Sedikit Curahan Hati Tentang Polling Hipnotis Blogging Contest

     Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada 50 nominator yang akan bersaing hingga tanggal 8 Juni nanti memperebutkan hadiah yang sudah dijanjikan. Namun bagi saya, ada yang mengganjal di hati mengenai polling ini. Saya tidak tahu harus kemana mengadukannya, mengingat panitia(penyelenggara) tidak menyediakan e-mail resmi atau contact yang bisa dihubungi untuk pertanyaan seputar lomba. Kalaupun mengisi komentar di field yang disediakan, jarang bahkan mungkin tidak pernah penyelenggara membalas komentar itu, mention blogdetik atau IDP_keci di twitter, tidak pernah dibalas, maklum pasti banyak kesibukan, nggak mungkin mau ngebalas tweet saya. Mau saya kirim message nggak bisa, karena di twitter, hanya bisa ngirim message pada yang follow kita, hahah, blogdetik maupun IDP kan nggak follow saya. Jadilah saya curhat di blog saya ini.


   Sejak subuh jam lima kemarin saya terus menunggu hasil pengumuman Hipnotis Blogging Contest, hingga akhirnya jam sembilan malam, ada juga pengumumaannya, dan Alhamdulilah penantian saya tidak sia-sia, saya masuk lima puluh besar nominator, seketika saya ajak teman-teman fb saya untuk memvote, namun disinilah awal mulai permasalahan terjadi. Apa?


Ternyata punya saya tidak bisa divote, setiap kali teman saya mau ngevote selalu muncul pesan ini



     Saya bingung, kok bisa sementara teman-teman yang lain terus melesat pollingnya. Yang saya pahami, pastinya satu komputer hanya bisa vote satu kali, karena mekanismenya dicek berdasarkan IP, jadi mana mungkin teman saya yang di Bandung, Jakarta atau Sukabumi tidak bisa memvote, sementara mereka tidak pernah memvote sebelumnya, kalaupun iya sudah vote otomatis vote saya bertambah, tapi ini tidak, sampai tulisan ini diterbitkan poliing saya cuman satu (saya sendiri yang vote).


                   


     Satu lagi yang membuat saya heran dan aneh, kenapa link poliing saya dicetak miring dan tebal, sementara yang lain tidak, perhatikan link diatas yang rajablackwhite.wordpress.com, itu dicetak tebal dan miring sementara yang lain tidak. Meski saya tidak tahu apakah ini ada hubungannya dengan link poliing saya yang tidak bisa divote atau tidak, yang jelas bagi saya ini merupakan suatu keanehan dan mungkin bisa dikatakan diskriminatif


      Oia, saya sudah coba hal ini di lima komputer, makanya saya beranikan tulis review ini, karena kelima komputer tersebut emang tidak bisa vote link saya, lalu saya berpikir apakah masalah ada komputer saya, tapi mana mungkin, akhirnya saya coba vote yang lain, yaitu link yang berada paling bawah, apa hasilnya, tak ada lagi muncul peringatan seperti screenshot diatas, tapi vote itu berhasil dan menambah suara pada link yang barusan saya vote itu, hal ini semakin meyakinkan saya kalau memang link saya tidak bisa divote.


    Finally, selama polling ini belum usai, saya hanya bisa berharap pihak penyelenggara memberikan penjelasan karena bisa jadi ada hal yang tidak saya tahu dan akhirnya menimbulkan kesalahpahaman, dan ini murni hanya praduga saya saja, selama belum ada respons, ya tetap saya dan teman-teman saya tidak bisa vote link polling saya, hingga pada akhirnya link polling itu selesai, dan vote saya pasti hanya satu, saya hanya bisa mengucapkan syukur dan selamat kepada para pemenang semoga hadiahnya barokah, dan mudah2an review ini bisa menjadi pembelajaran selanjutnya mengingat saya baca di blognya IDP akan melaksanakan event-event lain.


Share on Google Plus

About Raja BlackWhite

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

33 comments:

  1. kayaknya emang error mas, lihat aja blognya rekanisya.blogspot yg ada 2 padahal linknya sama, ntar aku coba vote mas rafli lewat opmin

    ReplyDelete
  2. bisa mas, tambah jadi 2 vote tuh :-)

    ReplyDelete
  3. terimakasih, tapi itu yang membuat saya bingung, sebetulnya mekanisme polling nya seperti apa, saya coba di warnet tetep nggak bisa, saya coba di komputer tempat kerja, juga tetep nggak bisa, muncul seperti itu, itulah yang saya ingin minta kejelasan, bagaimana seseorang bisa vote, gitu...

    ReplyDelete
  4. owh, ya, jadi bingung, juga, mas tutur, bisa vote, tapi teman2 saya kenapa ngga bisa ya, selalu errornya muncul seperti screenshot diatas, oia, terus, apakah link polling saya, dari tempat mas tutur keliatannya sama, dicetak miring dan tebal,?

