Ipod Touch 8 GB hanya 50.000 di Bhinneka.com ?

      Memang benar jika dunia maya sudah menjadi kebiasaan atau bahkan kebutuhan hampir setiap orang di masa kini. Pernah anda lihat fenomena orang lebih asyik dengan gadget di tangannya daripada memperhatikan teman ngobrol di sampingnya? Ya, begitulah mereka asyik berselancar di dunia maya. Begitu juga dengan saya. Sehari saja tidak berpetualang di internet, hidup ini seperti mati suri.


     Banyak dampak yang ditimbulkan dari penggunaan internet dewasa ini, baik positif maupun negatif. Tapi kali ini saya ingin berbagi cerita dunia maya saya yang mengantarkan saya mendapat Ipod Touch 8 GB hanya dengan 50.000 rupiah saja. Kok bisa? Ya iyalah bisa! Ikuti ceritanya yok!


     Berawal dari sebuah event yang diselenggarakan Bhinneka.Com (sebuah toko online terbesar di Indonesia) dengan nama Bhinneka Blog Competition. Event ini dilaksanakan sekitar bulan Pebruari lalu. Dengan mengusung tema, Saya, Internet dan Gaya Hidup, peserta diminta menuliskan sebuah artikel di blognya dengan tema tersebut. Saya yang bisa disebut blogger sejati sudah barang tentu tidak akan melewatkan kesempatan ini, apalagi hadiah yang cukup menggiurkan. Yupz, ada Laptop HP Mini Note dan Ipod Touch 8GB. Dua hadiah ini diberikan berdasarkan dua penilaian. Laptop HP Mini Note akan diberikan kepada peserta yang dinilai langusng oleh dewan juri dari Bhinneka.com, sementara untuk Ipod Touch 8 GB akan diberikan kepada peserta favorit yang mendapatkan jumlah like terbanyak di facebook/fanPage resmi Bhinneka.com


     Awalnya belum ada ide untuk menulis artikel tentang apa. Setelah mengalami proses perenungan panjang, jadilah artikel dengan judul Petualangan Sehari 12 Jam Berinternet (artikel bisa dicari di blog multiply saya atau langsung klik link ini). Mengingat untuk event-event seperti ini selalu banyak pesertanya apalagi gratis dan hadiahnya menggiurkan, saya tidak terlalu berharap banyak untuk menang. Tapi terlintas seketika, tiada mengapa jika saya menjadi pemenang favorit. Akhirnya sejak artikel itu dikirim saya lebih banyak berselancar di facebook. Tiada lain dan tiada bukan mengumpulkan jumlah like sebanyak-banyaknya. Bagi saya yang memiliki lebih dari 1200 teman di facebook, sangatlah tidak sulit mengumpulkan massa untuk memberikan jempolnya. Hal ini juga terbukti saat saya mengikuti program Summer School di Concordia, Canada. Saya mendapat 1025 vote disaat peserta lain untuk menembus angka 1000 sangat susah. Jangankan 1000, untuk diatas 500 pun mereka sangat kesusahan. Yoi, kita kembali ke bahasan awal.


     Menjelang deadline tengah malam sekitar akhir Pebruari saya belum bisa mengumpulkan like lebih dari 200. Mengingat mekanismenya yang agak ribet karena setiap orang yang mau like, mereka harus like dulu FanPage Bhinneka,.com kemudian like postingan saya. Pun karena sesama peserta tidak bisa memonitor perkembangan peserta lain. Tepat pada pukul sembilan atau 3 jam sebelum deadline, saya sudah pasrah dengan 207 like. Berharap tidak ada yang menyusul saya pun pulang ke kost-an.


     Singkat cerita, hari pengumuman pun tiba. Dari pagi jam delapan saya sudah tongkrongin FanPagenya Bhinneka.com. Sekitar pukul tiga sore, Bhinneka mempublish pemenangnya. Sudah saya duga untuk Laptop HP Mini Note tidak mungkin saya menangkan. Tapi ternyata saya pun kecewa. Nama pemenang favorit pun bukan saya. Ada nama lain yang tertera di sana. Anehnya jumlah like yang ditulis disana hanya 127 like. Bagaimana bisa ia jadi pemenang sementara saya yakin jumlah like terakhir saya mencapai 207 jempol. Bagaimana bisa ini terjadi?


     Ketika mimpimu yang begitu indah tak pernah terwujud ya sudahlah, kata Bondan dan fade2black mengibur saya. Ya memang benar mungkin belum rejekinya. Sudah lupakan Bhinneka, saya buka email. Ada satu email yang membuat saya tertarik untuk membacanya. Ya itu email datang dari Bhinneka.com. Alangkah terkejut, kaget, bahagia, sedih (eh kalau sedih enggak dech), kala saya baca email itu. Ternyata saya yang menang Ipod Touch 8 GB dan Bhinneka minta maaf karena like postingan saya tidak terikutsertakan. Setelah dilakukan pengecekan ulang ternyata link postingan saya yang mendapat like terbanyak, meski tetap hanya 207 like tak ada penambahan. Alhamdulilahirrabil Alamin.


     Pembaca bingung nggak? Kalau anda memperhatikan postingan saya ini dari awal dengan seksama tentu bingung, di atas saya katakan dapat IPod Touch 8 GB dengan haga 50.000 rupiah saja, sementara ini kan gratis. Apa Bhinneka meminta 50.000 sebagai pajak? Tentu saja tidak!


Ongkos Angkot Kota Wisata Cibubur - Kp. Rambutan = 5.000
Ongkos Busway Kp. Rambutan - PGC = 3.500 (saya transit dulu ke tempat temen minta diantar)
Ongkos Makan Siang di Warteg = 7.000 (nasi + ikan tongkol doang)
Ongkos Busway PGC - Budi Utomo = 3.500 (tiba di Bhinneka.com, ambil hadiah, tanda tangan dan foto-foto)
Ongkos Busway Budi Utomo - Kp. Rambutan = 3.500 (teman saya turun di halte PGC dan melanjutkan hidupnya)
Ongkos Beli Aqua = 4.000 (di Kp. Rambutan karena haus, tak terasa magrib tiba)
Ongkos Penitipan Sepatu = 1.000 (shalat Magrib di Kp. Rambutan)
Ongkos Makan Malam di Warteg = 15.000 (eh salah bukan di warteg kali ini di rumah makan padang, biar gaya sedikit).
Ongkos Angkot Kp. Rambutan - Kota Wisata Cibubur = 5.000 (nyampe dech di kost-an)


Wah, wah kalau dihitung ulang ternyata cuman 47.500 ya! Kemana ya 2500 lagi, aduh saya klupa, ya pokoinya sekitar segitu lah harga untuk Ipod ini. Cerita lengkap bagaimana perjuangan saya mendapatkan ipod ini bisa dicari di blog multiply saya dengan judul Demi Sebuah Ipod atau langsung saja meluncur kesini.

     Akhirnya impian saya memiliki Ipod Touch 8 GB terjawab juga hanya karena dunia maya. heheheh, efeknya emang hebat dunia maya ini terhadap dunia nyata kehidupan kita. Sekian dulu yach, capek nich, bobo dulu ach udah malam! bye bye!


artikel ini diikutsertakan dalam lomba kisah nyata dunia maya yang diselenggarakan oleh Aulia Zahro.
Cek info di :
http://liya715.blogspot.com/2011/05/lomba-menulis-kisah-nyata-dunia-maya.html
Share on Google Plus

About Raja BlackWhite

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments: