Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Ekslusif! Intip Bocoran Tips Menang JNE Content Competition 2023

JNE Content Competition 2023 mengusung tema Bangkit Bersama dengan harapan membangkitkan optimisme masyarakat Indonesia pascapandemi

Salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia, JNE, kembali mengadakan kompetisi konten. Diberi nama JNE Content Competition, tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraannya yang ke-10.

Kegiatan kompetisi ini juga diselenggarakan dalam rangka memeriahkan ulang tahun JNE yang ke-32 pada November 2022 lalu.

Usung tema 'Semangat Bangkit Bersama'

Sebagai bentuk sumbangsih nyata bagi perekonomian negara, di perayaan ulang tahunnya ini JNE mengambil tema 'Semangat Bangkit Bersama'.

Dalam kesempatan Media & Blogger Gathering 10th Edition JNE Content Competition yang dilaksanakan pada Senin, 20 Maret 2023, Mr. Eri Palgunadi (VP of Marketing JNE) mengatakan bahwa tema 'Bangkit Bersama' sengaja diambil dengan harapan bisa menyebarkan optimisme di masyarakat pascapandemi.

Sebagaimana yang kita semua rasakan, pandemi yang melanda dunia (termasuk Indonesia) begitu berpengaruh terhadap ekonomi dan juga gaya hidup masyarakat. Namun, apapun yang terjadi kita harus tetap adaptif terhadap perubahan yang ada.

Eri juga menambahkan, tema 'Bangkit Bersama' juga bisa dimaknai sebagai sebuah proses, pertumbuhan, pergerakan, dan perjalanan perusahaan JNE yang sudah menemani masyarakat hingga tiga dekade lebih.

10th JNE Content Competition

Susunan dewan juri JNE Content Competition 2023/kumparan.com

Ada empat kategori yang dikompetisikan pada JNE Content Competition 2023 yakni tulisan, foto, video, dan desain dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Seluruh masyarakat bisa turut serta mengikuti JNE Content Competition 2023 sesuai dengan skill yang dimiliki. Termasuk untuk blogger yang terbiasa menuliskan pengalamannya di blog bisa mengikuti JNE Writing Competition.

Menurut panitia, sampai dengan tanggal 20 Maret 2023 sudah lebih dari 4000 karya yang masuk dan siap diseleksi menjadi juara. 

But, nggak usah khawatir. Buat kamu yang masih ingin mengikuti kompetisi ini masih ada waktu, karena JNE Content Competition berlangsung hingga 3 April 2023.

Syarat dan Ketentuan JNE Content Competition 2023 bisa dibaca lebih lanjut di:

Bocoran tips menang ala Kang Maman

Masih dalam kesempatan Media & Blogger Gathering yang berlangsung di Kalpa Tree Bandung, hadir pula salah satu juri JNE Writing Competition yakni Maman Suherman.

Maman Suherman yang biasa akrab dipanggil Kang Maman adalah seorang pegiat literasi dan penulis buku. Dan kompetisi tahun 2023 ini merupakan kali ke-4 dirinya menjadi juri.

Kang Maman pun membocorkan sedikit tips bagaimana karya tulisan yang bisa menyentuh hati juri di antara ribuan karya yang masuk.

Berfoto bersama Kang Maman. Ayo tebak yang mana Kang Maman?

Yang pertama, peserta harus memahami dengan baik mengenai tema 'Bangkit Bersama'. Kang Maman menjelaskan bahwa dari tema ini peserta harus bisa mengangkat sesuatu dari skala yang lebih besar yakni sebuah ekosistem bukan lagi persoalan individu.

Kedua dari sisi penulisan. Kang Maman berharap tulisan peserta bisa lebih detail dalam menggali informasi dari sisi 5W1H (What, Where, When, Who, Why, & How). Sehingga tulisan yang dihasilkan lengkap dan kaya akan informasi.

Kang Maman menambahkan, dalam kompetisi menulis foto hanyalah sebagai pendukung narasi. Kelengkapan sebuah cerita bukan berarti hanya digantikan oleh banyaknya foto saja. Tetapi bagaimana sebuah foto tersebut bisa dinarasikan dengan jelas dan mudah dipahami.

