Menikmati Delapan Rasa Siliwangi Bolu Kukus, Sumpah Raos Pisan!



Kurang lebih tiga bulan yang lalu, dari negeri yang disebut kota Hujan, sayup-sayup terdengar kehebohan luar biasa. Bahkan kehebohan itu terdengar hingga kota Kembang. Ya, Bogor yang dikenal juga dengan kota seribu angkot, punya kuliner terbaru yakni Siliwangi Bolu Kukus (SBK).

Kehebohan SBK mampu menggemparkan masyarakat Bogor terutama di sekitar empat titik lokasi store SBK. Memulai store pertamanya di Stasiun Bogor, SBK langsung diserbu masyarakat terlebih dibarengi dengan berbagai promo menarik.

Sukses di Stasiun Bogor, SBK melebarkan sayap ke tiga titik strategis lain yakni Jalan Baru, Puncak, dan Baranangsiang. Kini lengkaplah sudah, SBK bisa ditemui dengan mudah oleh masyarakat Bogor dan sekitarnya.

Lalu, bagaimana dengan aku, kamu, dan kalian yang tinggal di Bandung? Sabar! SBK ternyata sudah buka di Bandung. Tapi, mari kita simak dulu sejarah awal mula SBK ini hadir.

Kuliner Berlatarkan Sejarah Pasundan.

Suasana dalam ruangan SBK Store Bandung

SBK yang diproduksi oleh CV. Boga Karya Siliwangi ini memiliki tujuan melestarikan budaya Bumi Pasundan melalui wisata kuliner yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Muhammad Faizal Chaniago, selaku Direktur CV. Boga Karya Siliwangi, dalam pembukaan Store Stasiun Bogor mengatakan, “Hari ini kami memperkenalkan kepada masyakat suatu bentuk karya yang mengangkat nilai sejarah dan nilai kearifan lokal, dimana hasil karya tersebut kami beri nama Siliwangi Bolu Kukus (SBK). Itulah mengapa nama ‘Siliwangi’ lebih ditonjolkan pada kemasannya karena inilah nama yang begitu melekat dengan Bumi Pasundan".

Mengapa Siliwangi? Nama Siliwangi berasal dari kata ‘Silih’ dan ‘Wawangi’. Menilik dari sejarahnya, Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja yang memerintah Kerajaan Sunda Galuh dianggap sebagai pengganti kakeknya, Niskala Wastu Kancana, yang bergelar Prabu Wangi. Sri Baduga dianggap mempunyai kekuasaan yang sama besarnya dengan kakeknya, sehingga beliau pun dikenal sebagai Prabu Siliwangi. ‘Silih Wawangi’ juga menjadi kesatuan dari semboyan Prabu Siliwangi, ‘Silih Asih Silih Asah Silih Asuh Silih Wawangi’.

Maknanya, setiap manusia itu harus saling mengasihi seperti seorang ibu yang memberikan air asi pada bayi yang baru lahir. Saling mengasah agar lebih berdaya guna dalam kehidupan, dan tentu saja saling mengasuh. Kemudian ditutup bahwa manusia itu harus saling memberikan hal yang positif.



Dan dari filosopi itulah, Faizal menyatakan visi misi perusahaannya tercipta. Misinya adalah
  1. Dari Indonesia, oleh Indonesia, dan untuk Indonesia;
  2. Menciptakan produk yang berdaya saing dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia;
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan proses berdasarkan filosofi-filosofi Ketuhanan dan keilmuan serta teknologi;
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Semua itu kemudian mengerucut pada budaya sehat, sejahtera, bahagia, kearifan lokal, dan humanis.

Gimana, keren 'kan? Dan bertambah pula pengetahuan kita tentang sejarah Siliwangi.

Launching Store Bandung

Suasana depan SBK Store Bandung, sebelum promo dimulai

Sebagai oleh-oleh Bumi Pasundan, maka tak lengkap rasanya jika SBK hanya ada di kota Bogor. SBK pun melebarkan sayap lebih jauh, dan Bandung menjadi pilihan pertama sekaligus menjadi store kelima yang dimiliki SBK.

