Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Jangan Buru-Buru Ganti Harddisk Baru, Jika Rusaknya Karena Hal ini


Pernah nggak tiba-tiba harddisk eksternal yang kamu punya nggak terbaca di komputer, terus apa yang kamu rasakan?

Saya baru saja mengalami hal tersebut. Ceritanya bermula saat saya mau bikin laporan keuangan dan back-up data rutin. Dua hal ini biasa saya lakukan setiap awal bulan. Dan data untuk keperluan keduanya saya simpan di harddisk eksternal.

Tapi begitu harddisk saya colok ke laptop, kok nggak terbaca. Dan ternyata harddisknya rusak. Sempat panik sesaat karena terpikir bagaimana jika data yang ada di harddisk itu hilang. Bagaimana pun juga potensi risiko data hilang itu ada.

Tapi apakah semua kerusakan harddisk akan menyebabkan data hilang?

Jangan panik, kenali kerusakan yang terjadi pada hardisk

Harddisk Seagate saya yang port usb-nya lepas/Raja Lubis

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Nyatanya nggak semua kerusakan pada harddisk bisa menyebabkan data di dalamnya hilang. Kita perlu mengetahui atau mengenali penyebab kerusakan yang terjadi pada harddisk kita sebelum membawanya ke tempat servis.

Kerusakan pada harddisk itu bisa bermacam-macam. Bisa karena software di dalamnya, atau pun kerusakan pada perangkat fisiknya. Harddisk saya sendiri rusak karena port USB-nya lepas dan malah menempel pada kabel.

Saya pun konsultasi dengan teman saya yang memang jago urusan perangkat keras. Dan didapat info bahwa kerusakan karena port usb yang lepas nggak akan menyebabkan data hilang.

Alhamdulillah, lega untuk sementara waktu.

Kenali juga jenis solusi dari permasalahannya

pexels-photo-2517330.jpeg
Jangan coba-coba perbaiki sendiri jika nggak ahli/Blaz Erzetic/Pexels.com

Hasil konsultasi dengan teman, saya padupadankan dengan hasil googling. Dengan beberapa kata kunci saya memulai pencarian. Tapi, saya nggak banyak menemukan artikel tentang solusi dari permasalahan ini. (Ini juga yang menjadi alasan kenapa saya buat tulisan ini).

Lalu saya buka aplikasi OLX dan men-chat beberapa tempat servis di Bandung. Kenapa OLX? Di sini banyak tempat jasa / servis yang sering mengiklankan jasanya. Bahkan sebagian besar punya toko fisik.

Dari beberapa yang merespons didapat dua solusi untuk permasalahan harddisk karena port usb yang lepas. Pertama port-nya disolder ulang, atau cara yang kedua: ganti casing (sama artinya jika kamu menemukan istilah HDD Enclosure)

Solder ulang

Solusi pertama ini sangat mudah dilakukan. Bahkan jika punya alatnya mungkin bisa dilakukan sendiri. Biayanya pun sangat murah berkisar 50ribu - 75ribu rupiah (berdasarkan chat di OLX).

Tapi cara ini punya risiko hasil solder-an nggak akan terlalu awet.

Ganti casing

Beberapa tempat jasa servis yang saya chat, merekomendasikan saya untuk ganti casing saja. Harganya memang lebih mahal sekitar 150ribu - 250ribu rupiah. Ya sangat wajar karena kita membeli barang baru. Tapi solusi ini lebih awet dibanding solusi yang pertama.

Ke Mall pertama kali di masa pandemi

Cukup kesulitan pas ngisi google form. Saran saya link-nya direname dengan yang lebih mudah/@bungfey/twitter.com

Akhirnya saya pun memutuskan untuk memperbaiki harddisk saya dengan cara yang kedua. Tentu saya memilih tempat servis yang sudah merespon saya dengan baik dan menawarkan harga termurah yakni 150ribu. Kebetulan mereka juga punya toko fisik di BEC (Bandung Electronic Center).

