Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Tips Merawat Tubuh untuk Pria Agar Tetap Sehat dan Menarik

Pria juga perlu melakukan perawatan tubuh. Berikut lima cara yang bisa pria lakukan untuk menjaga kebersihan tubuhnya


“Cowok kok perawatan?”

Terkadang jadi pria itu serba salah. Contohnya ketika pria memakai baju pink. Semua mata akan tertuju padanya. Lalu ada saja yang meledek dengan sebutan yang aneh-aneh. Padahal colour has no gender. Jadi sebuah warna bisa digunakan oleh siapa saja baik pria atau wanita.

Atau di kasus lain ketika ada pria itu sangat resik dan perhatian terhadap tubuhnya. Pasti ada saja yang nyinyir. Padahal menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh adalah bentuk syukur kita terhadap anugerah yang sudah Tuhan berikan.

Dan untuk bersyukur tidak harus dilakukan oleh para wanita saja, iya ‘kan?

Saya sendiri termasuk yang mulai aware terhadap kesehatan dan kebersihan tubuh. Meskipun mungkin cara-cara yang saya lakukan sangatlah sederhana.

Di artikel kali ini, saya akan berbagi mengenai apa saja yang biasa saya lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

1. Ganti celana dalam setiap hari

Jadi koleksi celana dalam wajib banyak ya/Canva

Pengin nanya dong, ada nggak di antara kalian yang sering pakai celana dalam bekas kemarin? Kalau ada jangan dibiasakan ya.

Saya sendiri rutin mengganti celana dalam setiap hari. Celana dalam yang dipakai hari ini akan segera masuk keranjang cucian pada malam harinya.

Bahkan kalau dulu ketika masih kerja aktif di lapangan, saya bisa mengganti celana dalam dua kali sehari. Nggak enak rasanya jika sudah terasa gerah pas siang hari akibat keringat berlebih.

2. Pisahkan handuk mandi dan handuk muka

Nggak mau kan mukanya kotor gara-gara handuk nggak dipisah/Canva

Awalnya saya nggak terlalu ngeh (sadar) akan pemisahan handuk ini. Hingga pada suatu ketika saya diberi tahu teman saya dengan kata-kata yang menohok.

‘Masa handuk bekas bersihin bok*ng (maaf), kamu pakai lagi untuk bersihin muka’

Wadidaw. Benar juga ya. Sejak saat itu saya selalu menggunakan handuk mandi dan handuk muka secara terpisah. Jadi setelah mandi, saya mengeringkan sisa-sisa air di tubuh dengan handuk mandi. Sementara untuk mengeringkan sisa-sisa air di muka dengan handuk lainnya yang ukurannya relatif lebih kecil. Ya, mirip seperti handuk untuk olahraga.

Satu hal lagi yang penting adalah perlunya handuk dicuci minimal seminggu sekali. Pokoknya jangan dibiarkan handuk nggak dicuci sampai berbulan-bulan.

3. Rapikan bulu-bulu yang terlihat

Cari tukang cukur yang ada pijatnya/Canva

Umumnya pria memiliki bulu di banyak bagian tubuh. Penting sekali untuk merapikan bulu-bulu tersebut terutama di bagian yang terlihat oleh publik.

Contoh kecilnya adalah bulu hidung. Jangan sampai kita biarkan bulu hidung tumbuh panjang keluar dari lobang hidung. Percayalah ini membuat kita terkesan jorok. Dan yang melihat juga akan merasa tidak nyaman.

Selain bulu hidung, pria juga perlu memerhatikan bulu lainnya seperti kumis, janggut, dan jambang. Saya sendiri tidak terlalu suka memelihara kumis. Jadi kumis akan dicukur habis, umumnya setiap minggu karena pertumbuhannya cukup cepat.

Sementara untuk janggut dan jambang saya terbiasa memeliharanya pendek-pendek tipis. Yang penting tidak terlihat berantakan.

4. Cuci wajah dengan sabun yang sesuai

Yang nggak kalah pentingnya adalah perawatan wajah. Tipe wajah setiap orang itu berbeda-beda. Kamu perlu konsultasi dengan ahlinya untuk mengetahui masalah pada wajah sebelum melakukan perawatan.

Saya sendiri punya masalah dengan wajah yang mudah sekali kusam ketika aktivitas di luar ruangan apalagi jika terkena paparan sinar matahari langsung.

