Untuk informasi seputar review film dan info perfilman, silakan kunjungi RajaSinema

Menikmati Sei Sapi Bubulae di Tengah Kota Bandung

Di Sei Sapi Bubulae, kita bisa memilih mau memakan sei dengan nasi atau mie

Alun-alun Kota Bandung sebagai pusat Kota Bandung memang selalu ramai. Bayangkan saja di sana ada Masjid Agung yang halaman depannya biasa dipakai bersantai karena beralaskan rumput sintetis dan beratapkan langit biru. Tak ketinggalan ada mall dan jajaran pertokoan yang selalu dipadati pengunjung.

Setidaknya ada tiga mall yang berdekatan di sekitar alun-alun kota. Pertama ada Plaza Parahyangan. Setahu saya mall ini khusus fashion. Saya sendiri pernah beli jaket dan jeans di sini. Terus di sebrangnya ada Grand Yogya Kepatihan. Salah satu Yoyga terbesar di kota Bandung. Tak ketinggalan ada mall terbaru Kings Shopping Center yang didalamnya ada bioskop.

Pokoknya kalau main di alun-alun kota Bandung, segala kepenuhan bisa terpenuhi.

Kendalanya cuma satu, susah banget cari variasi makanan. Kalau cemilan atau jajanan pinggir jalan kayak cilok sih lumayan banyak. Tapi kalau mau makan berat alias nasi, wajib bin kudu harus ke foodcourt-nya. Ini yang bikin agak males karena foodcourt-nya terletak di lantai atas. Mau nggak mau harus bolak-balik. 

Beruntung saya nemu satu tempat makan yang letaknya berada di antara jajaran pertokoan.

Menuju Sei Sapi Bubulae

Untuk menemukan Sei Sapi Bubulae, tinggal susuri saja sepanjang Jalan Dalem Kaum, sebelah kiri Masjid Agung. Gampang kok, apalagi jalan ini dikhususkan untuk pejalan kaki, jadi lebih nyaman ketika menyusurinya.

Bagian depan outlet Sei Sapi Bubulae. Perhatikan baik-baik ya/Raja Lubis

Sudah ketemu? Mari kita masuk!

Tiga menu utama Sei Sapi Bubulae

Berhubung saya sudah lapar, jadi saya nggak akan banyak cerita apa itu Sei, gimana cara masaknya, atau sejarahnya. Bisa digoogling sendiri saja ya. Hehe.

Langsung ke menu utamanya saja!

Sei Sapi Bubulae ini punya tiga menu utama yakni Sei Sapi, Sei Ayam, dan Sei Lidah Sapi. Jadi buat yang nggak suka daging sapi, bisa memilih sei ayam saja.

Nasi atau mie, itu pilihan ya/Raja Lubis

Satu porsi sei ini disajikan dengan sambal, kuah, dan daun singkong. Saya suka sajian daun singkongnya karena tidak terlalu basah kayak disayur. Teksturnya lebih kering dengan racikan rempah bumbu khas Sei Sapi Bubulae.

Untuk sambalnya sendiri, terdapat beberapa pilihan, diantaranya ada sambal luat khas NTT, sambal rica-rica, sambal matah, sambal goang, dan sambal ijo. Jadi silakan request saja mau sambal yang mana.

Yang menarik, di Sei Sapi Bubulae, kita bisa memilih mau memakannya dengan nasi atau mie. Karena kalau makan sei dengan nasi sudah mainstream, saya coba memadukannya dengan mie. Lumayan unik sih, serasa makan bakmie dengan toping sei. 

Eh, sekalian juga deh dengan nasinya. Soalnya orang Sunda tuh katanya 'belum makan' kalau belum makan nasi.

Bisa dipesan online

Di box-nya sudah tertera jenis sei, pilihan sambal, dan nasi/mie. Jadi nggak perlu rebutan/Raja Lubis

Setelah nyobain pertama kali makan Sei Sapi Bubulae, jujur sih ketagihan. Akhirnya nyoba pesan lagi secara online, soalnya lagi ada promo. Terus belinya tiga porsi sekalian patungan barengan anak-anak kost. Pokoknya total akhir tuh sekitar 40 ribuan. Jadi sangat hemat sekali bisa makan satu porsi sei sapi dengan harga 13 ribuan saja.