Dan tips ketiga dan nggak kalah pentingnya adalah bagaimana mengisi nyawa tulisan tersebut dengan sesuatu yang berdampak positif yang bisa menyentuh hati para pembacanya.

Untuk menemukan hal tersebut, peserta perlu memikirkan pov (sudut pandang) yang unik dan menjadikannya berbeda dengan peserta lain. Salah satu caranya adalah dengan mendalami product knowledge JNE serta mampu mengintegrasikannya dalam tulisan.  

Gimana, gimana? Apakah kamu sudah ada ide untuk mengikuti JNE Content Competition 2023?

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

26 comments

  1. Wah ini menarik udah dikasih bocoran tipsnya. Sudut pandang itu nomor satu sih biar tulisan makin greget.
    1. Yess, sepakat.Yang bikin unik dari menulis sesuatu yang sama adalah soal sudut pandang.
  2. Wah, tipsnya oke banget kak. Tapi saya kalau masalah kompetisi biasanya menggebu di awal tapi melempem di pertengahan hingga akhir. Jadi endingnya sering jadi pendukung aja. hiks
    1. Maksudnya gimana nih menggebu di awal tapi melempem di akhir?
  3. Competition nya beragam ya, tidak hanya writing, namun juga ada video, design,. Jadi makin seru ini yang ikut kompetisi JNE Content Competition. (Sugianto)
    1. Makin beragam makin memperbesar peluang kreator untuk berkarya.
  4. Lah kemana aja nih diriku sampai nggak tahu JNE ngadain aneka macam kompetisi. Mau ikut ah, pakai sistem SKS. Hehe. Makasih infonya ya, Kak.
    1. Sama-sama.
  5. Daku lihat info kompetensi ini, cuma belum sempat buat ikutan, karena pas hari ini pula deadline kan.
    Paling tidak dapat tips bagaimana menulisnya, hehe. Karena siapa tahu bisa diterapkan untuk lomba menulis lainnya
    1. Secara umum sih bisa diterapkan untuk lomba menulis yang lain. Walau ujung2nya tetap tergantung subjektivitas juri.
  6. JNE kayaknya tiap tahun selalu bikin kompetisi blog ya. Belum pernah ikutan hehe. Btw aku langsung bintangin page ini karena ada tips dari Kang Maman. Aku termasuk orang yang suka sekali sama gaya penyampaian kang maman baik dr tulisan maupun saat memberikan materi langsung. Gampang dimengerti
    1. Ini udah yang kesepuluh kali sih.

      Ayo Kak dicoba ikutan lombanya.
  7. bermanfaat banget tipsnya. buat yang suka ikutan lomba, boleh banget mempraktekkan tips dari Kang Maman ini
    1. Silakan
  8. wah hari ini hari terakhir kompeitisinya nih! Bener emang ya, tulisan yang bagus tuh tulisan yang bernyawa, mesti banyak2 baca dan latihan nulis
    1. Nah ini yang biasanya orang lupa: banyak baca.
  9. Menulis artikel dengan 5W + 1H ini harus jadi kunci dan pedoman kita sih. Seringnya kita menulis itu bablas aja. Tanpa detail yang lengkap.
    1. Yes, sepakat!
  10. Wah, total hadiahnya menggiurkan. Pantas saja pesertanya banyak bgt yg ikut. Jd penasaran nih siapa yg jadi pemenangnya dan seperti apa hasil karyanya.
    1. Pantengin terus media sosial JNE-nya.
  11. Menarik nih lombanya, hadiahnya juga bikin mupeng hehehe.. Semoga nanti yang terbaik yang menang dna dapat hadiahnya, ya.. :)
    1. Insya allah yang menang yang terbaik menurut juri.
  12. Duh sayang sungguh sayang.. saking sok sibuknya, saya sampai kelewat ikutan yang ini.. padahal jurinya keren-keren banget! kang Maman yang rambutnya minimalis ya? duhhhh.. beruntung bisa foto bareng beliau, mas!
    1. Alhamdulillah.
  13. Lha. Udh telat ini mah, baru tau jne ada kompetisi nulis.. Share di sosmed kak klu ada lomba, siapa tau sy bisa ikut meramaikan.
    1. Sering-sering saja inisiatif sendiri search di google. Atau follow akun-akun brand yang terbiasa ngadain lomba, atau akun yang biasa share info lomba.
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.