Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Cara Terbaik Servis Motor Agar Awet dan Nyaman Digunakan

Servis motor perlu dilakukan secara rutin agar motor lebih awet dan nyaman saat digunakan
Berjalan di tepi sawah, tertiup angin berhembus, sejukkan hati damaikan diri, melihat hijau”.

Selalu ada rasa bahagia kalau menyatu dan menyelami keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Sejenak rehat dari suasana hiruk pikuk pekerjaan dan kehidupan ramai, ‘momotoran’ di sepanjang sawah.

Eh lagi enak-enaknya, tiba-tiba motor mogok. Ini sih kebiasaan buruk saya ya. Kalau memiliki sesuatu itu jarang sekali memerhatikan soal servis atau pemeliharaannya. Baru kepikir buat servis kalau sudah ada kerusakan parah.

Apalagi untuk motor, servis rutin itu diperlukan agar performa dan kinerjanya tetap awet serta bisa membantu aktivitas sehari-hari.

Tapi tentunya, untuk servis motor kita nggak boleh sembarangan. Alih-alih berharap motor kita jadi lebih baik, eh malah bertambah buruk kondisinya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan ketika servis motor:

1. Tahu dan ngerti bagian apa saja yang wajib dicek

Selain soal kerusakan parah, biasanya saya malas servis itu ya karena nggak tahu apa saja bagian yang perlu dicek untuk dilakukan servis.

Untuk servis motor sendiri, yang bisa kita artikan dengan sebuah mekanisme pengecekan kondisi motor secara rutin, biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Ada beberapa bagian yang perlu diperiksa seperti saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, dan lain sebagainya. Dan ini 8 bagian motor yang wajib diperiksa dan nggak boleh terlewatkan ya.

1. Oli mesin

Hal yang pertama dan utama untuk diperiksa ketika servis motor adalah oli mesin. Oli mesin sendiri punya fungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin.

Biasanya, oli mesin perlu diganti secara rutin jika motor sudah menempuh jarak 2.500 kilometer. Ukuran jarak ini yang direkomendasikan oleh rata-rata pabrikan motor.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. 

Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Sementara soal biaya yang biasanya dikeluarkan dari penggantian oli mesin adalah biaya pembelian oli yang harganya tergantuk merek dan biaya jasa ganti olinya.

2. Oli gardan

Selain oli mesin, oli gardan juga perlu diperhatikan terutama bagi pengguna motor matic. Mengingat oli motor matic gardan juga memiliki fungsi yang nggak kalah pentingnya yakni untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Sementara untuk waktu penggantiannnya, bisa menggunakan rumus 2x ganti oli mesin = 1x ganti oli gardan. Maksudnya, setiap kita ganti oli mesin untuk kedua kalinya dan kelipatannya bisa dibarengi dengan satu kali ganti oli gardan.

Jadi, ganti oli gardan bisa dilakukan saat ganti oli mesin yang kedua, keempat, keenam, dan seterusnya.

3. Busi

Nah, yang membuat motor mogok saat jalan-jalan di pesawahan, ternyata businya sudah nggak berfungsi dengan baik. Akibatnya motor sulit sekali untuk dinyalakan.

Kenapa busi begitu penting agar motor bisa dihidupkan? Busi adalah bagian motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.

So, kalau memang motor sulit dinyalakan karena busi tak berfungsi baik, segerakanlah untuk mengganti businya.

4. Kampas rem

Satu hal yang mungkin masih jarang disadari oleh kebanyakan pengendara motor adalah soal keamanan dan keselamatan berkendara.

Kita berkendara di jalan, bukan hanya bertanggung jawab terhadap keamanan diri sendiri, tapi juga keselamatan orang lain.

Salah satu komponen motor yang punya pengaruh besar terhadap keamanan dan keselamatan adalah sistem pengereman.

Rata-rata kecelakaan di jalan raya terjadi karena kampas rem sudah tipis sehingga rem jadi kurang pakem. Dan motor nggak bisa berhenti dengan aman, nyaman, dan sempurna yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Jadi, saat servis motor, kampas rem juga menjadi bagian yang nggak kalah penting untuk dicek.

5. Filter udara

Satu bagian lain yang juga harus dicek saat servis motor adalah filter udara. Adapun fungsi filter udara adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk.