    ReplyDelete
  5. yg masalahnya temn fb anda punya blog gak? kalo teman fb gk ada blognya mana bisa memvote link anda, saya dah coba tuh menvote salah satu nominator tanpa harus login k blog dan ternyata tdk bisa, itu berarti harus login k blog dulu baru bisa vote

    ReplyDelete
  6. maksud anda blog adalah akun di blogdetik gitu ?

    *kalaupun iya seperti itu, seharusnya panitia memberitahu bahwa yang bisa vote, adalah siapapun yang punya akun di blogdetik,...*

    ReplyDelete
  7. Iya saya juga binggung tu dgn sistem poling, tadi sy minta tolong sm tmn2 sy tp mereka sdh vote tp ga masuk2 ya...

    sama saya juga di tulis tebal dan cetak miring alamat blog saya. ga ngerti juga artinya apa...

    smg ada penjelasan dr pihak detik ya bro...
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. sebelumnya salam kenal balik, ...

    iya, itu juga mekanisme pollingnya yang masih saya tidak mengerti, ya mudah2an segera ada penjelasan,..

    ReplyDelete
  9. Terima kasih untuk kritikannya....
    untuk penjelasannya, setelah kami lakukan pantauan di BB dan laptop sistem vote ini berdasarkan cookies dan IP

    jika ada huruf miring / dicetak tebal saat kita buka itu menandakan sebelumnya kita sudah vote pada pilihan itu.

    jika tidak bisa memilih karena memang sebelumnya terdeteksi sudah pernah memilih ditandai dengan cetak bold dan italic di pilihan votingnya.

    terima kasih

    ReplyDelete
  10. mas rafly itu votingnya berdasarkan ip address,
    kalo mas rafly internetannya pake ip public pasti gak bisa voting lebih dari satu kali walaupun itu mau di laptop, di komputer 1, komputer 2, dst

    mas rafly pake apa internetnya? kayaknya speedy ya?
    speedy kalo gak salah itu ip public, jadi kalo mas rafly nyuruh temen2 yg kebetulan pake speedy juga, mereka pasti gak bisa voting, karena ip public itu ip addres nya cuma 1 tapi dipake banyak orang

    saran saya sih, mendir maen ke warnet yg 1, warnet 2, dst, hehehe...

    good luck!

    ReplyDelete
  11. terimakasih atas penjelasannya....

    sedikit saran, klo bisa tiap link dikasih kode, atau minimal nomor urut, agar kita lebih mudah mempromosikannya ke teman2 untuk vote,...

    ReplyDelete
  12. kalau saya, herannya, bagaimana seseorang bisa melejit daslam waktu sekejap? Banyak lho yang seperti itu. apa benar dia sangat populer sehingga memiliki banyak massa yang setia?

    ReplyDelete
  13. ....hehehe situ mending dah 6 vote ..la aq baru 3...wkwkwkwk...eh itu berdasarkan IP address server ...artinya walau kamu pake 10 komputer dengan nomor IP beda tapi server 1 ya tetap aja diitung 1...jadi musti 1 polling 1 warnet...hahahahaha

    ReplyDelete
  14. gerilya gan.....pindah-pindah warnet...gkgkkgkgk

    ReplyDelete
  15. Betollllll....soalnya..IDP cuma memperbolehkan 1 IP address SERVER...jadi ya itu..walau nomor IP nya beda kalau servernya cuma 1 tetap aja 1

    ReplyDelete
  16. Salam Blogger…Habis event IDP kita serbu event tahunan
    buat blogger sejati…..
    http://isba.ictwatch.com/
    Ajang kompetisi tahunan Blogger sa Indonesia Raya…

    ReplyDelete
  17. Sudah saya cek, tp belum ngerti maksudnya gimana?
    Bisa dijelaskan?

    ReplyDelete
  18. yosuakristianto3 June 2011 at 11:20

    Semangat mas Rafly, saya juga berharap panitia mau mengubah sistem penilaian (presentase polling diperkecil) agar lebih adil bagi semua yang mengalami masalah teknis seperti ini.

    ReplyDelete
  19. tetap semagat ya...
    moga menang

    ReplyDelete
  20. Ya semangat juga mas yoshua!!!
    Selama tak ada yang terlalu signifikan vote mereka sebetulnya pointnya kecil meski memiliki jumlah vote banyak, sejauh ini posisi pertama polling belum pernah ada yang mencapai lebih dari 10 %, artinya kemungkinan yang vote kecil pun masih bisa menang dengan catatan nilai review dari IDP nya bagus dan review yang di polling teratas tidak terlalu tinggi nilainya. Akan tetapi polling akan sangat berarti jika yang posisi pertama bisa menguasai 20 % voters, dan point review dari IDP sama ketatnya!!!
    Kita berdoa saja, mudah2an diberi yang terbaik untuk semuanya!!

