Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Ngabuburit Bareng Blogger Bandung dan ASUS Zenbook Pro 14 OLED

Zenbook Pro 14 OLED laptop ASUS yang ringkas, ringan, dan powerful. Dilengkapi dengan kualitas layar terbaik, cocok untuk para pekerja kreatif

Setelah sekian purnama, alhamdulillah bisa ngumpul ngariung lagi bareng Blogger Bandung pada hari Minggu, 17 Maret 2024. Tentunya ngumpul bukan sekadar ngumpul, tapi sekalian silaturahim, ngabuburit, dan buka puasa bersama.

Alhamdulillah-nya lagi, cuaca Bandung yang biasanya hujan, saat itu cerah membahana. Berangkat pukul 14:45 WIB dari Buah Batu menuju daerah Dago. Tepatnya di ITB Press Store, Jalan Ganesha No. 15, yang jadi lokasi kegiatan.

Tiba di lokasi tepat pas azan Asar berkumandang. Saya sempatkan untuk salat Asar terlebih dahulu sebelum acara dimulai.

"Ja, agak kurusan ya?"

Itulah pertanyaan atau reaksi pertama kali dari beberapa blogger Bandung yang sudah berbulan-bulan tidak bertemu. Kali ini saya mengamini. Memang ada penurunan berat badan sekitar 10 kilo dari November 2023 hingga Februari 2024.

Nggak ada diet-dietan. Saya sendiri mulai ngeh saya kurusan, setelah orang tua, temen kost, banyak yang bilang begitu. Terus iseng-iseng bongkar pakaian lama, ternyata bisa kepakai lagi dengan nyaman.

Termasuk kemeja biru putih lengan pendek yang saya pakai ke acara ngabuburit ini, adalah kemeja yang saya pakai khusus waktu nge-MC acara diskusi film di tahun 2017.

Baiklah lupakan soal badan kurus ini, seraya berdoa yang penting senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT agar tetap bisa beraktivitas dan produktif.

Bang Aswi membuka acara/doc. panitia

Ngabuburit kali ini tidak hanya bareng Blogger Bandung tapi juga bareng salah satu merk laptop ternama, ASUS.

Acara dibuka dan dipandu langsung oleh Bang Aswi, sesepuh #bloggerBandung yang juga salah satu bagian dari BLUS (BLogger asUS). 

Dan saya baru tahu ternyata ASUS ini memang punya blogger khusus yang menjadi kepanjangtanganan perusahaan untuk event-event ASUS yang diselenggarakan di daerah.

Buat saya ini strategi yang menarik, mengingat ASUS ini termasuk perusahaan yang sering berinovasi dan rutin meluncurkan produk baru. Ditambah ASUS juga termasuk yang rutin menyelenggarakan lomba blog yang berhadiah produk mereka sendiri.

Sehingga keberadaan BLUS sebagai penghubung antara perusahaan dan masyarakat (pengguna) menjadi sangat penting. 

Dalam kesempatan sesi bincang santai, Bang Aswi memberikan kode alias tips supaya menang lomba khususnya untuk kompetisi ASUS.

Walau pada dasarnya selera juri adalah mutlak, Bang Aswi mengatakan rata-rata tulisan pemenang adalah tulisan yang lengkap terutama terkait penjelasan spesifikasi produk. Selain itu juga punya cerita pendukung yang sifatnya unik dan personal.

Nggak lupa juga materi pendukung seperti foto, infografis, dan video menjadi elemen yang bisa menambah penilaian.

Ngoprek ASUS Zenbook Pro 14 OLED

Semoga kesampaian punya laptop 35 jutaan ini/doc ASUS

Nggak lengkap rasanya jika ngabuburit bareng ASUS tanpa ngoprek produknya. Sudah tersedia salah satu produk baru mereka yakni laptop ASUS Zenbook Pro 14 OLED yang bisa dirasakan langsung penggunaannya.

Untuk menghemat waktu, Blogger Bandung dibagi ke dalam 5 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang. Dan saya kebagian yang pertama untuk nyoba Zenbook Pro 14 OLED ini.

Laptop yang ringan, ringkas, dan super powerful

Terdapat monogram yang menjadi ciri khas ASUS/doc. ASUS

Digadang-gadang sebagai laptop yang ringan dan ringkas, ternyata bukan slogan semata. Ketika saya bawa laptop tersebut keluar ruangan, memang terasa ringan dan ringkas. Mudah sekali dibawa ke mana-mana.

Hal ini berkat ukuran bodi 14 inci dan juga didukung oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™ i9-13900H dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070. Untuk urusan memori, Zenbook Pro 14 OLED dibekali dengan SSD PCIe 4.0 berkapasitas 1TB dan RAM DDR5 berkapasitas 16GB yang masih bisa di-upgrade.

Kehadiran chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070 pada Zenbook Pro 14 OLED tidak hanya berfungsi untuk mempercepat proses rendering saja. Melainkan juga dapat digunakan untuk analisis proses deep learning pada AI (Artificial Intelligence).