Kotoran yang masuk ke filter udara, bisa menyebabkan penyumbatan pada sistem injeksi dan karburator.

Untuk servis filter udara, biasanya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh mekanik. Baru kemudian mekanik akan memutuskan, apakah filter udara cukup dibersihkan saja atau memang harus diganti.

6. Aki atau Accu

Mungkin nggak banyak dari pengendara yang ngeh soal ukuran tegangan pada aki. Ukuran tegangan aki ini bisa dijadikan sebagai tanda apakah motor kita masih bisa dipakai dengan nyaman atau tidak.

Idealnya, dalam kondisi normal tegangan aki berada pada 12,3-12,6 Volt. Sementara dalam keadaan mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, bisa jadi ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, aki motor kita perlu diperiksa secara detail oleh mekanik.

Dan jika ditemukan kondisi aki yang sudah tidak layak, maka aki wajib diganti demi kenyamanan kita saat berkendara.

7. Ban

Satu yang nggak boleh ketinggalan juga adalah pemeriksaan ban. Ban juga perlu dilakukan pengecekan secara rutin. Bahkan sebelum menggunakan motor, sebaiknya dicek dulu kondisi ban.

Khawatir ban kempes, tekanan udaranya kurang, atau kondisinya yang sudah tidak layak seperti kondisi ban yang sudah gundul.

Dan soal pemeriksaan ban ini, lebih mudah karena bisa kita rasakan saat mengendarai atau dilihat secara kasat mata.

8. Tune up motor rutin

Jika tujuh hal di atas dicek secara masing-masing, kita juga bisa melakukan servis motor tune up. Kalau diibaratkan, tune up ini seperti medical check-up pada kondisi tubuh. 

Jadi tune up adalah servis rutin yang pemeriksaannya meliputi semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.

Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karburator (saringan udara), pemeriksaan tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Tapi adakalanya tune up juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi nggak perlu khawatir, karena saat pengecekan tune up dilakukan, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu dan meminta persetujuan kita.

Kalau kita setuju dengan perbaikan yang diusulkan, barulah mekanik akan melakukan perbaikan yang direkomendasikannya.

2. Memilih dengan tepat bengkel servis motor terbaik

Setelah kita tahu dan paham bagian motor mana saja yang perlu dicek secara rutin, kita juga perlu cermat dalam memilih bengkel servis motor.

Ada beberapa parameter yang bisa kita jadikan acuan dalam memilih bengkel servis motor terbaik.

Pertama soal layanan dan pengalaman bengkel servis itu sendiri. Kita bisa mencari bengkel yang punya layanan lengkap sesuai dengan servis yang kita butuhkan.

Kita juga perlu memerhatikan pengalaman bengkel tersebut dalam melakukan perbaikan kepada konsumennya. Bisa cek di media sosial, website, atau juga testimoni konsumen di google.

Kedua soal harga. Orang bilang ada harga ada kualitas. Tapi tentunya, siapa yang nggak pengin dapat kualitas maksimal tapi harga terjangkau. Jadi kita juga perlu cek terlebih dahulu harga setiap layanan servisnya.

3. Planet Ban bisa jadi andalan

Kalau bicara layanan, pengalaman, dan harga, salah satu bengkel servis motor yang bisa diandalkan adalah Planet Ban.

Planet Ban punya layanan yang lengkap dan juga memberikan manfaat maksimal pada motor kita. Selain itu, harga setiap layanannya sangat terjangkau dan bisa bersaing dengan hasil servis terbaik. 

Apa saja manfaat melakukan servis di Planet Ban? 

Dalam pelayanannya, Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis mesin jadi lebih awet (jarang rusak).

Dan kalau dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

Selain itu, ganti oli di Planet Ban cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali). Keuntungannya, kita tidak perlu sering ke bengkel yang tentunya berpengaruh pada penghematan biaya servis motor yang biasanya kita keluarkan.

Dengan hasil servis yang baik, secara tidak langsung kita memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Hadirkan layanan ‘Servis Motor Rasa Mesin Baru’

Proses Servis Motor Rasa Mesin Baru/doc. Planet Ban

Planet Ban punya layanan ‘Servis Motor Rasa Mesin Baru’ atau dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan layanan servis ini adalah untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Kenapa mesinnya bisa rasa baru lagi?

