Berikut Ini Manfaat Dari Buah Bit Untuk Kesehatan

 
HelloSehat
Buah bit ini merupakan buah yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya, yang pada umumnya buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Selain itu, buah bit ini juga merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Dalam buah bit terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi namun kandungan lemak, kalori dan juga proteinnya sangat rendah, jadi sangat bagus untuk dikomsumsi terutama bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat. Lalu apa saja manfaat dari buah bit ini untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan:

1. Mengandung Banyak Antioksidan 

Buah bit merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae yang artinya merupakan masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran yang berakar lainnya. Di dalam buah bit ini mempunyai kandungan antioksidan yang merupakan senyawa yang dapat membantu menetralkan masuknya radikal bebas berbahaya di dalam tubuh,  dan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik dalah tubuh. Para penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit kronis seperti penyakit kanker, jantung, dan diabetes. Selain itu juga, manfaat buah bit secara alami juga terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien yang dapat melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral. Oleh karena itu buah bit sudah dianggap menjadi salah satu sumber buah yang mengandung jenis fitonutrien yaitu betalain, yang baik untuk mencerahkan kulit dan juga dapat membantu melindungi beberapa perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya yang ada di tubuh.

2. Dapat Meningkatkan Stamina

Buah bit ini merupakan makanan yang sangat cocok bagi para atlet, hal ini dikarenakan manfaat dari buah bit itu sendiri dapat meningkatkan stamina. Hal ini merupakan hasil dari penelitian dari Universitas Exter di Inggris yang menyatakan bahwa minum jus bit bisa membantu orang berolahraga, biasanya untuk para atlet yang akan menjadi lebih kuat dan berstmanina sekitar 16%. Dikarenakan pada buah bit ini mempunyai kandungan nitratnya yang dapat mengurangi pembakaran oksigen dalam olahraga, sehingga rasa capek dapat berkurang. Tentunya buah bit ini telah terbukti memiliki manfaat dari makanan atlet, yang telah terbukti membuat sel-sel lebih baik dalam menghasilkan energi dalam tubuh yang dapat meningkatkan perfoma.

3. Mengurangi Masalah Pencernaan

Selain bisa meningkatkan stamina, buah bit juga memiliki manfaat yang lainnya seperti dapat mengurangi masalah pencernaan. Karena buah bit ini kaya akan kandungan serat yang menyediakan 3,8 gram pada satu porsi canggkir buah bit, kandungan serat ini berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna. Serat juga bisa membantu untuk melunakkan tinja, sehingga bisa membuat buang air besar lebih nyaman, sehat dan teratur. Oleh karena itu, jika anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual, nyeri atau diare, anda bisa minum jus buah yang dicampur dengan wortel, satu sendok makan jus lemon, atau juga dengan jeruk nipis. Dan minumlah jus bit yang dicampur dengan satu sendok makan madu di pagi hari sebelum sarapan, yang dapat membantu dalam mengurangi kembung perut.

4. Mencegah Anemia

Buah bit ini berwana kemerahan yang sering dihubungkan dengan warna darah, oleh karena itu bisa dipakai untuk mengatasi anemia. Tetapi sebenarnya untuk mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang dapat mengaktifkan kembali dan meregenerasikan sel darah merah serta dapat menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. 
Itulah beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

No comments

Powered by Blogger.