Launching SBK Store Bandung dilaksanakan pada Sabtu, 25 Januari 2020. Dan untuk memanjakan para pengunjungnnya SBK beri promo menarik yakni Buy 1 Get 2 Free. Artinya bayar 1 dapat 3 box. Dan harganya hanya Rp. 27.500/box. Itu artinya satu boxnya nggak sampai sepuluh ribu rupiah.

Demi promo inilah, saya rela bangun pagi-pagi. Padahal hari Sabtu biasanya adalah jatahnya cucian dan setrikaan, hehe. Tapi ya sudah, kapan lagi ada promo semenarik ini.



Saya sudah tiba di lokasi SBK Store Bandung yang beralamat di Jalan Moh. Toha No. 145 ini pada pukul delapan pagi. Saya kira saya paling pagi, tapi rupanya sudah ada Dedew dan Adrian di sana, Jadilah saya no. 3 saja.

Sebetulnya promo baru dimulai pada pukul 10.00 hingga 13.00 WIB untuk sesi pertama, dan sesi kedua pada pukul 16.00 - 19.00 WIB. Dan masing-masing sesi hanya dibatasi untuk 500 pengunjung pertama, dan tidak berlaku kelipatan.

Buat saya ini cukup adil karena setiap orang yang mengantre hanya bisa mendapatkan promo satu kali, dan jika ingin membeli lagi maka harus antre ulang.

Pukul sembilan pagi, antrean memang belum panjang. Tapi warga yang lalu lalang di sekitar banyak yang penasaran karena banyak juga karangan bunga ucapan selamat di depan store. Dan lima belas menit setelah itu, warga mulai berdatangan dan mengantre hingga ke luar jalan. Tapi saya salut, karena antrenya bisa sangat tertib mengikuti arahan petugas, dan juga tidak sampai mengganggu lalu lintas.





Delapan Rasa SBK yang Raos Pisan


Sesuai dengan misinya sebagai oleh-oleh Bumi Pasundan, SBK pun mencari varian rasanya yang memang mencirikan khas tanah Pasundan. Saat ini SBK punya delapan varian rasa yang bisa dinikmati. Adalah Alpukat Mentega, Kopi Bogor, Susu Lembang, Brownies Coklat, Ketan Kelapa, Ubi Cilembu, Talas Bogor, dan Stroberi Ciwidey.

Kedelapan rasa itu saya urutkan berdasarkan yang saya suka ya. Saya sudah mencoba semuanya, dan dua favorit saya jatuh pada Alpukat Mentega dan Kopi Bogor. Bahkan konon katanya, rasa Alpukat Mentega ini jadi best seller di SBK. Bisa jadi karena rasa ini jarang diproduksi oleh perusahaan sejenis, sehingga membuat penasaran. Tapi memang rasa itu yang paling raos (baca: enak) menurut saya.



Oleh karena itu, saat promo saya mengambil 2 Alpukat Mentega dan 1 Kopi Bogor. Satu box untuk dihabiskan sendiri, dua box lainnya saya kirim ke rumah untuk dimakan oleh keluarga. Karena menurut Tegar Pranata, Manager SBK, promo Buy 1 Get 2 Free ini dimaksudkan agar banyak warga Bandung yang merasakan kenikmatan SBK, berbagi kebahagiaan dengan teman, kolega, dan keluarganya.

Namun memang promo Buy 1 Get 2 Free ini hanya saat pembukaan store saja. Tapi untuk warga Bandung tidak perlu khawatir karena sampai akhir bulan ini yakni 31 Januari 2020, SBK Store Bandung masih punya promo menarik yakni Buy 2 Get 1 Free. Jadi bayar 2 box tetap bisa membawa pulang 3 box. Untuk syarat dan ketentuan lengkapnya silakan kepo dan follow akun IG @siliwangibolukukus ya.




No comments

Powered by Blogger.