Untuk meminimalisir kekusaman itu saya rutin mencuci wajah dengan sabun yang tentunya disesuaikan dengan kulit wajah saya. Kalau tidak ada masalah berarti (dalam artian kulit normal), bisa menggunakan produk sabun cuci wajah yang tersebar di minimarket terdekat.

Saat ini saya mencoba sabun wajah Brightening Facial Wash dari Scarlett Whitening. Fungsi utamanya untuk menghilangkan kusam sehabis beraktivitas dan juga menjaga kulit muka tetap sehat.

Penampakan kemasan Facial Wash/Raja Lubis

Untuk hasil terbaik, saya biasa menggunakan sabun cuci wajah minimal dua kali sehari. Pertama saat pagi hari sebelum beraktivitas, dan pada malam hari sebelum tidur. Namun jika diperlukan saya sendiri suka mencuci wajah di tengah-tengah hari.

Masalah mulai menyerang kulit wajah saya semenjak rutin memakai masker. Sering timbul bintik-bintik kemerahan di area pipi dan yang tertutup masker. Memang bukan seperti jerawat yang gede-gede bentuknya gitu tapi lebih seperti bentol akibat gigitan serangga.

Tapi yang bikin nggak enaknya adalah bekas bintik kemerahan tersebut. Bintik merah tersebut seringkali meninggalkan bekas hitam.

Sebagai ikhtiar untuk menghilangkan bekas hitam tersebut, saya sudah coba beberapa produk. Tapi ya namanya juga skincare, yang banyak orang bilang skincare itu cocok-cocokan. Beberapa produk yang saya pakai belum membuahkan hasil maksimal.

Wajah yang keseringan pakai masker. (difoto menggunakan kamera depan Nokia 5.1 Plus)/Raja Lubis

Upaya selanjutnya untuk mengatasi bekas hitam itu saya mencoba produk serum dari Scarlett, Brightly Ever After Serum. Biar penggunaannya sekalian dengan pembersih muka yang sedang saya pakai.

Serum ini adalah produk keluaran terbaru dari Scarlett. Saya membelinya di Shopee karena banyak potongan diskon dan juga gratis ongkir. Harganya Rp. 75.000,- untuk 1 pcs.  Saat saya membeli sedang ada diskon toko sebesar 10 ribu. Dipotong koin yang saya punya hasil Goyang Shopee tiap hari. Jadi saya beli satu serum ini nggak lebih dari 50 ribu.

Oia, Jangan lupa belinya di official store Scarlett Whitening. Hal ini untuk meminimalisir penipuan dan juga menjamin keaslian produk. Jangan tergiur dengan harga yang di bawah pasaran.

Bicara produk serum Scarlett ini, sebetulnya ada dua jenis yakni Acne Serum dan Brightly Ever After Serum. Saya tidak membeli yang Acne Serum karena serum ini dikhususkan untuk wajah yang sedang berjerawat. Jadi kalau kamu sedang punya masalah jerawat bisa coba varian Acne Serum. Harganya pun sama dengan yang Brightly, Rp. 75.000,- untuk 1 pcs.

Jadi mari kita bahas khusus yang Brightly Ever After Serum ya

Kemasan Brightly Ever After Serum/Raja Lubis

Paket sudah sampai. Produk dikemas bubble wrap dan dusnya yang lebih besar dari kemasan produknya. Packaging yang aman untuk mengurangi goncangan selama pegiriman.

Saatnya unboxing. Begitu paket dibuka, saya langsung terpengarah dengan warna kemasannya. Warna pink yang cantik menghiasi kemasan keseluruhan Brightly Ever After Serum. Warna pink ini juga sekaligus menjadi pembeda dengan Acne Serum yang berwarna ungu.

Di kemasan depan tertera nama produk dan beberapa kandungan utamanya seperti Pyhto Whitening, Glutathione, dan Vitamin C. Ada juga informasi mengenai banyak produknya. Untuk berat Brigthly Ever After Serum ini sebanyak 15ml.

Di bagian belakang tertulis secara singkat penggunaan serum ini dan juga no BPOM. Jadi Brightly Ever After Serum yang saya beli ini sudah terdaftar BPOM dengan nomor NA182019011367.

Manfaat dan kandungan Brightly Ever After Serum

Tutup botolnya diputar, lalu bagian atasnya dipencet/Raja Lubis

Masih di bagian belakang kemasan tertulis lengkap komposisi dari Brightly Ever After Serum ini. Berikut coba saya bagikan beberapa kandungan dan manfaatnya.

- Lavender Water

Melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi peradangan pada kulit, detoksifikasi kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan menghaluskan kulit.