Tentunya dengan fitur ini, Zenbook Pro 14 OLED sangat cocok digunakan oleh para programmer yang membutuhkan mesin komputasi ringkas dan powerful. Ditambah dengan NVIDIA Studio Driver, pengguna bisa mendapat kepastian kinerja dan stabilitas maksimal.

Kualitas layar yang menghasilkan visual terbaik

Nonton youtube dapat visual terbaik/doc. panitia

Salah satu pertimbangan saya ketika memilih laptop adalah layarnya. Karena bagaimanapun juga kualitas layar laptop akan sangat mempengaruhi kinerja dan juga kesehatan mata.

Soal itu saya nggak perlu khawatir ketika menggunakan Zenbook Pro 14 OLED. Laptop ini menggunakan layar ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi oleh TÜV Rheinland yang menjamin penggunaan yang nyaman tanpa merusak kesehatan mata.

Selain itu, layar ASUS Lumina OLED juga mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk reproduksi warna yang akurat. Sehingga wajar saja jika layar yang beresolusi 2.8K 120Hz ini menawarkan pengalaman visual terbaik dengan gambar lebih jernih dan detail dibanding layar laptop pada umumnya.

Yang menarik, profil warna pada layar Zenbook Pro 14 OLED juga dapat diubah dengan mudah. Pengguna dapat memilih pengaturan warna mulai dari sRGB atau DCI-P3 sesuai dengan kebutuhannya.

ASUS juga menyediakan berbagai fitur yang dapat mengurangi risiko terjadinya efek burn-in pada layar Zenbook Pro 14 OLED (UX6404), seperti fitur pixel refresh dan pixel shift yang bisa diatur langsung di aplikasi MyASUS.

Sangat cocok untuk content creator dalam memaksimal kreativitasnya

Mari tetap kreatif bersama Zenbook Pro 14 OLED/doc. panitia

Selain perhatian pada performa dan layar, Zenbook Pro 14 OLED juga dibekali dengan sistem audio mumpuni dan desain laptop yang dirancang khusus untuk para kreator.

Nggak tanggung-tanggung, sistem audio yang digunakan telah disertifikasi Harman Kardon, diperkuat oleh teknologi Smart AMP, serta didukung oleh Dolby Atmos untuk pengalaman audio terbaik.

Dilengkapi juga dengan teknologi ASUS AI noise-cancelling yang bisa memastikan audio yang diterima dan dikirim saat melakukan conference call tetap jernih, bahkan saat pengguna berada di situasi yang sangat bising.

Selain itu, terdapat juga kamera IR FHD untuk login melalui sistem pemindai wajah Windows Hello, dan ASUS DialPad yang diperbarui untuk kontrol sentuh intuitif yang telah kompatibel dengan berbagai aplikasi kreatif.

Belum lagi fitur Keyboard ASUS ErgoSense juga memudahkan pengguna #ZenbookPro14OLED saat mengetik. Berkat desain tombol khusus yang dilapisi lapisan anti-sidik jari dan hidrofobik, pengalaman mengetik di laptop ini dipastikan mudah dan nyaman.

Soal konektivitas, Zenbook Pro 14 OLED nggak melupakannya. Port Thunderbolt™ 4 USB-C hadir sebagai port seba guna yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas.

Selain itu, Zenbook Pro 14 OLED juga didukung oleh port HDMI 2.1, USB 3.2 Gen 2 Type-C dan Type-A, SD card reader, dan combo audio jack, memastikan seluruh perangkat pendukung kreativitas dapat terhubung tanpa terkecuali.

Konektivitas super lengkap/doc. ASUS

Untuk spesikasi lengkap dari Zenbook Pro 14 OLED bisa dilihat di tabel berikut ini:

Main Spec. 

Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) 

CPU 

Intel® Core™ i9-13900H Processor 2.6 GHz (24MB Cache, up to 5.4 GHz, 14 cores, 20 Threads) 

Operating System 

Windows 11 Home 

Memory 

16GB LPDDR5 

Storage 

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD 

Display 

14.5-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2280 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker 

Graphics 

Intel® Iris® Xe Graphics 

NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 Laptop GPU 

Input/Output 

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery, 1x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, SD 4.0 card reader 

Connectivity 

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5 

Camera 

FHD camera with IR function to support Windows Hello 

Audio 

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified 

Battery 

76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion 

Dimension  

32.18 x 22.33 x 1.79 ~ 1.79 cm 

Weight 

1.6 Kg 

Colors 

Black 

Price 

Rp35.999.000 

Warranty 

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty 

Bukber bareng blogger Bandung dan ASUS

Azan Magrib telah berkumandang tandanya waktu berbuka puasa telah tiba.

Di hadapan saya sudah tersedia 1 paket makanan berat dengan kemasan yang unik, 1 botol air mineral, 1 gelas jus alpukat, 1 buah puding, 1 paket makanan ringan (lontong, pastel, dan risol), dan 1 paket batagor.

Bingung 'kan mau batalin dengan menu yang mana dulu?

Ya walau bingung, pilihan pertama adalah air mineral. Kemudian dilanjut dengan lontong, pastel, dan risol. Sementara sisanya saya bawa pulang saja untuk dimakan setelah Isya atau tarawih.