Saya pun pergi ke BEC dengan tujuan langsung ke toko tersebut. Saya nggak mau berlama-lama di tempat publik apalagi di masa pandemi seperti ini. Ya, rasa khawatir terkena Corona masih tetap saja ada.

Singkat cerita tiba di BEC. Pintu masuknya hanya satu di area BEC baru. Untuk masuk ke BEC harus isi google form dulu. Isinya kurang lebih nama, alamat, dan no handphone. Mungkin ini dilakukan agar mudah melakukan pelacakan jika terjadi sesuatu di BEC.

Begitu lolos dari penjagaan pintu masuk setelah cek suhu dan juga cuci tangan, saya cukup kebingungan dengan alur satu arah yang diberlakukan. Kurangnya penanda jalan dan beberapa lift yang mati cukup membuat saya pusing. Atau bisa jadi karena efek kelamaan nggak kemana-mana. Mungkin?

Tibalah saya di toko yang dituju. Letaknya di lantai 1.

Saya pun langsung menyerahkan harddisk saya untuk diperiksa dan dibongkar. Proses pengerjaannya sangat sebentar jadi bisa ditunggu. Eh tapi tiba-tiba penjaganya datang dan bilang kalau stoknya habis. Dan ia menyarankan saya untuk beli HDD Enclosure di Megacomp.

Beli HDD Enclosure di MegaComp

Penampakan HDD Enclosure merk Orico/Raja Lubis

Saya pun menuju MegaComp yang posisinya selantai dan nggak jauh dari tempat servis tadi. Cukup padat konsumennya di MegaComp, untungnya penjaganya banyak dan sigap ketika melihat konsumennya datang.

Saya pun bertanya tentang barang yang dibutuhkan. Dan penjaga menawarkan barang yang saya mau. Harganya 110ribu rupiah saja, dan bisa langsung dipasang di tempat. Garansi dari tokonya selama seminggu.

Namun, karena penasaran dan nggak ingin nantinya bolak-balik, saya langsung coba ke laptop saya. Dan ternyata bisa. Harddisk saya kembali seperti semula.

Ternyata semudah itu memperbaiki harddisk yang rusak karena port usb yang lepas.

Kenapa harus paham penyebab dan solusinya?

Yang perlu saya tekankan adalah kita harus tahu penyebab kenapa harddisk kita rusak dan pilihan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Kenapa?

Seperti yang sudah saya sebutkan bahwa risiko harddisk rusak itu adalah kehilangan data. Kalau ini terjadi biaya recovery-nya bisa jutaan rupiah. Ini beneran lho, berjuta-juta!

Bayangkan saja kalau permasalahannya seperti saya di atas, dan kita panik duluan lalu diberikan solusi harus recovery?

Hal ini untuk jaga-jaga saja. Karena ada saja oknum tempat servis yang memanfaatkan ketidaktahuan konsumen akan masalah yang dialaminya. Kalau kita tahu penyebab dan solusi yang tepat, tentu kita nggak akan tertipu oleh oknum yang akan membuat kita mengeluarkan uang lebih banyak.
pexels-photo-842548.jpeg
Akhirnya bisa bikin laporan keuangan dengan hati bahagia/Andrea Piacquadio/Pexels.com

Langkah pemeliharaan sederhana

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar port usb hardisk kita lebih awet:
  1. Ketika mencabut kabel dari port usb, lakukan dengan sekali cabutan. Jangan digoyang-goyang terlebih dahulu

  2. Pastikan kabel tidak menancap ke port usb, ketika harddisk sedang tidak digunakan. Ini kebiasaan saya. Sehabis cabut dari laptop, kabelnya nggak pernah saya cabut dari port usb. Hehe.

  3. Simpan harddisk di tempat aman dan bawa harddisk jika sedang akan digunakan. Saya selalu menyimpan harddisk ini di tas. Padahal nggak setiap waktu harddisk ini digunakan. Jadinya setiap kali saya bepergian dengan membawa tas, ya harddisk ini ikut jalan-jalan. Benturan dan goncangan yang terjadi mempercepat risiko kerusakan.

