Menyajikan Variasi Baru, Inilah Empat Komik Gundala yang Bisa Kamu Nikmati

Acara Pasar Komik Bandung (Pakoban) 2019 yang sukses digelar pada Sabtu-Minggu (13-14 Juli 2019) menyisakan banyak kenangan manis bagi para penggemar komik. Bagaimana tidak, acara tersebut menjadi kesempatan emas bagi pengunjung untuk bisa menyaksikan kostum Gundala secara langsung dan untuk pertama kalinya.

Kehadiran para pemain dan kru film Gundala menjadi daya tarik tersendiri bagi Pakoban. Tapi yang lebih menarik lagi, BumiLangit selaku pemegang hak intelektual properti meluncurkan komik Gundala dalam berbagai versi. Terhitung ada empat jenis komik yang diperkenalkan di acara Pakoban tersebut.
Peluncuran perdana kostum Gundala di Pakoban (13/7)/Screenplay Films

1. Remastered Gundala

Seiring dengan kehadiran film Gundala yang merupakan awal dari Jagad Sinematik BumiLangit, banyak permintaan dari penggemar lama agar komik Gundala karya Hasmi ini dicetak ulang. Melihat antusiasme penggemar yang tinggi, BumiLangit pun memenuhinya. Diberi nama komik Remastered Gundala, komik ini merupakan kompilasi bundel dari dua judul pertama komik Gundala yaitu Gundala Putra Petir yang berisikan cerita asli dan edisi Perhitungan di Planet Covox (pemunculan pertama Pangeran Mlaar). 

Pemilihan dua judul bukanlah tanpa alasan. Dua judul ini dipilih karena merupakan judul pertama dan kedua seri komik asli Gundala yang dibuat oleh almarhum Hasmi di tahun 1969. Pengerjaan remastered ini juga sekaligus dalam rangka merayakan 50 tahun terbitnya Gundala (1969-2019).

Komik Remastered Gundala ini dicetak eksklusif hardcover dengan jaket sampul. Dan dibandrol dengan harga Rp. 188.000,- dan bisa didapatkan di toko buku Gramedia serta online shop Bumilangit.

Peluncuran komik Remastered Gundala/Screenplay Films

2. Gundala Official Movie Adaptation

Untuk melengkapi Komik Remastered Gundala, BumiLangit meluncurkan pula Komik Gundala Official Movie Adaptation. Komik ini dikerjakan oleh tim Bumilangit. Naskahnya ditulis Oyasujiwo dan dikembangkan dari naskah film yang ditulis oleh Joko Anwar. Sementara bagian pencil art dikerjakan oleh Ardian Syaf (komikus Marvel & DC). Dan untuk penintaan oleh Ecky, pewarnaan oleh Doni Cahyono, dan tata letak oleh Erwin Prima Arya.

Meski dikembangkan dari naskah film, BumiLangit menuturkan bahwa cerita di dalam komik ini nggak akan sama persis dengan cerita film. Tapi komik ini akan menambah informasi-informasi yang sudah muncul di film. Jadi penonton yang sudah menyaksikan filmnya dan masih ingin menikmati sepak terjang sosok Gundala, bisa menemukannya di versi komik ini.

Dan komik Gundala Official Movie Adaptation ini akan diluncurkan berbarengan dengan tanggal rilis Gundala yakni pada 29 Agustus 2019.

3. Gundala Son of Lightning

Berbeda dengan dua komik yang sudah disebutkan, komik yang satu ini akan diluncurkan di platform komik Line Webtoon dan bisa dibaca gratis. Selain itu komik yang diberi nama Gundala Son of LIghtning ini dibuat berbeda dengan Gundala versi film maupun Gundala versi orisinal ciptaan Hasmi karena dikemas dengan gaya cerita dan gambar yang digemari pembaca muda saat ini.
Screenplay Films

4. Gundala and Friends

Untuk memberikan edukasi bagi anak-anak Indonesia, BumiLangit meluncurkan satu komik lagi yang diberi nama Gundala and Friends. Komik ini bergenre komik aktivitas yang dirancang untuk anak-anak usia 7-10 tahun. Dan tidak hanya berupa cerita komik, Gundala and Friends ini juga ada berbagai lembar aktivitas edukatif yang menjadi bagian dari petualangan gundala dan teman-temannya. Di komik ini, Gundala akan berpetualang bersama Sri Asih, Godam, Merpati, Aquanus, dan Maza.

Peluncuran komik ini diharapkan agar anak-anak Indonesia masa kini bisa punya idola jagoan asli Indonesia. 

Suasana meet & greet pemain film Gundala/Screenplay Films

Tentang Bumilangit
Berdiri tahun 2003, Bumilangit merupakan tonggak awal dimulainya sebuah ikhtiar untuk membangkitkan kembali budaya penceritaan komik bertema kepahlawanan di Indonesia. Bumilangit adalah sebuah keluarga bagi banyak seniman pencipta dari generasi awal hingga kini, juga bagi para penggemar setia yang selalu menghargai karya-karya seniman.

Kini Bumilangit menjadi sebuah perusahaan hiburan berbasis karakter terdepan di Indonesia yang mengelola pustaka karakter terbanyak, lebih dari 1,100 karakter-karakter komik yang telah diterbitkan selama enam puluh tahun terakhir. Kekuatan dari karakter-karakter ini tidak hanya berdasarkan popularitas semata, tetapi melainkan pada kekayaan cerita komik dari setiap karakter.


2 comments:

Powered by Blogger.