    Salam!

    ReplyDelete
  21. Yoi!!!
    Keep spirit, muda2an diberi yg terbaik, siapapun nanti yang menang, tiada mengapa! Yang penting sudah ikut meramaikan!!!

    ReplyDelete
  22. Kayanya yg polingnya cepet naik itu ketua Ikatan warnet seindonesia dech...masalh kita sama sob, dah cukup berkoar-koar di fb tpi ttp muncul msalah.

    ReplyDelete
  23. Ya, bukan hanya ketuanya sekaligus yang punya warnetnya hehe,
    Tetap semangat aja!!!
    Sama, koar2 di fb tapi g ada efek apa tuh, klo mekanismenya like di fb, pasti akan ada efek besar klo kita koar2 fi fb!

    Sekarang tinggal berdoa saja, akan ada keajaiban hehe!!!

    Salam!!!

    ReplyDelete
  24. Duuuuuh ternyata bgitu ya aturanya... baru paham. saya.. ya percuma dech saya kirim sms dan pesan juga wall ke di tmn di FB... pantasan poling saya segitu2 aja... penilainya berdasarkan IP adreess Server...

    Berdoa sajalah smg ada keajaiban... :)

    Keep the spirit ya teman2 semua :)

    ReplyDelete
  25. bahkan ada yang naiknya sampai 300 suara dalam dalam hitungan menit. kalau saya bilang ini ada yg ngehack polingnya, perolehannya terlalu mencurigakan

    ReplyDelete
  26. loh, maksud sy bukan gitu mas bro, :) yg sy maksud kalo mau vote harus masuk k blog dulu, apapun blognya, gak harus blogdetik, kan lomba tuk semua jenis blog..!?

    yg sy tanya apa teman facebook anda itu punya blog (blog apa saja), kalo iya, harus login dulu k blognya, baru bisa vote, gitu mas maksud sy. :-)

    ReplyDelete
  27. hm...mengingat peraturannya berdasarkan IP server, jadi mau login atau tidak itu tak berpengaruh bro....

    ReplyDelete
  28. hm.. tenang bro, g ada yang percuma atau sia-sia di dunia ini,
    malah polling saya, dari yang posisi pertama sekarang sudah ada di lima terbawah,
    jadi dibawa nyantai aja, persentase polling sangat kecil, kalau kita yakin artikel kita bagus dan mendapat review dari IDP tinggi.
    Insya Allah bisa menang, kita kembalikan saja niat awal kita ikut lomba ini apa?
    Kalau saya pribadi, memang berharap menang tapi tak berharap hadiah, ya, kalaupun kalah itu yang sudah biasa terjadi,

    Keep Spirit kawan!!!

    ReplyDelete
  29. ya, sepertinya memang mencurigakan, tapi tetap positive thinking aja, kalaupun ada yang berlaku curang dalam kompetisi ini biarkan, yang penting itu bukan kita, daripada kita kesal sendiri, tetap semangat kawan, persentase polling sangat kecil, review dari IDP masih sangat menentukan, malah secara matematis yang polling nya terbawah pun masih bisa memiliki peluang menang

    ReplyDelete
  30. oh ini aku yang punya www.rekanisya.com,.. aku justru dirugikan karena ada 2 nomor,.. harusnya ppllngku terkonsentrasi sekarang malah terpecah,.. nah akhir2nya yg satunya dihapus gitu aja tanpa menambahkan hasil pollingku ke link ku yg satunya,... sekarang lihat aja tinggal satu,.. hiks,.. mana untuk dapet satu suara ja susahnya minta ampun,.. karena temen2 ku rata gaptek,. aku musti memandu nya satu2 lewat chat atau YM,.. OMG,..

    ReplyDelete
  31. Hm....
    Tetap semangat kawan!!!
    Polling sangat kecil persentasenya, saya sendiri sudah tidak promo kemana-mana lagi selain tidak punya waktu cukup, lebih baik mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat!
    Insya allah kalau udah rejeki g akan kemana!!!

    ReplyDelete
  32. Kalo aku dari awal diberitahu soal vote ini jelas kecewa. Kenapa nggak dinilai dari kreatifitasnya? Kenapa harus pake sistem vote?
    Tapi untungnya, 50% berdasarkan penilaian IDP, jadi meski daftarnya mepet, 2 hari sebelum ditutup, aku tetap nekad *sambil Bismillah* ikutan juga :)

    Salam kenal
    Good luck ^^

    ReplyDelete
  33. Tenang kawan!!!
    Tidak usah kecewa penilaian seperti apapun itu hak penyelenggara, tp jgn khawatir persontase sangatlah kecil, nilai dari IDP masih sangat menentukan!!!

    Salam kenal juga!!!
    Good Luck!

    ReplyDelete