- Phyto Whitening

Mencerahkan wajah. Sangat aman bagi kulit tanpa menyebabkan iritasi.

- Niacinamide

Melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mencegah kanker kulit melanoma.

- Glutathione

Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, membuat kulit lebih sehat dan terlihat glowing.

- Vitamin C

Membantu menghilangkan flek & bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Cara penggunaan Brightly Ever After Serum

Warnanya bening dan teksturnya agak cair/Raja Lubis

Untuk menggunakan Brightly Ever After Serum sangatlah mudah. Cukup teteskan 2 – 3 tetes serum, lalu usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Lalu diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah.

Saya sudah menggunakan Brightly Ever After Serum selama seminggu dan akan rutin menggunakan serum ini sampai habis untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yah, mari kita lihat nanti hasilnya, semoga cocok di kulit wajah saya.

Untuk waktu penggunaan, saya barengkan dengan Brightening Facial Wash yakni pada pagi dan malam hari. Jadi selepas wajah dibersihkan dengan Brightening Facial Wash, sesaat setelah itu wajah diberi serum ini.

Kamu bisa lihat video singkat berikut ini untuk cara penggunaan yang lebih jelas.

5. Hindari merokok dan asap rokok

Tips yang terakhir adalah hindari merokok dan asap rokok. Bagi saya menghindari aktivitas merokok sangatlah mudah, karena saya memang bukan perokok. Tapi menghindari asap rokok (perokok pasif) sangatlah sulit.

Jujur saja saya paling nggak kuat kalau mencium bau asap rokok, jadi sebisa mungkin selalu menghindari orang-orang yang sedang merokok.

Persoalan rokok ini memang bukan soal persoalan sepele alias multidimensi. Meskipun dalam kemasan rokok sudah tertera risiko penyakit yang ditimbulkan dan si perokok pun menyadari hal itu, nyatanya rokok tetap laku. Oleh karenanya masalah rokok ini, saya kembalikan kepada pribadi masing-masing ya.

Katanya kalau uang rokok ditabung bisa beli rumah/Canva

Itulah kelima cara sederhana yang biasa saya lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Kalau kamu punya cara lain bagaimana menjaga kebersihan tubuh, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar ya.       

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

50 comments

  1. Merawat kulit terutama kulit wajah memang sudah keharusan sekarang ya, bukan hanya perkara sehat tapi juga soal penampilan. Dan kalau udah cocok pakai satu produk sebaiknya diteruskan jangan coba-coba yang lain
    1. Yup betul. Kalau sudah cocok, mending kontinyu saja.
  2. Scarlett ini ampuh banget. Saya juga nyoabain buat nyerahin kulit muka setelah liburan
    1. Mantap. Saya sudah berkunjung juga ke artikelnya.
  3. Ayo bro update nanti hasilnya, saya juga tertarik ini untuk gunakan scarlet untuk vleg hitam. Ntar saya kunjungi di blognya yach, hasil sampai habis...
    1. Siap bu.
  4. Hahhaaaa, bener banget Jaaa, serba salah yaa, mau perawatan disangkanya cowok apakah, padahal sebenernya justru penting juga untuk menunjang kepercayaan dirinya.
    DAn aku baru ngeh kalo Scarlett ini bisa dipakai cowo jugaa, duh makin tambah kasep atulaaah.
    1. Aamiin. Makin kasep (dan makin tua) juga, hehe
  5. Saya juga pakai serum scarlett, mas. Juara ya. Baru seminggu pakai, kulit terasa lebih kenyal dan sehat. Mau lanjut juga sampai habis, semoga hasilnya memuaskan. Btw, info pemisahan handuk muka dan badan penting banget. Saya baru ngeh setelah baca tulisan, Mas Raja.
    1. Iya geli saja kalau pakai handuk untuk semua anggota tubuh hehe.
  6. nggak hanya perempuan yang wajib merawat tubuh ya mas, laki-laki juga perlu..
    btw aku juga pakai facial wash dan serum dari Scarlett Whitening ini
    1. Iya dong, laki-laki juga perlu.
  7. Nah, bener banget nih, cowok juga perlu banget menjaga kesehatan tubuh, khususnya wajah ya Kak. Gaskan nih artikel diinfomarsi'in ke cowok-cowok sekitarku. Hehe... anyway, salam kenal Kak.
    1. Terima kasih, dan salam kenal kembali.
  8. Menurutku laki2 juga butuh perawatan kok. Tuh cowo2 korea jadi ganteng plus bersih ya krn mrk perawatan. Ga ada salahnya haha zaman udh berubah kok. Sy jg pake body & face care Scarlett. Kualitasnya sdh pasti bagus.
    1. Ah iya. Nice statement.
  9. Scarlett ini ampuh ya kak untuk atasi permasalahan kulit wajah . Hasilnya oke dan kulit wajah jadi cerah ..jadi pengen juga beli produk face care Scarlett ini
    1. Selamat mencoba.
  10. Cowok perawatan juga penting biar bersih. Untung udah ada Scarlett yang cocok juga untuk cowok
    1. Yupz!
  11. Aku sampe sekarang kurang peduli juga sama pisah handuk muka dan badan. Kadang cuma males aja gitu. Kalau aku biasanya pake tisu buat lap muka.
    1. Ya tak apa.
  12. Sekarang cowok juga wajib merawat diri dengan baik seperti perawatan muka dan sebagainya agar tampak lebih bersih dan segar apalagi seperti eksekutif muda yang banyak bergaul dengan relasi kerja hingga penampilan enak dipandang
    1. Iya dong, harus.
  13. saya suka pria yang bersih dan harum
    karena itu saya cerewet ke anak-anak saya yang aki laki saya jika mereka bau dan jorok