Sudah siap santap nih/Raja Lubis

Lokasi Sei Sapi Bubulae

Jadi selain di tengah kota Bandung, Sei Sapi Bubulae juga bisa ditemukan di dua tempat lainnya.  Barangkali teman-teman yang lagi di Bandung ingin mencoba, silakan kunjungi outlet resminya di:

📲 GrabFood & GoFood
📍Setrasari Plaza blok A2 (11.00-20.30)
📍Jln Mekar Utama 111H (11.00-20.30)
📍Jln Dalem Kaum no 12A (09.00-19.00)

Harga sewaktu-waktu bisa berubah/Raja Lubis

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

20 comments

  1. Saya belum pernah coba masakan yang namanya Sei, walalupun sering mendengarnya. Terima kasih atas rekomendasinya. Ntar kalo ke Bdg mau mampir dan coba ach....
    1. Sama-sama Bu, selamat mencoba.
  2. pas banget, aku punya rencana mau kulineran ke bandung. Baca tulisan ini jadi punya tambahan lokasi yang bisa masuk list akuu. Thanks infonya kak.
    1. Sama-sama.
  3. Kalau menurut Kakak, dari sekian sambal yang ada itu, enakan ya mana ya? Jujur saya masih asing dengan makanan berlabel sei ini. Trus tadi pas baca sambal luat, jadi penasaran sama cita rasa pedasnya.
    1. Paling maknyus memang sambal luat khas NTT-nya, karena sei memang berasal dari sana. Jadi serasa cicipi kuliner khas daerah.
  4. Memang betul sedap SEI bubulae ini. Beberapa Kali beli yang di dekat rumah. Bumbu Dan smokiness nya beneran meresap dalam dagingnya yg empuk
    1. Nah, nice insight. Saya juga nyoba yang sambal dan seinya dicampur, memang meresap banget.
  5. Dari dulu pengen banget nyobain sei sapi. Di tempat saya masih belum ada sampai sekarang
    1. Di daerah mana Kak?
  6. Wah sei sapi dan daun singkong, sepertinya jadi santapan nikmat nih. Pakai sambal dikit dah biar makin nampol
    1. Kalau sambalnya dikit kurang nampol, xixi
  7. Pertama kali tau dan nyoba sei sapi juga di Bandung di resto ini kalo ga salah! Sampe akhirnya sekarang di Jakarta juga jadi menu hits nih. Seenak itu yaa masakan sei sapi nya! moist banget dagingnya
    1. Wuih, pernah nyoba juga versi Bubulae ini. Ya memang seenak itu, makanya aku juga ketagihan.
  8. ini sih sekalian mengenang masa-masa serting jalan-jalan ke alun-alun. udah lama pisan gak kesana, apalagi sejak pandemi. kayak gimana sekarang ya? banyak tempat makan seperti sei sapi ini kah? aku penasaran sama sei sapi ini, belum pernah nyoba juga. next berburu kuliner kesana ah
    1. Masih ramai seperti biasa saja. Tempat makan yang berjejer di pertokoan masih jarang.

      Selamat berburu.
  9. Kayaknya enak nih. Namanya unik seperti nama tempat Plus sambalnya juga yahud...Jadi mmbuat semakin berselera.
    1. Konon nama 'Bubulae' diambil dari bahasa Latin yang artinya 'daging sapi'
  10. Tempatnya gak fancy, tapi makanannya sangat menggiurkan. Sei sapi salah satu makanan kesukaanku. Bubulae, buka di Jakarta dong ^^
    1. Semoga bisa buka di Jakarta dengan tempat yang more fancy ya.
Terima kasih sudah berkunjung ke RajaLubis. Tinggalkan jejak dengan mengisi kolom komentar yang ada. Kami tidak memoderasi kolom komentar, jadi silakan re-cek kembali sebelum berkomentar. Hindari komentar dengan memberikan link hidup, sapaan yang salah, dan atau kata-kata kasar.