Begitulah cerita singkat saya tentang harddisk yang rusak. Kalau kamu punya pengalaman memperbaiki harddisk yang rusak, boleh dibagi di kolom komentar ya
Note: Segala merk/brand yang disebut dalam tulisan ini, tidak sedang ada kerjasama. Semuanya murni pengalaman pribadi dengan tujuan berbagi.
Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

46 comments

  1. Wah, dapat ilmu baru nih. Karena kalau bagian ini saya kurang paham, paling langsung minta cek sama ahlinya.

    Setelah baca ini jadi paham deh.
  2. Tipsnya berguna sekali ini. Sering kali memperlakukan harddisk portabel, kami ceroboh karena sekarang kan ringan. Terima kasih.
  3. Deteksi dulu kerusakannya dan jangan panik ya, Mas. Soalnya kita tuh suka mumet duluan kalau harddisk rusak. Padahal seringkali bisa diperbaiki kaya kasus ini , port USB-nya lepas.
  4. Aku banget sih ini, dulu langsung auto panik hardisk rusak. Untung aku punya temen yg ahli dalam urusan beginian, katanya jangan grasak grusuk kalo make hardisk hehe
  5. lumayan juga nih bisa hemat. kebetulan aku barusan ada laptop yang rusak harddisknya, jadi mau aku cek dulu nih. mudah mudahan bisa tertolong
  6. Makasih nih bang tulisannya, bikin aku melek, biasanya kalau hardisk rusak langsung beli baru tanpa cek dulu
  7. Jadi ingat external hardisk aku yg gak bisa kebaca niy. Mesti dicek dulu jangan2 masalahnya gak terlalu serius cuma port USB doank yg longgar.
  8. Makasih tipsnya kak jadi tahu harus bgm kalo harddisk rusak, btw udah lama ga ke bec oh jadi jalurnya searah gitu kita yakali jalan di dalam
  9. Jangan panik saat hard disk kenapa-napa, lebih baik coba selidik dulu ya kerusakannya dimana, siapa tahu bisa dibetulkan sendiri.
  10. Wah manfaat banget nih tipsnya. Ta coba ah. Aku masih nyimpen beberapa hardisk lama nih
  11. Wah rentan bgt tuh emang harddisk kudu ati2 nyimpennya. Ah thanks sarannya hrs lepas usb d harddisk, kebiasaanku gitu juga soalnya huhu ngaruh jg ya ternyata
  12. Iya sebisa mungkin kita harus mengenali kerusakan dan solusinya sebelum dibawa ke ahli/servis
  13. Sama-sama
  14. Nah, betul
  15. enak nih kalau ada teman yang bisa ditanya-tanya
  16. Aamin
  17. sama-sama
  18. Bisa jadi. Soal port USB yang longgar itu seringkali permasalahan banyak orang. Ya wajar, karena sering dipakai. Hehe
  19. Sama-sama.

    Ia pintu masuk dan pintu keluarnya yang searah. Di dalam bebas sih, cuma petunjuk arahnya nggak jelas, soalnya banyak lift mati dan eskalator yang juga satu arah
  20. Ya, memang seperti itu inti tulisan ini. Terima kasih sudah menyimpulkan
  21. Alhamdulillah, jika bermanfaat.
  22. Sama-sama
  23. Solusi ganti casing itu kalau dilihat dari harganya yang sekitar 150ribu - 250ribu rupiah, tampak agak mahal ya. Tapi menurutku itu tidak seberapa dibanding isinya yang hilang. Ibaratnya, sejutapun mau bayar asal bisa balik. Syukurnya ada cara lain dengan beli HDD baru ya. Terima kasih sharingnya yang sangat bermanfaat ini, Raja.
    1. Sama-sama mbak.
  24. wah aku baru tahu informasi ini
    makasih ya kak, jadi tahu apa yg bisa dilakukan bila hardisk rusak
    1. Sama-sama
  25. Klo saya sering nya pakai flashdisk, apakah sama cara nya? Soalnya pernah tuh ke ahli untuk balikkin data dari flashdisk dan harganya wow banget.. akhirnya nggak jadi dan mengikhlaskan semua data2 nya
  26. Wahh kebetulan banget kmarin ada rekan kerja saya hardisknya rusak dan tidak bisa di baca oleh komputer. Semoga artikel ini bisa membantunya. Terima kasih mas
    1. Sama-sama
  27. Makasih sharingnya, emang kadang sebagai orang awam yang nggak tau kerusakannya apa langsung main bawa ke tempat servis, dan bisa dimanfaatkan deh sama orang itu. Padahal kerusakannya cuma lepas port USB.

