-->

Review Paxel: StartUp Logistik Dengan Pendekatan Same Day Delivery

via Paxel
Selama pengalaman saya mengirim barang pesanan ke konsumen, seringkali ditemui kendala ketika melakukan pengiriman. Kendala yang paling utama adalah menyita waktu karena saya harus pergi ke konter jasa pengiriman tersebut. Dalam sehari, minimal bisa dua kali pergi ke konter, karena saya menganut prinsip jika order masuk sebelum jam 12 siang, maka order akan dikirimkan pada hari yang sama maksimal jam 3 sorenya. Namun, jika order yang masuk di atas jam 12 siang tapi sebelum jam 6 sore biasanya saya ikutkan pada pengiriman jam 7 malam. Dan jika order masuk di atas jam 6 sore, diikutsertakan pengiriman esok harinya.

Kebayang 'kan ribetnya? Selain menyita waktu, ada biaya tambahan yang harus saya keluarkan yakni biaya transportasi bulak - balik dari tempat saya ke konter tersebut. Meski beberapa jasa pengiriman memberikan layanan pick up ke tempat pengirim, tapi layanan tersebut bisa digunakan untuk pengirim dengan jumlah pengiriman tertentu. Sementara penjualan saya, belum sampai pada tahap itu. Heheh, tapi ya lumayanlah untuk menambah uang jajan sehari-hari.

Dari pengalaman tersebut, maka saya butuh jasa pengiriman yang bisa menjemput barang kiriman saya tapi tetap dengan ongkos kirim yang murah. Lho kok Ja, udah mudah ingin murah juga? Maafkan ya, manusia memang gitu. Suruh siapa pas sekolah dulu diajarkan prinsip ekonomi yang kurang lebih berbunyi, "Mendapatkan untung sebesar-besarnya dengan modal yang sekecil-kecilnya".



PAXEL jadi solusi

Di zaman yang serba digital ini, apa - apa sudah bisa dilakukan dalam genggaman tangan. Maka tak heran jika saya pun ingin melalukan pengiriman barang semudah saya beli paket data tanpa harus pergi ke konter.

Saya pun berkenalan dengan Paxel, jasa pengiriman berbasis aplikasi. Dengan Paxel, saya bisa melakukan pengiriman tanpa harus datang ke konternya. Cukup dengan melakukan pemesanan di aplikasi, lalu hero (kurir) akan datang ke alamat saya untuk menjemput barang. 

Nggak ada istilah konter tutup, kita bisa melakukan pengiriman melalui Paxel kapan saja / via Paxel


Lalu apa yang membedakan Paxel dengan jasa pengiriman yang sudah ada?

Paket dikirim di hari yang sama

Paxel hadir dengan mengusung pendekatan same day delivery. Paket yang dikirimkan melalui Paxel akan dikirimkan pada hari yang sama. Saat ini, Paxel sudah beroperasi di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Semarang. Jadi paket yang dikirim dari dan ke wilayah operasi Paxel akan dikirim pada hari yang sama. Tentu dengan memperhatikan waktu kita melakukan pesanan. Paxel sendiri melakukan pengantaran mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam. Jadi pastikan, jika ingin diterima di hari yang sama, maka pemesanan dilakukan pada pagi hari.

via Paxel.co


Mengusung konsep smart locker

Paxel memiliki empat jenis model bisnis: Door to door, door to locker, locker to home, dan locker to locker. Sementara ini yang baru tersedia adalah door to door. Jadi pemesanan baru bisa dilakukan lewat aplikasi, konsumen harus mengisi sejumlah data, seperti alamat tujuan, isi barang, nama penerima, dan sebagainya.

Namun ke depannya, Paxel akan mengusung konsep smart locker. Artinya, setiap penerima barang bisa mengambil paketnya di loker yang tersedia. Saat ini, Paxel bekerjasama dengan manajemen apartemen dan perkantoran untuk fasilitas loker. Rencananya, Paxel juga akan ekspansi lokernya ke sejumlah convenience store, pusat belanja dan tempat keramaian lainnya yang buka 24 jam namun dengan keamanan yang tinggi.

via Daily Social


Unduh aplikasi Paxel dan dapatkan saldo 100ribu 

Aplikasi yang diluncurkan sejak awal 2018 ini sudah bisa diunduh di Play Store atau App Store. Caranya?

1. Buka Play Store / App Store kemudian cari dengan kata 'paxel'. Setelah ditemukan klik install, dan tak lebih dari 1 menit aplikasi sudah terpasang.
2. Buka aplikasi Paxel lalu Create Account. Yang harus dipersiapkan adalah nomor handphone yang masih aktif, karena aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang didaftarkan.
3. Isi keterangan seperti First Name, Last Name, Username dan kode referal.

Untuk mendapatkan saldo 100ribu, kode referal harus diisi. Silakan isi dengan kode "rajalubis_" dan saldo sudah bisa digunakan untuk melakukan pengiriman. Jadi tak ada salahnya 'kan mencoba aplikasi Paxel ini.

Selain berbagi saldo 100ribu pada pengguna yang menggunakan kode referal kita, juga saldo kita akan ditambah 50ribu dari setiap referal yang berhasil / Raja Lubis

Pengalaman melakukan pengiriman barang dengan Paxel

Setelah berbagi teori tentang Paxel yang saya dapat di acara Blogger Gathering pada 9 November lalu, kini saatnya saya buktikan teori tersebut dalam di dunia nyata.

Mr. Djohari Zein selaku CEO Paxel memaparkan bahwa Paxel didirikan bernafaskan nilai-nilai spiritual. Dengan mengusung tagline #AntarkanKebaikan, Paxel diharapkan mampu menjadi jasa kurir yang memudahkan para pelaku UMKM / Raja Lubis


Saya pun mengunduh aplikasi Paxel dengan kode referal yang diberikan oleh teman saya. Dan jreng jreng jreng..., saldo 100 ribu pun masuk dan bisa saya gunakan untuk melakukan pengiriman barang.

Langkah pertama, saya melakukan create shipment di aplikasi Paxel. Sejumlah data harus diisi terutama data tentang si pengirim dan si penerima. Lalu saya ikuti langkah - langkah selanjutnya hingga akhirnya berhasil melakukan pemesanan.

Setelah itu tak lama, hero datang ke lokasi saya untuk menjemput barang. Di lokasi, sang hero pun melakukan verifikasi ulang atas data yang sudah kita isi agar tidak ada kesalahan input data. Setelah dirasa semua benar, saya diminta untuk membubuhkan tanda tangan secara elektronik di aplikasi sang hero. Menariknya lagi, Paxel akan meminta foto kita sebagai bukti kalau barang sudah dijemput dan siap diantar ke alamat penerima.

Paket yang kita kirim, akan dikemas ulang oleh Paxel dengan rapih dan aman. Kerennya, ada kata-kata inspiratif di setiap paket yang dikirimnya / Raja Lubis


Hal yang sama juga dilakukan pada si penerima barang. Penerima akan diminta tanda tangan dan difoto sebagai bukti bahwa ia telah menerima barang. Menariknya lagi, baik si pengirim atau penerima bisa memantau paket yang sedang diantar, tentunya melalui aplikasi Paxel.

Jadi, Paxel ini cukup membantu saya untuk mengirim pesanan konsumen terutama untuk ke luar kota, dengan perbandingan tarif yang lebih murah jika dibandingkan dengan layanan same day delivery yang sudah ada.