Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Cara Terbaru Transfer Saldo m.tix ke Rekening Bank, Mudah dan Cepat

Nonton makin asik di xxi dengan promo m.tix yang kini tersedia berbagai metode pembayaran


Bagi kamu yang hobi nonton, mungkin sudah nggak asing lagi dengan aplikasi m.tix. Sebuah aplikasi pembelian tiket nonton dan makanan & minuman yang dikembangkan oleh Cinema XXI. 

Ya, betul m.tix hanya bisa digunakan di seluruh jaringan bioskop XXI yang saat ini masih menjadi jaringan terbesar di Indonesia. Bisa jadi karena merasa diri masih yang terbesar, aplikasi m.tix ini minim inovasi terutama soal mekanisme saldonya.

Bagaimana mekanisme saldo m.tix?

Jika kita ingin membeli tiket nonton melalui m.tix, kita wajib mengisi saldonya terlebih dahulu. Sejauh yang saya tahu, isi saldo m.tix ini bisa melalui bank BCA, Mandiri, BRI, digibank, Jenius, atau juga di Tokopedia dan Indomaret.

Hanya saja, jumlah saldo yang ditop-up itu nggak bisa bebas seperti e-wallet. Rata-rata minimal 50 ribu rupiah dan berlaku kelipatannya. Serta dikenakan juga biaya administrasi yang beragam.

Mari kita ilustrasikan begini.

Kita akan membeli tiket nonton Avatar sebanyak 3 buah di Braga XXI. Harga per tiketnya adalah Rp. 40.000,-. Dengan mengabaikan biaya transaksi, berarti untuk membeli 3 tiket nonton kita harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 120.000,-.

Nah, karena kita nggak bisa top up sesuai jumlah di atas, mau nggak mau kita harus top up Rp. 150.000,-. Setelah ditransaksikan otomatis saldo tersisa Rp. 30.000,-. Sisa jumlah ini akan mengendap sebagai saldo m.tix.

Seminggu kemudian, kita mau nonton lagi di Braga XXI tapi sendirian. Harga tiket masih sama yakni Rp. 40.000,-. Karena kita punya saldo m.tix sebesar 30 ribu rupiah, logikanya kita hanya kekurangan 10 ribu rupiah saja.

Tapi karena nggak bisa top up 10 ribu rupiah, terpaksa kita isi saldo m.tix dengan denom terkecil Rp. 50.000,-. Saldo kita menjadi 80 ribu rupiah. Dan setelah ditransaksikan dengan membeli satu tiket, saldo m.tix tersisa 40 ribu rupiah.

Setelah itu, bertahun-tahun kita nggak nonton lagi ke bioskop. Lantas berpikir, apakah saldo m.tix bisa dicairkan.

Itulah yang saya pikirkan ketika saldo m.tix saya tersisa sebesar Rp. 131.400,-. Berbulan-bulan bahkan mencapai hitungan tahun saldo tersebut hanya mengendap di m.tix.

Yes, saya tahu karena m.tix ini bukan e-wallet semacam Gopay, Ovo, atau Dana, jadi nggak bisa dicairkan sesuka hati. Pilihannya adalah menggunakan sisa saldo hingga mendapatkan sisa terkecil, setelah itu direlakan.

Tapi, kabar baiknya buat kamu yang masih punya saldo m.tix, kini saldo m.tix bisa dicairkan ke rekening pribadi lho!

Cara transfer saldo m.tix ke rekening pribadi

Belum lama ini m.tix bekerja sama dengan Sakuku sebagai metode pembayaran. Dengan kata lain, jika kita punya akun Sakuku, maka untuk membeli tiket nonton nggak perlu lagi top up saldo m.tix. Cukup isi saldo Sakuku saja. 

Dan karena Sakuku ini cara kerjanya mirip dengan e-wallet, jadi kita bisa top up sesuai dengan harga tiket. Menariknya, saldo yang semula di m.tix pun bisa dipindahkan ke Sakuku. 

Jadi cara pertama agar bisa mencairkan saldo m.tix adalah wajib memiliki akun Sakuku dan daftar Sakuku Plus.

Mulai dengan download dan aktivasi Sakuku

Ada benefit voucher diskon bagi yang aktivasi Sakuku dan m.tix pertama kali/Raja Lubis

Nggak perlu resah dan gelisah, aktivasi Sakuku gampang dan cepat kok. Cukup download aplikasi Sakuku di Play Store/App Store. Setelah itu isi data diri dan nomor handphone. Dan ikuti saja petunjuk selanjutnya. 

Hanya saja, perlu diperhatikan nomor handphone yang digunakan untuk aktivasi Sakuku WAJIB SAMA dengan yang terdaftar di m.tix. Selain itu, saat aktivasi Sakuku mewajibkan kita verifikasi melalui SMS dan harus ada pulsanya.

Cukup isi saja pulsa 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Pengalaman saya, satu kali verifikasi SMS memakan pulsa sekitar 1.200 rupiah.

