asuransi jiwa. Tantangan selanjutnya adalah memilih produk asuransi yang tepat. 

Kita nggak boleh sembarang membeli dan menyetujui produk asuransi hanya karena kenal dengan yang menawarkan tanpa betul-betul memahami produk yang ditawarkan.

Berikut beberapa hal yang bisa dipertimbangkan ketika memilih asuransi:

1. Memilih dan memilah perusahaan asuransi terbaik

Ada banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi. Satu hal yang perlu digarisbawahi bahwasanya segala perusahaan keuangan di Indonesia wajib terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jadi pastikan perusahaan tersebut telah terdaftar di OJK. Dan itu merupakan syarat mutlak!

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah soal reputasi. Kita bisa googling dan mencari informasi tentang reputasi perusahaan tersebut dalam mengelola asuransi. Mulai dari lama operasi perusahaan, berita-berita yang positif, sistem dan cara kerja perusahaan, serta pengalaman nasabah lain.

Secara teknis, kita juga bisa ngecek Risk Based Capital (RBC) dari sebuah perusahaan asuransi.

RBC sendiri adalah metode pengukuran atau penilaian batas dari tingkat solvabilitas untuk mengetahui tingkat kesehatan dari kondisi keuangan sebuah perusahaan asuransi. Semakin tinggi RBC, artinya keuangan perusahaan tersebut semakin sehat.  

OJK sendiri menetapkan rasio RBC minimal 120%. Artinya perusahaan asuransi harus memiliki aset bebas (aset yang tersisa setelah memenuhi kewajibannya) minimal sebesar 120% dari nilai risiko yang dihadapinya.

Jadi perlu sekali memilih perusahaan asuransi yang rasio RBC-nya lebih dari atau sama dengan 120%. 

2. Pahami pilihan produk asuransi dengan cermat

Selain reputasi perusahaan, hal lain yang perlu kita pahami adalah produk asuransi sendiri. Satu perusahaan pun bisa menawarkan produk yang berbeda-beda.

Kita bisa bandingkan soal manfaat dari produk asuransi yang ditawarkan dan sesuaikan dengan tujuan kita. Cek dengan baik, jangan sampai keliru memilih. Niat hati ingin proteksi jiwa tapi malah membeli asuransi rumah. Xixix

Aspek lain yang penting untuk dicermati adalah mekanisme dan jumlah iuran. Cari yang mudah didapat atau bisa dibeli online. Soal jumlah iurannya, sesuaikan dengan kemampuan keuangan kita. 

Dan tak boleh dilupakan adalah soal proses klaimnya. Karena bagaimana pun juga sebagian besar produk asuransi jiwa akan cair jika ada klaim dari ahli waris. 

#LengkapiCintadanKebaikan dengan Astra Life Syariah

Berdasarkan parameter yang sudah dijelaskan, saya merekomendasikan Astra Life sebagai pilihan asuransi terbaik. Kenapa?

Secara reputasi, #AstraLife sebagai bagian dari Grup Astra sudah memiliki pengalaman panjang di dunia asuransi mulai dari 2014. Serta sudah terdaftar di OJK.

Pertumbuhan Astra Life pun termasuk signifikan. Per September 2022, Astra Life memiliki total aset mencapai Rp.7,54 triliun dengan RBC sebesar 268%. [2]

Dari sisi variasi produk, Astra Life juga memiliki keragaman produk serta telah meluncurkan asuransi syariah yang dikelola sesuai dengan prinsip syariah Islam lewat Astra Life Syariah.

Berikut beberapa produk Astra Life Syariah yang bisa dijadikan pilihan:

1. Flexi Life Syariah

Manfaat Flexi Life Syariah/ilovelife.co.id

Flexi Life Syariah adalah salah satu jenis asuransi murni dari #AstraLifeSyariah yang memberikan perlindungan asuransi terhadap risiko meninggal dunia.

Adapun manfaat santunan tutup usia yang didapatkan dari Flexi Life Syariah hingga sebesar 2 milyar tanpa cek medis. Apabila meninggal dunia karena kecelakaan, manfaat santunan yang didapat 2x lipat atau 200%.

Asuransi ini juga mencakup perlindungan meninggal dunia yang disebabkan karena covid-19.