Mungkin kita punya pengalaman ketika servis motor, masih terdapat banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Nah, di Planet Ban itu tidak akan terjadi. Pasalnya seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, servis motor di Planet Ban bikin motor kita benar-benar seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Soal harga bisa banget bersaing. Harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Semisal untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Hal ini juga yang menjadi salah satu keunggulan sekaligus pembeda servis motor di Planet Ban dengan servis motor di tempat lain.


Nah, sekarang kita sama-sama sudah tahu, apa saja bagian wajib yang harus dicek saat servis motor. Dan coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kita service motor?

Kalau ternyata motor kita sudah saatnya untuk diservis dan ingin mendapatkan layanan terbaik dan juga seperti punya mesin baru, sudah tahu 'kan harus kemana?

Ya, ke Planet Ban! Dan mari lanjutkan menyusuri pesawahannya tanpa drama mogok-mogok club!

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

48 comments

  1. aku termasuk tim yang selalu molor kalau urusan servis. Oli aja pernah sampe mau habis dan nggak ngeh kalau udah habis, parah banget
    terus busi juga baru sekali kemarin aku ganti setelah pemakaian 1 tahunan lebih hahaha. Padahal setelah diservis, laju motor enakk banget, kalau udah gini ngerasa nyeselnya belakangan :D
    1. Kadang kita mau service kalau ngerasa udah parah banget. Padahal kalau rutin dicek, manfaatnya kita sendiri juga yang merasakan.
  2. Baca openingnya serasa intro lagu muehehe... Adikku mesti bawa motornya ke Planet Ban, nih. Biaya servisnya pasti bikin dia hepi
    1. Haha. Lagu jadul memang.
  3. Melalui kombinasi teknologi tinggi, penggunaan bahan berkualitas, panduan jadwal perawatan yang teratur, dan perhatian terhadap dampak lingkungan, Planet Ban tidak hanya memberikan manfaat pada kendaraan, tetapi juga pada pemiliknya dan lingkungan sekitar. Btw, menunda-nunda servise itu sama aja menumpuk biaya service, ntar banyak yg harus diganti, dll.
    1. Mantap!
  4. klo menurut sya sih untuk servis rutin, minimal mengganti oli mesin rutin tiap bulan tidak akan merugikan kok, krna mesin adalah organ utama sepeda motor.. walau jumlah kilometer yang ditempuh belum mencapai 2000 km..

    kemudian spare part berkala lainnya seperti vanbelt, komponen listrik, dll harus dilakukan pengecekan tiap 6 bulan sekali.. buat mengantisipasi kerusakan di tengah jalan..

