Cara Membuat Mainan Kertas Yang Berupa Bunga Mawar

Cara Membuat Mainan Kertas Yang Berupa Bunga Mawar
Origami merupakan sebuah seni lipat kertas yang memang sejak dari dulu sudah ada. Bahkan, hingga sampai saat ini pun seni origami masih cukup populer. Menurut informasi yang di dapat, isitilah origami itu berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari 2 kata, takni Ori dan Kami. Kata “Ori” memiliki arti lipat, sedangkan “Kami” memiliki arti kertas. Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka Origami ini berarti lipat kertas. Ya, ketika masih duduk di bangku TK atau SD, biasanya kita akan diajarkan seni origami oleh para guru. Nah, berbicara soal origami, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini memberikan tentang beberapa cara membuat mainan kertas yang unik dan menarik. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :
Dalam teknik membuat origami ini terbilang cukup bervariasi, mulai dari yang simple hingga yang rumit. Meski ada yang simple, namun proses pembuatan origami ini juga tentunya membutuhkan latihan dan keterampilan tangan. Origami dengan bentuk bunga mawar ini cukup populer dikalangan anak-anak, terutama untuk anak perempuan. Selain tampilannya yang cantik dan lucu, cara membuatnya pun terbilang cukup mudah dan simple. Tak hanya itu saja, hasil pembuatan origai bunga mawar tersebut juga bisa anda gunakan untuk hiasan atau aksesoris rumah yang bisa anda simpan pada sudut-sudut ruangan. Dengan demikian, tentu saja tampilan rumah anda akan semakin menarik dan unik. Bahkan, origami bunga mawar ini juga dapat mempercantik tampilan furniture kita lho. Walaupun cara membuat origami bunga mawar terbilang simple, namun tetap saja kita membutuhkan teknik dan pelatihannya. Terlebih bagi para pemula, yang tentu saja sangat membutuhkan teknik pelatihan tersebut. Adapun mengenai cara sebagai berikut :
Cara Membuat Origami Bunga Mawar
1. Pertama-tama, siapkan alat dan bahan untuk membuat origami yang terdiri dari kertas lipat berukuran 20 cm x 20 cm. Usahakan juga bahwa kertas lipat tersebut terdiri dari warna yang berbeda-beda. Misalkan untuk warna bagian depannya berwarna merah, dan bagian belakangnya berwarna putih. Jangan lupa juga untuk menyiapkan alat lainnya seperti pinset, pulpen atau spidol untuk membuat pola kelopak bunga mawarnya.
2. Jika semuanya sudah siap, ambil krtas lipat dan bentuklah beberapa kotak persegi kecil-kecil.
3. Setelah itu, tebalkan hasil bekas lipatan tersebut dengan menggunakan pulpen atau spidol, kemudian lipat lagi dan tandai garis bekas lipatannya dengan menggunakan warna spidol yang berbeda.
4. Selanjutnya lipat kertas menjadi bentuk segitiga, dan ulangi untuk sisi yang berlawanan agar membentuk pola potongan garis. Kemudian buka dan lipat kembali ke empat sudutnya ke arah dalam, lalu buka kembali lipatan tersebut, dan tebalkan lagi dengan menggunakan pulpen atau spidol.
5. Lipat kembali dengan bentuk segitiga, namun dengan presisi yang lebih rendah dari sebelumnya. Lakukan cara tersebut pada 3 sisi lainnya juga.
6. Untuk tahap selanjutnya, mulailah merangkai dari bentuk dengan melipat dan menekukkan kertas mengikuti garis lipatan yang dibentuk tadi.
7. Untuk mendapatkan kesan seperti bunga sungguhan, gunakan pensil untuk menambahkan sedikit efek lengkungan pada kelopak bagian paling bawah bunga mawar.
Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membuat mainan kertas berupa bunga mewar, yang tentu saja wajib kamu coba sendiri dirumah.

No comments

Powered by Blogger.