Berapa besar kontribusinya? Saya mencoba kalkulator simulasi Flexi Life Syariah dengan manfaat santunan sebesar 500 juta rupiah dan mulai di usia saat ini. Hasilnya saya hanya perlu berkontribusi sebesar 170 ribuan saja per bulannya.

Kamu juga bisa menghitung kontribusi kamu dengan mencoba kalkulator simulasi di https://ilovelife.co.id/products/product-life-syariah/6448

Selain mencoba kalkulator kontribusi, kamu juga bisa langsung membeli Flexi Life Syariah secara online di halaman web tersebut.

Hasil mencoba kalkulator kontribusi Flexi Life Syariah/ Raja Lubis

2. ASLI Asya Proteksi Syariah

Apabila kamu menginginkan manfaat perlindungan menyeluruh mulai dari jiwa, terminal illness, hingga cacat total dan tetap, Astra Life Syariah menyediakan produk ASLI Asya Proteksi Syariah.

Selain itu ASLI Asya Proteksi Syariah juga memperluas manfaatnya dengan manfat mudik lebaran. Dengan asuransi ini, peserta akan mendapat tambahan manfaat maksimum sebesar 50% jika meninggal dunia pada saat mudik lebaran.

Sedikit berbeda dengan Flexi Life Syariah, ASLI Asya Proteksi Syariah ini adalah asuransi jenis unit link (yang dikaitkan dengan investasi).

Jadi, peserta akan mendapatkan 100% nilai dana, jika peserta yang diasuransikan masih hidup sampai tanggal berakhirnya polis.

Selain itu, terdapat bonus loyalitas awal tahun polis ke-11 dan ke-16 masing-masing sebesar 25%. Serta tambahan booster investasi 3% mulai awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis.

3. AVA iFamily Protection Syariah

Produk asuransi lain yang dimiliki Astra Life Syariah adalah AVA iFamily Protection Syariah.

Asuransi  jenis ini memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU.

AVA iFamily Protection Syariah juga memberikan tambahan manfaat berupa manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umrah serta mudik lebaran.

Apabila kamu sudah berkeluarga, AVA iFamily Protection Syariah adalah asuransi yang pas untuk perlindungan keluarga. Apalagi Astra Life Syariah memberikan diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai peserta tambahan yang diasuransikan dalam satu polis.

Belum lagi biaya kontribusinya pun cukup terjangkau mulai dari Rp90.000,- per bulan.

Untuk mendapatkan AVA iFamily Protection Syariah bisa mengunjungi cabang PermataBank terdekat. Atau klik button di bawah ini untuk info lebih lanjut.

Astra Life Syariah Asuransi Syariah Bikin Tenteram

Saya sendiri merasa lebih aman, nyaman, dan tenteram ketika menggunakan produk. Mungkin kamu masih bingung bagaimana pengelolaan asuransi syariah. Yuk lanjut!

Bagian atas tulisan ini menyoal tentang transfer risk yakni memindahkan risiko kita ke perusahaan asuransi. Itulah konsep yang dipakai oleh asuransi konvensional.

Sementara prinsip syariah menggunakan konsep sharing risk, yakni para peserta memiliki tujuan yang sama untuk tolong menolong. Dengan kata lain, setiap peserta berkontribusi untuk menolong peserta lain dalam kebajikan ketika terjadi risiko di antara peserta.

Prinsip dasar asuransi syariah/ilovelife.co.id

Dalam asuransi syariah juga dikenal istilah Surplus Underwriting

Sederhananya, Surplus Underwriting adalah selisih lebih dari pengelolaan dana kolektif yang telah dikurangi oleh pembayaran santunan, reasuransi, dan cadangan teknis, yang dikalkulasi dalam satu periode tertentu.

Kalau dalam transaksi jual beli, Surplus Underwriting bisa diibaratkan sebagai keuntungan.

Nah keuntungan ini dibagi ke peserta sesuai dengan aturan yang ada dan produk yang telah disepakati sebelumnya.

Sementara dalam asuransi konvensional tidak mengenal Surplus Underwriting. Alias keuntungan underwriting asuransi konvensional menjadi milik perusahaan asuransi dan tidak dibagikan ke peserta.

Satu hal lain yang bikin tenteram dengan asuransi syariah adalah adanya Dewan Pengawas Syariah yang salah satu tugasnya memastikan segala transaksi dan operasional berjalan dengan prinsip syariah. 