    Tapi karena data di HDD sangat penting,orang rela bayar mahal untuk recovery data.

    Dan perawatan HDD juga perlu ya, harus diperhatikan. Jangan dicuekin, abis dipake dibiarin gitu aja USBnya masih nancep. HDD juga perlu diurusin, haha
    1. Sama-sama.

      Nice point. Kadang kita panik duluan, jadi gampang dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab.
  28. Buat saya yang gaptek kalau ga baca artikel ini kayanya langsung servis aja hehehe
    Ternyata masih bisa diakali ya kalau tahu masalahnya
  29. Aku baru tahu kalau cabut kabelnya digoyang-goyang malah bisa merusak hard disk. Lain kali harus dirubah habitnya nih, kalau harddisk udah rusak memang bahaya banget sih, masalahnya datanya itu lho penting banget.
    1. Kalau dilakukan terus menerus, akan lebih mudah merusak port. Jadi sebaiknya sekali cabutan bagian atasnya (jangan kabelnya)
  30. Saya juga pernah panik karena HDE tiba-tiba tidak terbaca oleh laptop. Padahal isinya harta karun yaitu video drama/film dan konten KPOP lainnya (K-Popers lama pasti paham). Setelah dicoba-coba kayaknya ada masalah pada kabel dan portnya, harus dipegang baru datanya terbaca. Artikel ini nambah wawasan banget, baru tau kalau saat tak dipakai, kabel harus dibuka.
  31. keren kak. aku suka ulasannya. aku termasuk suka panik jika ada abrang elektronik rusak. sebab gak paham sih sama cara kerja mereka.

    alhasil, harus beli baru tapi penjelasan dari kakak membuat aku mengerti dan tipsnya guna banget deh buat akum

    ini aku juga lagi ada masslh port usb meksi bukan hardisk tapi mirip kayaknya masalahnya gak detekm
    1. Terima kasih, senang jika tulisannya bisa bermanfaat
  32. Mantapp. Saya harus kasih tau suami saya nih karena dia butuh banget penyimpanan dan kadang suka rusak atau error gt kan. Bahaya banget kalau gak bisa akses isinya karena kerjaan ada di dalam semua. Makasih tipsnya Kak 😅
    1. Sama-sama
  33. Seringnya saya nemuin kerusakan HDD itu yang udah bunyi kretek kretek kretek trs hang. Btw blum pernh servis sih aku Kak.
  34. wah aku juga punya masalah nih sama hard disk lama, yang port usb nya tuh udh model lama, kadang suka susah konek atau putus-nyambung pas connecting ke laptopnya, sedih. Bisa ga tuh ya ambil perangkat dalamnya aja
    1. Bisa saja kalau dibongkar.
  35. Wah. Terima kasih sharingnya, Kak. Saya termasuk yang kurang begitu paham dengan masalah-masalah seperti ini. Dengan baca info ini, setidaknya dapat pencerahan, walaupun pasti nanti tetap butuh bantuan dari ahlinya sih. Hehehe.

    Thank you, Kak. Salam hangat.
    1. Sama-sama
  36. Terima Kasih bang telah menulis artikel ini. Aku termasuk salah satu orang yang tidak paham sekali dengan permasalahan ini.
  37. mantab kali pak tips nya.. share tips dong pak, bagaimana cara memilih hdd yg bisa tahan lama?
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.