    trims udah berbagi informasinya
    1. Sama-sama.
  5. Motor yang sering dibawa ke Bengkel atau dirawat sendiri memang jadi lebih awet. Gak bakal kejadian tiba-tiba mati aja mesin nya.
    1. Yupz!
  6. kemarin baru saja saya ganti oli di Planet Ban. Olinya emang awet dan tahan lama sih, harganya juga terjangkau
    1. Nice insight.
  7. Sejak satu tahun terakhir, Saya sudah rutin ganti oli sendiri. Perawatan ke bengkel cuman kalau ada keluhan di motor saja. Tantangannya emang harus peka sama rasa mesin motor.
    1. Tapi feeling bakal keasah sih. Kerasa aja kalau mesin sudah butuh diganti/diservis.
  8. Aku pernah pakai motor terus businya mati. Bingung gak bisa nyala, ckckck. Kalau ban masih bisa lihat ya. Akhirnya telepon orang rumah deh. Emang pakai kendaraan tuh kudu rajin cek dan service
    1. Sepakat.
  9. Zaman SMA sama kuliah, waktu dibawain motor sama orang tua, seringnya diingetin ganti oli, kampas rem, cek ban. Tapi kalau servis motor di bengkel selalu lama, ternyata sekompleks itu perbaikan mesinnya. Dan saya sempat ngira planet ban khusus untuk ganti ban saja, ternyata bisa servis mesin hingga seperti mesin baru
    1. Yohaa, karena banyak banget bagian yang harus dicek ketika diservis.
  10. Kalau saya lebih concern masalah jeroan motor daripada kebersihan body motor. makanya kalau ke bengkel rutin, kalau nyuci, seingetnya. hehe
    1. Haha. Sebelum debu bertumpuk mah biarin aja lah ya.
  11. Mengganti oli secara rutin, mengecek kampas rem dan aneka filter yang ada di motor memang penting nih untuk dilakukan. Terutama agar motor selalu sehat dan siap saat digunakan. Dan saya pun baru tahu bahwa Planet Ban ternyata juga memiliki aneka fasilitas untuk melakukan hal ini ya. Servis rutin pun bisa dilakukan di sini.
    1. Nice!
  12. Tarifnya murah banget ya, kok bisa ya, dulu saya kerja di bengkel motor tarifnya gak segitu. Berarti kayanya efisiensinya yang bagus ini bengkelnya.
    1. Kurang paham soal manajemen dan pricingnya. Coba ditanyakan langsung saja ke bengkelnya.
  13. Servis motor memang harus rutin, agar motor selalu aman dan nyaman ketika dipakai. Btw, itu tarif nya kok murah banget yaa? Atau memang lagi promo aja atau gimana ya?
    1. Soal persepsi tarif murah, coba dicek dan ditanyakan langsung ke bengkelnya.
  14. Perawatan sepeda motor memang tidak boleh disepelekan. Saya dan suami pun selalu mengecek rutin motor karena tahu keamanan berkendara itu taruhannya nyawa. Jadi lebih baik cek dan service dengan sebaik-baiknya ya daripada celaka
    1. Sepakat teh. Servis bentuk mitigasi risiko dari kecelakaan.
  15. Seneng banget karena kini ada Planet Ban.
    Dan yang seneng tuh ternyata Planet Ban mudah ditemukan di Bandung. Jadi service motor saat ini jadi kemudahan buat siapa saja apalagi menggunakan teknologi canggih yang mendukung perawatan motor lebih baik.
    1. di Bandung, bertebaran di titik-titik strategis pula.
  16. Servis di planet ban bikin simplenya itu karena ada di mana-mana.
    Misalnya lagi di luar kota terus udah masuk jadwal servis kan, bisa untuk diservis motornya ya, sehingga tetap nyaman saat berkendaraan
    1. Yupz.
  17. Penting untuk memilih tempat servis yang terpercaya sih, salah satunya planet ban ini. Karena sekarang marak tempat servis motor yang pelayanannya tidak professional
    1. Sangat sepakat.
  18. Aku sih tim rajin bawa motor untuk servis. Nggak selalu sebulan sekali kadang satu setengah bulan. Tapi jarang sampai dua bulan. Alhamdulillah motor lancar nggak ada gangguan berarti
    1. Keren!
  19. Saya pribadi pernah disinggung teman saya "Ngapain sih motor diservis terus! Nanti aja kalau ada kerusakan, baru diservis." Hahahaha. Kadang suka kesal juga dengan omongan begitu, padahal kita servis rutin itu untuk kenyamanan kita sendiri saat berkendara. Btw, servis di Planet Ban harganya terjangkau ya.
    1. Servis kan padahal bukan cuma perbaikan, tapi pemeliharaan juga. Kalau nunggu rusak malah bisa jadi biaya lebih boncos.
  20. service motor ini bagusnya sih rutin ya, mas dilakukan. cuma kadang memang kita terlena sih selama motornya masih bisa nyala dan dijalankan berasa baik-baik saja padahal mungkin sebenarnya ada masalah yang tidak diketahui
    1. Nah! Makanya penting cek secara berkala.
  21. Nah, kalau my hubby mesti diingatkan muluk nih utk servis. Jadinya pasang alarm sesuai jadwal servis
    1. Sip!
  22. Tim servis tepat waktu. Kapok kalau lama nggak servis motor. Biayanya jadi bengkak banget
    1. Mantap
  23. Wah betul bgt motor emg perlu bgt dirawat karena seperti motor ayahku yg Rajin dirawat walaupun sudah butut tapi performanya tetap oke
    1. Nice!
  24. Aku tim yang cuma mikirin, " oh waktunya ganti oli" lalu dengan penuh keyakinan kalau sudah ganti oli rutin sebulan sekali . Niscaya tidak perlu di apa-apain lagi selain ban gembos dan boco. Hehe
    1. Haha!
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.