Konsep buka puasa seperti ini terasa lebih intimate jika dibandingkan dengan cafe atau hotel. Nggak perlu rebutan musala untuk salat Magrib, dan tidak banyak terganggu oleh lalu lintas pengunjung lainnya.

Apalagi menu yang disajikan dibeli dari 5 UMKM yang berbeda. Secara tidak langsung, kegiatan ini sudah mendukung keberadaan UMKM lokal dan insya allah menjadi berkah.

Yeay, saatnya berpisah. Sebelum pulang saya sempatkan dulu salat Magrib di musala ITB Press Store.

Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

18 comments

  1. Wii keren banget. Community marketing nya jalan juga yah dan ada yang spesifik ke blogger. Itu acaranya untuk umum kah mas?
  2. Asus Zenbook Pro 14 OLED, laptop incaran. Semoga tahun ini bisa segera memilikinya. Makasih sharingnya mas. Seneng klo komunitas blogger di daerahnya kompak dan aktif. Salam dari Karawang
  3. Saya malah salah fokus sama kualitas tulisannya. Menulis niche tech seperti ini tidak mudah menurut saya. Tapi saya merasakan tulisan bapak benar-benar mengalir dari awal sampai akhir. Saya benar-benar kagum.
  4. Ngabuburit bersama blogger Bandung dan Asus Zenbook Pro 14 OLED menawarkan pandangan menarik tentang acara yang pasti menarik minat para pembaca.
  5. Buat content creator memang penting banget tuh yang namanya alat tempur. Saya masih nyaman dengan Asus Vivobook yang saya beli setahun yang lalu. Btw, seru juga yaa bisa ngumpul bareng blogge lainnya.
  6. Walopun ga bisa ikut hadir di acara bukber bareng blogger Bandung dan ASUS tempo hari, saya seneng banget bisa baca 'oleh-oleh'nya via tulisan Raja ini.

    Saya setuju kalo acara bukber bersama teman-teman akan terasa lebih hidmat apabila diadakan di tempat yang nyaman (tidak terlalu ramai dan tersedia mushola untuk sholat).

    Acung jempol juga buat ASUS yang selalu inovatif dan selalu berkolaborasi teman2 dari komunitas blogger untuk setiap launching produknya. Sukses selalu buat ASUS
  7. Wuih keknya acaranya seru banget ya. If only saya bisa ikutan juga keseruan ini
  8. Halo mas, kebetulan aku di Bandung nih. Ada komunitasnya ya emangnya? pengen join juga. Kayanya seru acaranya
  9. Bukber bareng temen-temen kali ini emang beda..
    Aku juga suka bukber kemarin.. Lebih intimate dan quality time nya dapet, bisa ngobrol santay ngalor ngidul, sharing tuker ide, cerita2 haha hihi... sederhana tapi hangat..

    Part favoritnya selain makan bukber yang seabrek yaa 'nyicipin' pake laptop super ringkas tapi bertenaga ASUS Zenbook Pro 14 laptop impian kita semua hahaha..
  10. Kalau melewatkan waktu ngabuburit bersama teman-teman blogger apalagi ada event begini waktu jadi tak terasa, yaa.
  11. Seneng banget ya, Kak akhirnya bisa ketemuan lagi ama temen-temen blogger. Ngabuburit sekalian ngebahas speknya laptop Asus Zenbook pro 14 yang stylish, powerfull dan speknya oke.
  12. Ngabuburit bareng ASUS pastinya seru sekalee deh,bang. Bisa coba juga produknya nih dan semoga bisa miliki nantinya deh si ZenBook Pro 14 ini. Sebagai kreator yang banyak berkutat dengan laptop sangat tertarik donk.
  13. Senengnya langsung hands on si Zenbook-nya nih Bang Raja.
    Dari langsung mengenali lebih dalam laptop Asus inj, jadi turut merasakan ya, bahwa inovasi Asus memang selalu kreatif dan up to date
  14. Unik banget ngabuburitnya, bareng Asus donk ya Allah keren.
    Sebagai pengguna setia Asus sejak tahun 2009, produk Asus emang oke punya. Selain inovatif, punya performa yg keren trus juga tangguh, asli.
  15. Seru banget ngabuburit dengan kenalan sama Asus Zenbook ini! Asli Asus itu merk yang aku kagumi karena inovasinya jalan terus. Istilah di dunia teknologi "cut edge innovation"
  16. Wah seru banget ya, kak bisa ngabuburit sekalian nyobain laptop Asus terbaru. Pastinya jadi pengen punya 1 ya setelah nyobain laptopnya
  17. Asyik yah bisa ngumpul dengan orang-orang yang sama passion-nya. Exciting banget pastinya. Solid banget kayanya komunitas blogger Bandung. Jadi ngiri.. Aku gal pernah diundang komunitas Blogger di kotaku, walau kutahu sepertinya ada. Mungkin karena blogku masih terlalu receh.. Hihihihiiiii
  18. Wah asyiik banget ngabuburitnyaa yaakk
    Btw Asus Zenbook Pro 14 OLED ini memang laptop andalan banget ya. Aku pengen juga punya laptop ini, sudah cakep handal lagi buat kerja ya
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.