    karena mereka yang bersih dan harum, pasti sehat
    apalagi jika mau merawat dengan serum dari Scarlett

    bakal tambah keren deh ^^
    1. Mantap Bu Maria.
  14. Sepakat banget kalau jadi pria juaga harus tetap bersih . Sabun cuci muka sehari minimal dua kali adalah pilihan terbaik. Aku juga gunakan serum ini. Cucok :)
    1. Toss dulu.
  15. Hihi, baca di awal postingan ini, mayan bikin senyum-senyum sendiri kak.
    Inget teman zaman kuliah yang konon katanya suka pakai celana dalam side A side B, hehe. (maaf)
    Btw saya setujujuga,kalau urusan kebersihan dan perawatan tubuh, bukan untukkaum hawa saja.Kaum Adam pun juga membutuhkannya.
    1. Wkwkwk side A side B, udah kayak kaset zaman dulu ya. Dan kebayang sih bakteri atau kuman yang menempel. Hehe
  16. terjangkau banget harganya, semua cowok cewek bisa beli, dan kebersihan muka juga jadi hak cowok juga, kalau bersih kan enak juga diliatnya ya
    wahh aku setuju tuh kalau handuk muka dan badan dipisain, karna masih ada aja yang dijadiin satu
    1. Yoyoy.
  17. nah ya dongggs, cowo juga mesti skincare an yaa, biar tetep terawat kulitnyaaa
    1. Ya.
  18. Selain rutin membersihkan wajah, Cowok juga perlu pakai serum wajah, biar glowing gitu. Kan gak hanya cewe aja yang perlu merawat diri biar kinclong ye kan
    1. ye dong.
  19. Loh samaan kak pake scarlett jga, cma ga ngeh klo bsa buat cowok lho...jdi lebih irit nih suami bisa pake juga
    1. Toss.
  20. Eits, jangan sampai terjadi si celana dalam dipakai side A side B macam kaset jaman dulu Bang. Bahaya. Hiiiyyy.

    Perawatan kulit memang bukan hanya untuk perempuan ya Bang. Laki-laki juga perlu biar kulitnya nggak kusam, dan nggak kelihatan lebih cepat menua dibanding usianya.
    1. Iya ih, side A side B, banyak kuman yang nempel. Sayang kan area intim harus dijaga baik-baik.
  21. aku juga penasaran nih sama produk face care dari Scarlett ini. Kayaknya banyak yang cocok pakai produknya
    1. Dicoba dicoba.
  22. Cowok juga harus merawat diri ya, Ja. Aku belum nih pisahin handuk mandi dan wajah. Jadi kepikiran juga. Makasih tipsnya, Ja
    1. Sama-sama teh.
  23. cocok banget sih ini, pria j kudu merawat kebersihan diri, biar sehat dan makin segar :)
    1. Yupz!
  24. Iya betul, laki-laki juga harus dirawat agar sehat dan cerah. Makasih tips-tipsnya, apik sekaliiii. baru tahu kalau Scarlett bisa dipakai buat laki2 juga.
    1. Sama-sama teh.
  25. Bener bangett. Cowok juga perlu merawat kulit wajah dan kebersihan tubuh. Bukan hanya cewek aja
    1. Yupz!
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.