Pada prinsipnya, perbedaan utama antara syariah dan konvensional terletak pada akad dan pengelolaan dananya


Gimana, gimana? Apakah sudah mendapat pencerahan mengenai asuransi syariah dan pentingnya dalam kehidupan kita?

Terus update informasi terbaru mengenai Astra Life Syariah dengan mengunjungi web astralife.co.id dan ilovelife.co.id

Dan coba tanya-tanya saja apapun yang ingin kamu tahu tentang Astra Life Syariah melalui live chat di webnya. Insya allah mereka melayani dengan hati.

Atau bisa juga dengan klik, follow, dan mention instagram @ilovelife.co.id @astralifeid. Dan jadikan Astra Life becoming Life Insurer of The Future.

Post Reference:
[1] https://kbbi.web.id/asuransi
[2] https://www.astralife.co.id/tentang-astra-life/

https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/Pages/Asuransi.aspx

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

26 comments

  1. Saat keluar rumah bawa motor, seringnya saya pakai helm. Selain mematuhi syarat berkendara, juga biar aman. Aman untuk diri sendiri dan keluarga. Kalau sekarang juga sering pakai kacamata hitam biar sinar matahari gak langsung ke mata. Harus ada mitigasi resiko biar sehat walafiat.
    1. Nice sharing Kang Amir.
  2. Memilih asuransi jiwa harus betul-betul memahami detail oerusahaan asuransi, produk dan portofolionya. paling penting juga memastikan sudah terdaftar di OJK,
    1. Wajib. Biar nggak terjadi salah pengertian yang malah menimbulkan kerugian di kemudian hari.
  3. Ah iya... Smartphone aja diproteksi dicasingin supaya kalau jatuh engga kenapa-kenapa, masa jiwa kita sendiri engga... Jleb banget...
    1. Yuk mulai proteksi diri.
  4. Banyak sekali manfaat dari asuransinya, semoga kita selalu diberikan kesehatan ya kak
    1. Aaamiin YRA.
  5. Produk2 dari astra life syariah menarik semuanya nih. Apalagi ada yg iuran bulanannya termasuk terjangkau. Bisa jadi pilihan untuk yg pengin ikut asuransi.
    1. Boleh dipertimbangkan sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.
  6. asuransi tuh salah satu landasan dasar keuangan sih ya, biar kita tetap secure meskipun lagi tertimpa musibah
    1. Ya, tiada salahnya mempersiapkan segala kemungkinan yang sudah menjadi risiko kita.
  7. Setuju, semua yang kita lakukan adalah bentuk kecintaan kita terhadap diri. Jadinya memilih asuransi yang sesuai jga lebih baik untuk menjaga diri. Btw, terima kasih rekomendasi asuransi astra life syariah
    1. Sama-sama. Semoga bisa menjadi referensi.
  8. Memilih asuransi jiwa adalah keputusan tepat. Karena kita tidak pernah apa yang akan terjadi selanjutnya.

    Info yang menarik nih. Juga bisa mengedukasi orang yang belum paham bener asuransi.
    1. Terima kasih. Alhamdulillah jika bermanfaat.
  9. Yaps, penting banget lihat keamanan produk keuangan maupun asuransi dengan mengecek daftarnya di OJK
    1. Yaps!
  10. Wah, jujurly aku awam bgt deh masalah asuransi. Takut takut gitu, jadi musti belajar banget. Baca ini jadi lebih ada gambaran gamblangnya ^^ thank you!
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.
  11. beberapa kali ngikutin eventnya astra life udah keliatan banget sih gimana kualitasnya dan banyak pencapaiannya juga. aku juga suka mikir pengen punya asuransi jiwa
    1. Selamat berpikir dan memutuskan.
  12. saya tertarik nih dengan standar dari ojk mengenai angka Risk Based Capital (RBC) dari sebuah perusahaan asuransi. gimana caranya kita bisa tahu ya mengenai angka ini?
    1. Biasanya terdapat di laporan keuangan perusahaan. Bisa dicek di website resminya atau di portal-portal keuangan biasanya ada yang memberitakan.
  13. Harus cermat memang dalam memilih asuransi, yang sudah terdaftar OJK pastinya dan kalau ada yang pakai prinsip syariah bisa nih jadi pilihan asiknya
    1. Yoha, lebih aman dan nyaman tentunya.
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.