Hubungkan Sakuku di aplikasi m.tix

Penampakan menu My m.tix di aplikasi m.tix/Raja Lubis

Anggaplah akun Sakuku teman-teman sudah aktif. Setelah itu buka aplikasi m.tix dan pilih menu "My m.tix" yang ada di sebelah kanan bawah.

Apabila belum pernah aktivasi Sakuku, akan ada tulisan ‘Sakuku Activation’ di bagian bawah informasi profil sejajar dengan 'Info Top Up'. Klik saja karena menu tersebut yang akan menghubungkan akun Sakuku dan akun m.tix kita.

Selama nomor handphone sama dan pulsa tersedia, aktivasi Sakuku di m.tix bakal lancar jaya. Dan dalam hitungan detik saja, saldo m.tix kita akan migrasi menjadi saldo Sakuku juga.

Setelah itu cek aplikasi Sakuku. Apabila jumlah saldo sudah terupdate di aplikasi Sakuku, saldo sudah bisa dicairkan alias ditarik ke rekening pribadi.

Transfer saldo Sakuku ke rekening bank

Mutasi migrasi m.tix ke Sakuku dan transfer Sakuku ke BCA/Raja Lubis

Karena Sakuku ini milik bank BCA, jadi sejauh ini baru bisa transfer ke rekening BCA saja. Dan agar bisa melakukan fitur transfer ke rekening, wajib upgrade ke akun Sakuku Plus dengan verifikasi KTP. Tentunya mudah dan tanpa biaya admin. 

And tara …. Saldo saya yang bertahun-tahun berada di m.tix kini sudah mulus mendarat di rekening BCA.


Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman yang saldo m.tix-nya masih tersisa banyak dan ingin dicairkan.

Dan kalau ada pertanyaan, atau masih bingung dengan cara transfer saldo m.tix ke rekening pribadi, jangan ragu tanyakan saja di komentar.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

26 comments

  1. makasih banget kak informasinya. izin buat bookmark dan share yaa
    1. Sama-sama, silakan.
  2. Wah semakin mudah ya sekarang untuk urusan transfer saldo mtix sudah itu bisa langsung ke bank lagi kepo deh pengen coba
    1. Wah silakan dicoba
  3. wah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dmk juga dengan aplikasi mtix yang bersisa bisa ditransfer ke rekening, mrupkan solusi terbaik.
    1. Yupz!
  4. Walaupun saya ga pakai aplikasi mtix, informasi ini bermanfaat sekali. dan saya baru tahu kalo sakuku itu satu grup sama BCA. untung ya akhirnya saldo mtix nya ga ngendap percuma lagi deh hehe
    1. Yoha, bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya sekarang.
  5. Meskipun saya nggak pernah pakai mtix informasinya sangat membantu untuk memindahkan saldo dari mtix ke sakuku, udah lama banget saya nggak nonton bioskop lagi.

    (Alya)
    1. Yuk #KembaliKeBioskop
  6. Wah makasih Mas infonya. Jujur saya udah lama nggak pake M-Tix. Terakhir nonton Agustus lalu, itu pun beli langsung hehe. Tapi dengan adanya layanan transfer rekening ini jadi memudahkan buat siapa aja yang mau pake sisa duitnya ya
    1. Sama-sama. Emang kadang enak beli langsung sih. Kecuali nggak mau antre apalagi kalau bioskopnya lagi ramai.
  7. Saya malah belum pernah pakai mtix maklum nonton juga jarang karena di desa hahahha. Tapi informasi ini bermanfaat sekali, jadi pengen nyoba-nyoba juga nantinya.
    1. Terima kasih, senang jika bermanfaat.
  8. Saya baru tahu Mtik dari postingan ini lho. Selama ini belum pernah baca infonya. Makasih sharingnya Kak.
    1. Sama-sama.
  9. Untung dikasih tahu nih sama Bang Raja bahwa nomor HP kudu sama. Soalnya urusan yang mungkin terlihat sepele begini, malah yang bikin gak sukses (#jadicurcol 😁)
    1. Haha, ujung2nya protes padahal yang salah user hehe.
  10. Bagus nih akhirnya ga ada uang ngendap ya. Jadi bikin org nonton ga ribet juga malah
    1. Nah!
  11. Dulu suka pakai MTIX buat beli tiket tapi ga tau kalau bisa ditransfer lagi. Soalnya pernah ngisi kebanyakan, ya akhirnya buat nonton lagi. Sekarang bisa ditransfer e bank lagi ok banget
    1. Sebelumnya memang nggak bisa. Baru - baru ini saja m.tix kerjasama dengan Sakuku, jadi bisa diakalin.
  12. Oh ternyata bisa ya? saya itu belum pakai aplikasi MTix karena jujur jarnf nonton hehehe, jd di unduh pas mau beli saja. thanks ya infonya jd klo ada saldo lebih d mtix bs di kembalikan ke rekening
    1. Ya, sekarang kalau mau nonton sesekali pakai m.tix nggak usah top-up. Hubungkan dengan akun Sakuku/Gopay saja, jadi nggak ada cerita kelebihan lagi.
  13. Asyik nih kalau bisa di transfer ke rekening. Jadinya nggak ada lagi saldo mengendap yang sia-sia.
    1. Ya.
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.